Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4611. SUJUD SAHWI SHOLAT WAJIB NIAT ?

PERTANYAAN :

Assalamualaikum wr wb. Sebagaimana kita maklumi bahwasanya jika kita melakukan hal-hal yang termasuk sebab-sebab sujud sahwi seperti meninggalkan sunnah ab'ad dll maka disunahkan untuk melaksanakan sujud sahwi menjelang salam. Yang ingin saya tanyakan apakah meniati sujud sahwi itu wajib ? jika wajib mohon dicantumkan ibaroh tentang niat melaksanakan sujud sahwi. [Alhimni Rusdy].

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam. Menurut syafi'iah sujud syahwi wajib niat dan niatnya di dalam hati , jika di lafadzkan niatnya dengan lisan maka sholatnya batal. Jika melakukan sujud syahwi tanpa niat dilakukan dengan sengaja dan tahu maka batallah sholatnya, hanya saja syarat niat ini bagi imam dan munfarid saja sedangkan bagi makmum tidak membutuhkan niat sebab sudah cukup dengan niat ikut dengan imamnya. Wallohu a'lam. [Mas Hamzah].

- kitab fiqh 'ala madzhibil arba'ah (1/409) :
الشافعية قالوا: سجود السهو هو أن يأتي المصلي بسجدتين كسجود الصلاة قبل السلام، وبعد التشهد والصلاة على النبي وآله بنية، وتكون النية بقلبه لا بلسانه، لأنه إن تلفظ بها بطلت صلاته، لأنك قد عرفت أن سجود السهو عندهم لا يكون إلا قبل السلام من الصلاة، فإذا تكلم بطلت صلاته طبعاً، وإذا سجد بدون نية عامداً عالماً بطلت صلاته، وإنما تشترط النية للإمام والمنفرد، أما المأموم فإنه لا يحتاج للنية اكتفاء بنية الاقتداء بإمامه

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/1101733963182744/