Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5026. KAJIAN KITAB:FUTUHUL GHAIB (BAGIAN 79-80)

[Menyingkap Rahasia Ilahi] Mutiara karya: Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany ra
Wasiat Syeikh kepada putra-putranya

RISALAH 79
Ketika wali Allah ini (Syaikh Abdul Qadir Jailani) sakit yang membawa  kematiannya, putranya yang bernama Syaikh Abdul Wahhab berkata  kepadanya :  “Berikanlah satu nasehat kepadaku sebelum ayah meninggal dunia untuk kujadikan pegangan.”

Ia berkata kepada putranya :  “Takutlah kamu kepada Allah dan janganlah kamu takut kepada selain Dia. Janganlah kamu berharap kepada siapapun selain kepada Dia saja, dan mintalah segala kebutuhanmu kepada-Nya. Janganlah kamu bergantung kepada siapaun selain kepada Dia saja dan  tumpukanlah kepercayaanmu kepada-Nya saja. Bertauhidlah kepada-Nya.  Semua orang setuju tentang hal ini”.

Lalu katanya lagi : “Apabila hati itu telah benar-benar bersatu dengan Allah, maka tidak ada  lagi yang dirasakan tinggal di dalamnya kecuali Allah dan tidak ada  yang datang kepadanya dari diri manusia”. Sambungnya lagi :  “Aku ini ibarat isi tanpa kulit”. Selanjutnya ia berkata :  “Orang lain datang berkunjung kepadaku. Berilah mereka ruang untuk  duduk dan hormatilah mereka. Di sini ada manfaat yang besar. Janganlah  kamu sesakkan tempat mereka itu”.

Terdengar juga ia berkata : “Selamatlah dan sejahteralah kamu berada di dalam rahmat dan kasih  sayang-Nya. Semoga Allah melindungi aku dan kamu serta melimpahkan  rahmat-Nya kepada aku dan kamu. Aku memulai sesuatu dengan nama Allah  dengan tiada henti-hentinya”. Sehari semalam, ia terus berkata : “Celakalah kamu ! Aku tidak takut kepada siapapun, sekalipun kepada  malaikat maut. Wahai malaikat maut, bukanlah kamu yang aku takuti,  melainkan Dia Yang menolongku dan Yang memberi karunia kepadaku”.

Kemudian, iapun diam. Ini terjadi pada malam hari kembalinya Syaikh ke rahmatullah.   Aku diberi tahu oleh putra-putranya, Abdul Razaq dan Musa bahwa syaikh  telah mengangkatkan tangannya lalu meluruskannya dan terdengar  perkataannya : “Selamatlah dan sejahteralah kamu berada di dalam  rahmat Allah. Bertobatlah dan masuklah ke dalam barisan-Nya. Tidak lama  lagi aku akan datang kepada-Mu”. Syaikh berkata :  “Tunggu !”. Kemudian, iapun kembali ke rahmatullah.


RISALAH 80

Antara diriku dengan dirimu dan mahluk, hanya ada Dia saja, seperti antara langit dan bumi. Oleh karena itu, janganlah kamu samakan aku dengan sesuatu dari mereka  dan janganlah kamu menyamakan sesuatu dari mereka dengan aku.  Kemudian, Abdul Aziz, putranya, bertanya kepadanya tentang sakit dan  keadaannya. Ia berkata : “Janganlah ada seorangpun yang bertanya  kepadaku. Aku sedang dibalik-balikkan di dalam ma’rifat Allah”.

Juga diriwayatkan bahwa Abdul Aziz bertanya kepada ayahnya tentang  sakitnya. Berkenaan dengan hal ini, ayahnya menjawab : “Sesungguhnya  tidak ada seorangpun, baik manusia maupun jin sekalipun malaikat, yang  mengetahui penyakitku.  Ilmu Allah tidak akan hilang dengan perintah Allah. Perintah itu akan berganti-ganti, sedangkan ilmu tidak akan pernah berganti. Perintah itu bisa dibatalkan, sedangkan ilmu tidak bisa.  Allah menghilangkan dan mendatangkan apa yang dikehendaki-Nya, dan kepunyaan-Nya adalah Al Qur’an.  “Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya. Dan merekalah yang akan ditanya.” (QS 21:23)

Sifat-sifat itu, sebagaimana telah dikatakan, terus bergerak. Kemudian tibalah masanya ia menghembuskan nafasnya yang terakhir. Ketika itu ia berkata: “Aku berlindung kepada Allah dengan membaca: Tidak ada yang disembah  kecuali Allah. Dia Maha Agung lagi Maha Tinggi, Yang Kekal Abadi  selamanya, Yang tidak takut kepada kebinasaan. Segala puji bagi Allah  Yang Menegakkan kekuasaan-Nya dengan kekuatan-Nya dan menguasai  hamba-hamba-Nya dengan kematian. Tidak ada yang disembah kecuali Allah  dan Muhammad itu adalah Rasulullah.”

