Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

4454. BOLEH NGAJI KITAB QURROTUL 'UYUN DI SIANG HARI BULAN RAMADHAN ?

PERTANYAAN :

> Zainur Rahman van Hamme
Pangaporaaa... Permisiii... Sebagian kita mungkin tak asing dengan kitab Qurratu-l 'Uyรปn; salah satu kitab tentang relasi suami-isteri yang beberapa bahasannya cukup detil, termasuk bahasan jimak.
Bagi sebagian orang (terutama yang libidonya tinggi), sedikit banyak, beberapa bagian dari pembahasan kitab ini cukup berpotensi memancing imajinasi yang bisa saja meningkat ke taraf 'terangsang'.
Nah, bagaimana seandainya kitab tersebut menjadi salah satu bahan kajian pasanan (Ramadhan-an) dan waktunya siang hari; boleh begitu saja; sebaiknya dihindari; atau bagaimana ?
Mohon pertimbangan dan solusi serta saran jenengan semua. Fa-sy syukru lakum min qablu wa min ba'du...

JAWABAN :

> Abdul Qodir Shodiqi 
Jika di waktu siang (bulan ramadhan) sebaiknya jangan mengaji kitab yang bisa membuat pikiran berangan-angan tentang jimak atau permulaannya, karena membayangkan hal-hal semacam itu haram.

ุญุงุดูŠุฉ ุงู„ุจุฌูŠุฑู…ูŠ ุนู„ู‰ ุดุฑุญ ู…ู†ู‡ุฌ ุงู„ุทู„ุงุจ - (2 / 75)ูˆุงู„ู†ุธุฑ ูˆุงู„ููƒุฑ ุงู„ู…ุญุฑูƒุงู† ู„ู„ุดู‡ูˆุฉ ูƒุงู„ู‚ุจู„ุฉ ููŠุญุฑู…ุงู† ูˆุฅู† ู„ู… ูŠูุทุฑ ูƒู…ุง ููŠ ู‚ ู„ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู„ุงู„



ุฅุญูŠุงุก ุนู„ูˆู… ุงู„ุฏูŠู† ูˆู…ุนู‡ ุชุฎุฑูŠุฌ ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ุนุฑุงู‚ูŠ - (3 / 256)ูˆุฃู…ุง ู…ู† ูŠุชู…ุซู„ ููŠ ู†ูุณู‡ ุตูˆุฑุฉ ุตุจูŠ ุฃูˆ ุงู…ุฑุฃุฉ ู„ุง ูŠุญู„ ู„ู‡ ุงู„ู†ุธุฑ ุฅู„ูŠู‡ุง ูˆูƒุงู† ูŠู†ุฒู„ ู…ุง ูŠุณู…ุน ุนู„ู‰ ู…ุง ุชู…ุซู„ ููŠ ู†ูุณู‡ ูู‡ุฐุง ุญุฑุงู… ู„ุฃู†ู‡ ู…ุญุฑูƒ ู„ู„ููƒุฑ ููŠ ุงู„ุฃูุนุงู„ ุงู„ู…ุญุธูˆุฑุฉ ูˆู…ู‡ูŠุฌ ู„ู„ุฏุงุนูŠุฉ ุฅู„ู‰ ู…ุง ู„ุง ูŠุจุงุญ ุงู„ูˆุตูˆู„ ุฅู„ูŠู‡ ูˆุฃูƒุซุฑ ุงู„ุนุดุงู‚ ูˆุงู„ุณูู‡ุงุก ู…ู† ุงู„ุดุจุงุจ ููŠ ูˆู‚ุช ู‡ูŠุฌุงู† ุงู„ุดู‡ูˆุฉ ู„ุง ูŠู†ููƒูˆู† ุนู† ุฅุถู…ุงุฑ ุดูŠุก ู…ู† ุฐู„ูƒ ูˆุฐู„ูƒ ู…ู…ู†ูˆุน ููŠ ุญู‚ู‡ู… ู„ู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ุฏุงุก ุงู„ุฏููŠู† ู„ุง ู„ุฃู…ุฑ ูŠุฑุฌุน ุฅู„ู‰ ู†ูุณ ุงู„ุณู…ุงุน

> Mas Hamzah
Jawaban idem dengan kang abdul qodir, sebaiknya dihindari mengaji kitab yang bisa membangkitkan "gairah" karena mengangan-angan dan memikirkan hal yang bisa menggerakkan /membangkitkan syahwat misalnya mengangan-angan dan befikir tentang ciuman maka hukumnya haram walaupun tidak membatalkan puasa.

- kitab hasiyah qolyubi (2/75)

ุชู†ุจูŠู‡ : ุงู„ู†ุธุฑ ูˆุงู„ููƒุฑ ุงู„ู…ุญุฑูƒ ู„ู„ุดู‡ูˆุฉ ูƒุงู„ู‚ุจู„ุฉ ููŠุญุฑู… ูˆุฅู† ู„ู… ูŠูุทุฑ ุจู‡

"Peringatan: melihat dan ber-angan-angan yang dapat membangkitan syahwat itu seperti mencium; maka haram sekalipun tak membatalkan puasa."

LINK ASAL :