Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4937. TAFSIR QS AL-ISRA AYAT 72 : BUTA DI DUNIA BUTA DI AKHIRAT ?

PERTANYAAN :

Assalamu’alaikum. Saya mau tanya maksudnya ayat ini:
وَمَنْ كَانَ فِي هَٰذِهِ أَعْمَىٰ فَهُو فِي الْآخِرَةِ أَعْمَىٰ وَأَضَلُّ سَبِيلًا
“Dan barangsiapa yang buta di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari  jalan (yang benar)”.
Mohon pencerahannya, terimakasih.  [Fachri Filla]

JAWABAN :

Wa’alaikum salam warahmatullah. Firman Allah dalam Surat Al Isra' ayat 72 :
وَمَنْ كَانَ فِي هَٰذِهِ أَعْمَىٰ فَهُوَ فِي الْآخِرَةِ أَعْمَىٰ وَأَضَلُّ سَبِيلًا
"Barangsiapa yang buta di dunia ini, niscaya di akhirat kelak iapun akan buta dan sesat jalannya".
Maksudnya,  barang siapa yang buta didunia ini dari mengambil pelajaran dan melihat  kebenaran, maka diapun akan buta dalam urusan akherat. Ikrimah berkata : " segolongan penduduk yaman mendatangi Ibnu Abbas, kemudian mereka menanyakan ayat itu, Ibnu Abbas berkata : " bacalah oleh kalian ayat sebelumnya, yaitu : Tuhan-mu adalah yang melayarkan kapal-Kapal di lautan untukmu - (sampai) - dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas  kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan (al isra' ayat 66-70). Barang  siapa yang berada dalam kenikmatan-kenikmatan ini dan ayat-ayat yang telah dilihat dia buta, maka dari akherat yang belum nyata dia akan buta dan sesat  jalannya."
Dikatakan : maknanya adalah barangsiapa buta dari nikmat-nikmat yang Allah berikan kepadanya di dunia maka dari nikmat-nikmat akherat dia akan buta.
Dikatakan : maknanya adalah barangsiapa berada didunia yang diberi tangguh waktu, diberi keleluasaan dan dijanjikan diterimanya taubat dia buta, maka di akherat yang tidak ada  taubat didalamnya dia akan buta.
Al Hasan berkata :  "Barang siapa didunia kafir sesat maka di akherat dia buta dan sesat jalannya."
Dikatakan  : barang siapa di dunia buta dari hujah-hujah Allah, maka Allah dihari kiamat  membangkitannya dalam keadaan buta sebagaimana firman Allah : “Dan  barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada  hari kiamat dalam keadaan buta" (thaha ayat 124)
dan firman Allah :"  Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka  mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah  neraka jahannam. "(al isra' ayat 97). Wallohu a'lam. [Mujaawib : Ust.Nur Hamzah].

- Kitab Tafsir Al-Qurtuby (10/268) :

قوله تعالى : ومن كان في هذه أعمى أي في الدنيا عن الاعتبار وإبصار الحق .  فهو في الآخرة أي في أمر الآخرة أعمى
وقال عكرمة : جاء نفر من أهل اليمن إلى ابن عباس فسألوه عن هذه الآية فقال  : اقرءوا ما قبلها ربكم الذي يزجي لكم الفلك في البحر - إلى - " تفضيلا " .  قال ابن عباس : من كان في هذه النعم والآيات التي رأى أعمى فهو عن الآخرة  التي لم يعاين أعمى وأضل سبيلا .
وقيل : المعنى من عمي عن النعم التي أنعم الله بها عليه في الدنيا فهو عن نعم الآخرة أعمى .
وقيل : المعنى من كان في الدنيا التي أمهل فيها وفسح له ووعد بقبول التوبة أعمى فهو في الآخرة التي لا توبة فيها أعمى .
وقال الحسن : من كان في هذه الدنيا كافرا ضالا فهو في الآخرة أعمى وأضل سبيلا
 وقيل : ومن كان في الدنيا أعمى عن  حجج الله بعثه الله يوم القيامة أعمى ;  كما قال : ونحشره يوم القيامة أعمى الآيات . وقال : ونحشرهم يوم القيامة  على وجوههم عميا وبكما وصما مأواهم جهنم .

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1271382212884584

www.fb.com/groups/piss.ktb/1214116765277796/