Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5220. MUNAKAHAT : HADITS TENTANG LAMARAN ORANG SHOLIH

PERTANYAAN :

Assalamualaikum. Mohon jawaban nya : saya pernah membaca artikel di Medsos dalam artikel tersebut saya temukan hadits yang isinya kurang lebih : " Bila datang kepadamu seorang sholeh maka jangan lah kau tolak lamarannya, karena akan timbul bala yang besar". Pertanyaannya : Apa benar hadits itu ? jika benar bagaimana redaksi haditsnya serta referensi nya.? Terimakasih. [Tidak Ada]

JAWABAN :

Wa’alaikum salam.  Rasululloh shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
ﺇﺫﺍ ﺟﺎﺀﻛﻢ ﻣﻦ ﺗﺮﺿﻮﻥ ﺩﻳﻨﻪ ﻭﺧﻠﻘﻪ ﻓﺰﻭﺟﻮﻩ ﺇﻻ ﺗﻔﻌﻠﻮﻩ ﺗﻜﻦ ﻓﺘﻨﺔ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﻓﺴﺎﺩ عريض
“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi).
Sebab terjadinya fitnah dan kerusakan karena kalian jika tidak menikahkan putrimu kecuali kepada yang punya harta atau kepada yang punya pangkat saja maka akan banyak sekali gadis gadis yang tidak menikah dan banyak sekali jejaka yang jomblo dan akhirnya banyak terjadi fitnah perzinahan.
Aib tersebut juga menimpa para orang tua hingga menimbulkan fitnah dan kerusakan, yaitu terjadinya pemutusan nasab, kurangnya kesalehan dan kurangnya penjauhan diri dari hal hal yang hina. Wallahu a’lam. [Mujawib : Ustadz Nur Hamzah].

- Tuhfatul Ahwadzi Syarah Tirmidzi :
( وفساد عريض )
أي : ذو عرض أي : كبير ، وذلك لأنكم إن لم تزوجوها إلا من ذي مال ، أو جاه ، ربما يبقى أكثر نسائكم بلا أزواج ، وأكثر رجالكم بلا نساء ، فيكثر الافتتان بالزنا ، وربما يلحق الأولياء عار فتهيج الفتن والفساد ، ويترتب عليه قطع النسب وقلة الصلاح والعفة

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1642999215722880/

www.fb.com/groups/piss.ktb/1444541525568651/