Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4066. SIAPA SAJA YANG MENDAPAT PERTANYAAN KUBUR ?

PERTANYAAN :

Assalamualaikum, pertanyaan :
1.Apakah pertanyaan malaikat munkar dan nakir ditujukan kepada umat Rosululloh SAW saja atau juga ditujukan kepada umat umat sebelumnya ?
2.Apakah anak-anak juga mendapatkan pertanyaan di dalam kubur? mohon pencerahannya. [Coco Soed].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam,
1.  Menurut Hakim at tirmidzi dalam nawadirul ushul bahwa yang mendapat pertanyaan kubur hanyalah umat ini secara khusus, karena umat-umat terdahulu sudah ada utusan yang membawa risalah kepada mereka dan ketika mereka menolak maka siksaan dipercepat atas mereka.
- Kitab Tadzkirotul Qurtuby (1/414) :

قال أبو عبد الله الترمذي في نوادر الأصول: وإنما سؤال الميت في هذه الأمة خاصة.
لأن الأمم قبلنا كانت الرسل تأتيهم بالرسالة فإذا أبوا كفت الرسل، واعتزلوا وعوجلوا بالعذاب، فلما بعث الله محمداً صلى الله عليه وسلم بالرحمة وأماناً للخلق فقال: {وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين} أمسك عنهم العذاب وأعطى السيف حتى يدخل في دين الإسلام

2.  Anak kecil yang belum tamyiz menurut imam qurtuby dalam kitab tadzkiroh berpendapat bahwa dia ditanyai dalam kubur, ini adalah pendapat yang dinukil dari madzhab hanafy, sedangkan ulama' syafi'iyah bukan hanya satu berpendapat bahwa anak kecil yang belum tamyiz tidak ditanyai dalam kubur oleh sebab itulah tidak disunnahkan untuk mentalqin mereka. Walllohu A'lam. [Mas Hamzah].
- Kitab Fathul Baary :

واختلف في الطفل غير المميز ، فجزم القرطبي في التذكرة بأنه يسأل ، وهو منقول عن الحنفية ، وجزم غير واحد من الشافعية بأنه لا يسأل ، ومن ثم ، قالوا : لا يستحب أن يلقن .

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/939777289378413/

www.fb.com/notes/939907092698766