Aku diberitahu oleh putranya  yang bernama Musa bahwa ayahnya mengucapkan kata-kata ‘Ta’azzuz’ sambil  lidahnya tidak dapat berkata dengan baik.  Oleh karena itu,  kata-katanya itu diucapkannya terus sampai ia bisa berkata dengan baik.  Kemudian ia mengucapkan, “Allah, Allah, Allah”. Semakin lama suaranya  semakin perlahan dan lidahnya melekat pada langit-langit mulutnya.  Setelah itu, jiwanya yang mulia itupun berpisah dari badannya.   Semoga Allah meridhainya. Semoga Allah mengkaruniakan kasih sayang-Nya  kepada kita sekalian dan seluruh kaum Muslimin dan Muslimat.
Dan semoga di akhir hayat nanti kita berada dalam keadaan iman, tanpa kita dihinakan-Nya dan diletakkan-Nya di dalam ujian. Semoga Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang saleh. Aamin, aamin, aamin... Wallohu a'lam.

 تكملة في ذك79-ياه لأولاده قدِّست أسرارهم  و بعض مقالات نافعة أوردها  و مرضه و وفاته رضي الله عنه و أرضاه
 انه رضي الله تعالى عنه و أرضاه لما مرض مرضه الذي مات فيه و قال له ابنه  عبد الوهاب قدس سره، أوصني يا سيدي بما أعمل به بعدك فقال رضي الله تعالى  عنه و أرضاه : عليك بتقوى الله عزّ و جلّ، و لا تخف أحداً سوى الله، و لا  ترج أحداً سوى الله، وكل الحوائج إلى الله عزّ و جلّ، و لا تعتمد إلا عليه،  و أطلبها جميعاً منه تعالى، و لا تتكل على أحد غير الله سبحانه، التوحيد  التوحيد جماع الكل.
و قال رضي الله تعالى عنه و أرضاه : إذا صح القلب مع الله عزّ و جلّ لا يخلو منه شئ و لا يخرج منه شئ.
و قال رضي الله تعالى عنه و أرضاه : أنا لب بلا قشر.
و قال رضي الله تعالى عنه لأولاده : أبعدوا من حولي فإني معكم بالظاهر و مع غيركم بالباطن.
و قال رضي الله تعالى عنه :قد حضر عندي غيركم فأوسعوا لهم و تأدبوا معهم، هاهنا رحمة عظيمة، و لا تضيقوا عليهم المكان.
 و كان رضي الله تعالى عنه يقول : عليكم السلام و رحمة الله و بركاته، غفر  الله لي و لكم، تاب الله على و عليكم، بسم الله غير مودعين. قال ذلك يوماً و  ليلة.
و قال رضي الله تعالى عنه :ويلكم أن لا أبالى بشئ، لا بملك و لا  بملك الموت، منح لنا من يتولانا سواك، و صاح صيحة عظيمة و ذلك في اليوم  الذي مات في عشيته رضي الله تعالى عنه.
و أخبر ولداه الشيخ عبد الرزاق و  الشيخ موسى قدست أسرارهما أن حضرة الغوث رضي الله تعالى عنه كان يرفع يديه  و يمدها و يقول : و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته، توبوا و أدخلوا في  الصف إذا جئ إليكم.
و كان رضي الله تعالى عنه يقول : أوقفوا، ثم أتاه الحق و سكرة الموت.
 و قال رضي الله تعالى عنه :بيني و بينكم و بين الخلق كلهم بعد ما بين  السماء و الأرض، فلا تقيسوني بأحد و لا تقيسونا على أحد، ثم سأله ولده  الشيخ عبد العزيز قدس سره عن ألمه و حاله فقال رضي الله تعالى عنه : لا  يسألني أحد عن شئ، أنا أتقلب في علم الله عزّ و جلّ.
و قال رضي الله  تعالى عنهو قد سأله ولده الشيخ عبد العزيز قدس سره أيضاً عن مرضه، فقال رضي  الله تعالى عنه : إن مرضى لا يعلمه أحد و لا يعقله أحد إنس و لا جن و لا  ملك، ما ينقص علم الله بحكم الله، الحكم يتغير و العلم لا يتغير يَمْحُو  اللّهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِندَهُ أُمُّ الْكِتَابِ.الرعد ٣٩. و لَا  يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ.الأنبياء ٢٣. أخبار الصفات  تمر كما جاءت.
و سأله ولده الشيخ عبد الجبار قدس سره : ماذا يؤلمك في  جسمك؟ فقال رضي الله تعالى عنه : جميع أعضائي تؤلمني إلا قلبي فما به ألم و  هو مع الله عزّ و جلّ، ثم أتاه الموت فكان رضي الله تعالى عنه يقول :  استعنت بلا إلـه إلا الله سبحانه و تعالى، و الحي الذي لا يخشى الموت،  سبحان من تعزز بالقدرة و قهر عباده بالموت، لا إلـه إلا الله محمد رسول  الله.
و أخبر ولده الشيخ موسى قدس سره أنه قال : لما قربت وفاة حضرة  الشيخ رضي الله تعالى عنه و أرضاه كان يقول : تعزز و لم يؤدها على الصحة  فمازال يكررها حتى إذا قال تعزز و مد بها صوته و شدها حتى صاح لسانه، ثم  قال الله الله الله ثم خفي صوته و لسانه ملتصق بسقف حلقه، ثم خرجت روحه  الكريمة رضوان الله تعالى عليه.  و الله أعلم.

*KHATAM*

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/notes/1364147660274705/
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/1290221311000674/