Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4805. HADITS JIKA BANI ADAM TIDAK MELAKUKAN DOSA

PERTANYAAN :

Assalamu 'alaikum. Ada matan hadits dalam kitab Riyadhus Sholihiin, BAB istighfar yang artinya : "jika seluruh penduduk satu kaum tidak pernah berbuat dosa, maka Allah akan memusnahkan penduduk tersebut, dan menggantinya dengan penduduk yang bermaksiat kepada Allah kemudian bertaubat...". Bagaimanakah maksud hadits tersebut ?  [Jalak Pengkor].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Dalam kitab Riyadhu al-sholihin Hal 380, hadits no 1871 (beirut-DKI) :

وعنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم والذي نفسي بيده لو لم تذنبوا لذهب الله بكم وجاء بقوم يذنبون فيستغفرون الله تعالى فيغفر لهم رواه مسلم

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu pula, katanya: "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Zat yang jiwaku ada di dalam genggaman kekuasaanNya, andaikata engkau semua tidak ada yang melakukan dosa, sesungguhnya Allah akan melenyapkan engkau semua, lalu mendatangkan suatu kaum lain yang melakukan dosa kemudian mereka meminta pengampunan kepada Allah Ta'ala, lalu Allah mengampuni mereka itu." (HR Muslim).

Bahwa tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan dosa kepada Allah, dan sebaik baik yang melakukan dosa adalah yang mau bertaubat. Jika manusia tidak melakukan dosa, lalu buat apa Allah punya pengampunan dengan sifatNya At tawwab, al ghofur, al ghoffar. Dalam hadits lain, Nabi bersabda :

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

“Setiap anak Adam banyak berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang banyak berbuat salah adalah orang-orang yang banyak bertaubat”. Wallohu a'lam. [Santrialit].

LINK ASAL :