Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5394. KAJIAN KITAB MINHAJUL 'ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI [Bab 12-13 : Keluar Rumah dan Masuk Masjid]

KAJIAN KITAB MINHAJUL 'ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI

الباب الثانى عشر  باب الخروج
 فإذا خرجت من منزلك إلى مسجدك , فاعلم أن لله تعالى حقوقا عليك يلزمك  أداؤها , من ذلك , السكينة , و الوقار , و الاعتبار بخلق الله برهم و  فاجرهم , قال الله تعالى : { و تلك الأمثال نضربها للناس و ما يعقلها إلا  العالمون }

Bab kedua belas tentang keluar dari rumah
Ketika engkau keluar dari rumah menuju ke masjid, maka  ketahuilah bahwa Allah ta'ala memiliki hak-hak yang harus engkau  tunaikan, di antaranya adalah berjalan dengan tenang, berwibawa dan  mengambil pelajaran dari makhluk Allah yang baik maupun yang jahat.  Allah ta'ala berfirman :  "dan perumpamaan-perumpamaan itu kami buatkan untuk manusia, tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu."  (QS 29:43).

و غض بصرك عن نظر الغفلة و الشهوة , و أفش السلام مبتدئاً و مجيباً و أعن  من استعانك على الحق , و أمر بالمعروف و انه عن المنكر – إن كنت من أهله – و  أرشد الضال .

Tundukkanlah pandanganmu dari melihat hal-hal yang  melalaikan dan syahwat. Tebarkanlah salam baik dengan memulainya maupun  menjawabnya. Tolonglah orang yang meminta pertolongan kepadamu di atas  jalan kebenaran. Perintahkanlah kebaikan dan cegahlah hal yang mungkar  jika engkau termasuk ahlinya, dan berilah petunjuk kepada orang yang  tersesat.

الباب الثالث عشر  باب دخول المسجد
فإذا بلغت باب المسجد فاعلم أنك قصدت بيت ملك عظيم قدره لا يقبل إلا الطاهر ولا يصعد إليه إلا الخالص ,

Bab ketiga belas tentang masuk masjid
Ketika engkau telah sampai ke pintu masjid, maka ketahuilah bahwa  engkau bermaksud mendatangi rumah penguasa yg maha besar kekuasaa-Nya.  Dia tidak menerima kecuali orang yang suci dan amalan tidak naik kepadanya  kecuali yang ikhlash.

ففكر في نفسك من أنت و لمن أنت و أين أنت و من  أي ديوان يخرج أسمك ؟ ! فإذا استصلحت نفسك لخدمته فادخل فلك الإذن و  الأمان , و إلا فقف وقوف مضطر قد انقطعت عنه الحيل و انسدت عنه السبل ,

Fikirkanlah dirimu sendiri, siapkah engkau ? engkau milik siapa ?  dimana engkau berada ? dan dari buku catatan mana namamu keluar ? Ketika engkau telah memperbaiki dirimu sendiri untuk melayani-Nya, maka  masuklah karena engkau telah mendapatkan izin dan keamanan. Jika  belum memperbaiki diri, maka diamlah seperrti diamnya orang yang cemas karena hilangnya kekuatan pada dirinya dan tertutupnya segenap jalan  baginya.

فإذا علم الله من قلبك الالتجاء إليه أذن لك فتكون أنت بلا  أنت , و الله يرحم عبده و يكرم ضيفه و يعطي سائله و يبر المعرض عنه فكيف  المقبل إليه .

Ketika Allah mengetahui dari hatimu adanya  kepasrahan kepada-Nya, maka berarti Allah telah mengizinkanmu. Jadilah  engkau tanpa dirimu dan Allah mengasihi hamba-Nya, memuliakan tamu-Nya,  memberi orang yang meminta kepada-Nya dan berbuat baik kepada orang yang  berpaling dari-Nya apalagi kepada orang yang menghadap kepada-Nya. Wallohu a'lam. [Ust.Nur Hamzah].  # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #

LINK ASAL:

www.fb.com/groups/piss.ktb/1823501644339302