Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5005. KAJIAN KITAB FUTUHUL GHAIB (BAGIAN 64)

[Menyingkap Rahasia Ilahi] Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany ra

RISALAH KE-64
Pada suatu hari, suatu perkara telah mengacaukan pikiranku. Batinku  terasa berat menanggung beban itu. Kemudian aku memohon kesenangan dan  kesentosaan serta jalan keluar.  Aku ditanya tentang apa yang aku inginkan. Aku berkata :  “Aku menginginkan kematian yang tidak ada kehidupan di dalamnya dan suatu kehidupan yang tidak ada kematian di dalamnya.”  Kemudian, akupun ditanya lagi tentang jenis kematian yang tidak ada  kehidupan di dalamnya dan jenis kehidupan yang tidak ada kematian di  dalamnya.

Aku menjawab,:  “Kematian yang tidak ada kehidupan di  dalamnya ialah kematianku dari jenisku sendiri supaya aku tidak  melihatnya, baik ia memberikan manfaat maupun memberikan mudharat, dan  kematian dari diriku sendiri, dari keinginanku, tujuanku dan harapanku  dalam hal keduniaan dan keakhiratan, sehingga aku tidak berada dalam  semua ini. Sedangkan kehidupan yang tidak ada kematian di  dalamnya ialah kehidupanku dengan perbuatan Tuhanku di dalam keadaanku  yang tidak ada wujud di dalamnya, dan kematianku di dalamnya adalah  wujudku dengannya. Oleh karena aku telah mengetahui hal ini, maka ini menjadi tujuanku yang paling berharga sekali.”

 المقالة الرابعة والستون  فــي الـمـوت الذي لا حـيـاة فـيـه و الـحـيـاة الـتـي لا مـوت فـيـهـا
 قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه :ضاق أبى الأمر يوماً فتحرك في  النفس، فقيل لي : ماذا تريد؟؟ فقلت: أريد موتاً لا حياة فيه و حياة لا موت  فيها؟؟ فقيل لي: ما الموت الذي لا حياة فيه و ما الحياة التي لا موت فيها؟؟  قلت:الموت الذي لا حياة فيه موتى عن جنسي من الخلق فلا أراهم في الضر و  النفع، و موتى عن نفسي و هوائي و إرادتي و منائى في الدنيا و الأخرى فلا  أحس في جميع ذلك و لا أجد.
و أما الحياة التي لا موت فيها: فحياتي بفعل  ربى عزّ و جلّ بلا وجودي فيه، و الموت في ذلك وجودي معه عزّ و جلّ،  فـكـانـت هـذه الإرادة أنـفـس إرادة أردتـهـا مـنـذ عـقـلـت.  والله أعلم

LINK ASAL:
www.fb.com/notes/1337741009582037

www.fb.com/groups/piss.ktb/1261492997206839/