Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5395. KAJIAN KITAB MINHAJUL 'ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI [Bab 14-15 : Membuka Sholat dan Membaca Alqur'an]

KAJIAN KITAB MINHAJUL 'ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI

الباب الرابع عشر  باب افتتاح الصلوات
 فإذا استقبلت بوجهك القبلة استقبل بقلبك الحق ,ولا تنبسط فلست من أهل  الانبساط ,و اذكر وقوفك بين يديه يوم العرض الأكبر, و قف على قدمي الخوف و  الرجاء و ارفع قلبك عن النظر على الدنيا و الخلق و أرسل همتك إليه فإنه لا  يرد الآبق ولا يخيب السائل .

Bab keempat belas tentang Membuka Sholat
Ketika engkau menghadap qiblat dengan  wajahmu maka hadapkanlah hatimu kepada Allah yang maha Haqq. Janganlah  merasa senang karena engkau bukan termasuk orang-orang yang mendapat  kesenangan. Ingatlah saat engkau berdiri di hadapan-Nya dihari kiamat  nanti. Berdirilah di atas dua telapak kaki perasaan Khouf/takut kepada  Allah dan Roja' / berharap kepada Allah. Palingkan hatimu dari melihat  kepada dunia dan makhluk. Arahkan perhatianmu kepada-Nya karena Dia  tidak menolak orang yang melarikan diri dan tidak menyecewakan orang yang  meminta.

فإذا قلت ( الله و أكبر ) فاعلم أنه لا يحتاج إلى خدمتك له  و ذكرك أياه ؛ لأن الحاجة من حيلة الفقراء و ذلك سمة الخلق , و الغني من  صفات ذاته و إنما وظف على عبيده وظائف ليقربهم بها إلى عفوه و رحمته و  يبعدهم بها من سخطه و عقوبته ,

Ketika engkau mengucapkan "Allahu  Akbar" maka ketahuilah bahwa Allah tidak membutuhkan pelayananmu dan  dzikirmu kepada-Nya, sebab sikap butuh termasuk perangai orang-orang  fakir dan itu tandanya makhluk sedangkan Tidak butuh adalah sifat  dzat-Nya. Hanya saja Allah membebankan kepada hamba-hambanya  tugas-tugas untuk mendekatkan mereka dengan tugas tersebut kepada  Ampunan dan Rahmat-Nya, dan menjauhkan mereka dengan tugas tersebut dari  murka dan siksaan-Nya.

قال الله عز وجل : { و ألزمهم كلمة التقوى و  كانوا أحق بها و أهلها } و قال عز من قائل : { و لكن الله حبب إليكم  الإيمان و زينه في قلوبكم }
و اشكر الله إذ جعلك أهلا للوقوف بين يديه فإنه { أهل التقوى و أهل المغفرة } أهل أن يتقيه خلقه فيغفر لمن اتقاه .

Allah azza wajalla berfirman : "dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat taqwa dan adalah mereka berhak dengan kalimat takwa itu dan patut memilikinya" (QS 48:60).
"Akan tetapi Allah melimpahkan kepada kalian rasa cinta kepada  keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hati kalian." (QS 49:7)
Bersyukurlah kepada Allah karena telah menjadikanmu berhak untuk  berdiri dihadapan-Nya. sesungguhnya Dia adalah Tuhan yg kita patut  bertaqwa kepada-Nya dan yang berhak memberi ampunan. Dia patut agar makhluk-Nya bertaqwa kepadanya kemudian Dia mengampuni orang yg bertaqwa kepada-Nya.

الباب الخامس عشر  باب القراءة
 قال الله تعالى : { فإذا قرأت القرآن فاستعذ بالله من الشيطان الرجيم ,  إنه ليس له سلطان على الذين آمنوا و على ربهم يتوكلون , إنما سلطانه على  الذين يتولانه } ,  { أنه من تولاه فأنه يضله }

Bab kelima belas tentang Membaca Al Qur'an
Allah ta'ala berfirman : "Apabila engkau membaca al-Qur’an hendaklah engkau meminta perlindungan  kepada Allah dari syeitan yang terkutuk. Sesungguhnya syeitan itu tidak  ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada  Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaannya (syeitan) hanyalah atas orang-orang  yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang  mempersekutukannya dengan Allah. " (QS 16:99-10)
" Sesungguhnyaa barangsiapa yang berkawan dengan dia (syetan), tentu dia akan menyesatkannya". (QS 22:4)

و أذكر عهد الله عليك و ميثاقه في وحيه و تنزيله , و انظر كيف تقرأ كلامه و  كتابه فرتل و تدبر وقف عند وعده و وعيده و أمثاله و مواعظه و أمره و نهيه و  محكمه و متشابهة , و أني لأخشى أن تكون إقامتك حدوده غفلة من تضيعك حدوده .  قال الله تعالى عز وجل : { فبأي حديث بعده يؤمنون } .

Ingatlah  janji Allah kepadamu dalam wahyu yang diturunkan-Nya, perhatikanlah  bagaimana engkau membaca kalam dan kitab-Nya, hendaknya engkau baguskan  bacaannya dan renungkanlah isinya. Berhentilah sejenak ketika membaca  ayat tentang janji, ancaman, perumpamaan, nasehat, perintah, larangan,  serta muhkam dan mutasyabih-Nya. Saya sungguh takut penegakanmu terhadap hukum-hukum Allah menjadikanmu lalai dari penyia-nyiaanmu terhadap hukum-hukum-Nya. Allah azza wajalla berfirman : "Maka kepada perkataan manalagi selain Al Qur'an ini mereka akan beriman? " (QS 77:50). Wallohu a'lam. [Ust.Nur Hamzah].  # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #

LINK ASAL:

www.fb.com/groups/piss.ktb/1825384100817723