Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3867. TENTANG MITOS JAELANGKUNG

PERTANYAAN :

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Alkisah ada suatu desa ada orang meninggal dunia (MATEH, madura.red) dan ternyata orang yang meninggal tersebut kata sebagian orang menjadi jalangkung yang menggangu orang di setiap malam. Pertanyaannya :
1. Benarkah jelangkung itu ada ?
2. Siapakah jelangkung itu ?
3. Bagaimana tentang keyakinan kita yang menyakini tentang masalah jelangkung ? Terima kasih. Syukron. [Aliem Lee Chen].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalaam warahmatullah wabarakaatuh. Istilah jelangkong / jrengkong / dhindhedhin / pocong dalam sebagian daerah adalah orang yang sudah mati dari ahli ma'siat yang seakan akan bangkit dari kuburnya dengan menyerupai bentuk yang macam macam dan menakutkan serta sering mengganggu masyarakat .Dalam hal ini tidak boleh meyakini bahwa yang keluar dari kubur adalah ruhnya mayit, atau syetan yang mengganggu manusia atau amalnya mayit yang jelek dan diserupakan oleh Allah dalam bentuk jrangkong.

- Qurrotul Al-'Ain Bi Fataawi Isma'il Zain halaman 20 :

خروج شبح الشخص الميت بعد موته سؤال : وقع في بلدنا منذ زمن قديم ما يسمونه بجراغكوغ . وتوضيح المسألة أن من مات من أهل الفجور يخرج من قبره خلق يشبه حيوانا ذو صورة مخوفة . كان يخرج من قبر ذلك الميت فيذهب إلى بيوت الناس يخوفهم بشتى أنواع المخوفات يخوفهم بصورته وصوته وشكله وغير ذلك . وهو يتشكل بصور مختلفة عجيبة وربما يسمع صوته ولا يرى شخصه. وكثيرا ما يتشكل بصورة ذلك الميت تماما . ويكون خروج ذلك الشيء الخبيث بعد الغروب إلى أن طلع الفجر هذا ما سمعنا من بعض الناس . ثم إنهم يختلفون في ذلك . فمنهم من قال إنه روح ذلك الميت أخرجه الله إلى هذه الدنيا إعلاما منه سبحانه أن صاحبه كان من أهل الفجور . ومنهم من قال أنه شيطان يفتن الناس . ومنهم من قال إنه عمل الميت السيء خلقه الله وجسمه. فنرجو منكم توضيح الجواب والله يجزيكم بالأجر والثواب.الجواب : والله الموفق للصواب :أنه لا ينبغي أن يقول الإنسان كل ما سمع , وفي الحديث " كفي بالمرء كذبا أن يحدث بكل ما سمع " ولا ينبغي أن يعتقد مثل هذا. فقد جاء الشرع الحكيم بالنهي عن مثل هذا الإعتقاد . قال صلى الله عليه وسلم " لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَلَا هَامَةَ وَلَا صَفَرَ " رواه البخاري ومسلم.والهامة هي نوع من الطيور كان أهل الجاهلية يعتقدون أن روح الميت تتجسم فيها وأنها تدور حول بيته وتأتي ليلا إلى أهله فنهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن ذلك وأكد النهي بصيغة النفي إشارة إلى أن هذا غير واقع. وما في صورة السؤال من هذا النوع فينبغي أن لا يعتقد ذلك ولا يصدقه المؤمنون العقلاء . وقدرة الله سبحانه وتعالى صالحة لكل شيء لكنه من رحمته لعباده ولا سيما هذه الأمة المحمدية جعل بعض الأمور مستورة ومخفية وبعض الأمور موكولة إليه لا يعلم حقيقة مصيرها إلا هو

Fenomena kemunculan sosok (bayangan) seseorang yang telah mati.
Pertanyaan :
Telah ada di negara kita sejak jaman dahulu kala apa yang dinamakan jerangkong. Penjelasan masalah adalah (anggapan masyarakat : ed). Sesungguhnya orang jelek / ahli maksiat yang meninggal maka dia akan keluar dari kuburnya dengan menyerupai hewan dengan bentuk yang menakutkan, maka dia akan pergi ke rumah rumah penduduk untuk menakut nakutinya dengan bermacam macam cara yang menakutkan dengan bentuk, suara, tingkah,, dan sebagainya. Dia mampu berubah rubah bentuk dengan mengagumkan, terkadang terdengar suaranya namun tidak terlihat bentuknya, dan masih banyak lagi dalam bentuk lainnya. Keluarnya adalah setelah terbenam matahari sampai fajar. Ini yang kami dengar dari cerita sebagian orang.

Ada juga yang bercerita lain. Sebagian orang ada yang bercerita bahwa sesungguhnya ruhnya ahli maksiat tersebut dikeluarkan Allah SWT dari dalam kuburnya ke dunia ini adalah untuk memperlihatkan kepada orang orang bahwasanya temannya ini adalah ahli maksiat. Sebagian orang ada juga yang bercerita bahwa itu adalah sebagai bentuk fitnah (godaan: ed) syetan kepada manusia. Sebagian orang ada juga yang bercerita bahwa itu adalah amal buruk mayit yang diciptakan oleh Allah SWT dalam bentuk jisim. Maka dari itu kami mengharap anda sudi memberi pencerahan kepada kami akan jawabannya, semoga Allah SWT membalas anda dengan pahala (yang berlimpah : ed)

Jawaban :
Semoga Allah SWT memberikan pertolongan (kepada kita) menuju kebenaran, sesungguhnya tidak sepatutnya orang orang berkata seperti yang anda dengar. Disebutkan dalam hadits :

كفي بالمرء كذبا أن يحدث بكل ما سمع

"Cukuplah kebohongan seseorang dengan menceritakan sesuatu yang ia dengar"

Dan tidak sepatutnya seseorang meyakini hal hal seperti ini, karna telah datang Nabi yang membawa syari'at yang bijaksana yang menjelaskan larangan keyakinan seperti ini .

قال صلى الله عليه وسلم " لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَلَا هَامَةَ وَلَا صَفَرَ " رواه البخاري ومسلم

Kanjeng Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam bersabda : "Tidak ada penyakit menular (kecuali atas idzin Allah), tidak ada kesialan yang terjadi (kecuali atas idzin Allah), tidak ada burung hantu yang menjadi pertanda kematian (kecuali atas idzin Allah), tidak ada kesialan bulan shofar (kecuali atas idzin Allah)". Hadits diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim.

Hamah adalah jenis burung yang pada jaman jahiliyyah diyakini sebagai ruh orang mati, yang berbentuk jisim yang mengelilingi rumahnya dan mendatangi keluarganya pada malam hari, maka Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam melarang hal ini dan menguatkan larangannya dengan shighat nafi sebagai isyarat bahwa hal ini tidak pernah terjadi.

Adapun segala sesuatu seperti yang ada di pertanyaan di atas maka sepatutnya kita tidak meyakininya, dan sebagai mukmin yang berakal tidak mempercayainya .

Semoga Allah Subhanahu Wata'ala mentaqdirkan segala sesuatu dengan kebaikan, dan memberi rahmat kepada para hamba hamba-NYA, lebih lebih kepada umat kanjeng Nabi Muhammad ini. Allah menjadikan sebagian perkara tertutupi dan tersamarkan dan sebagian lagi bisa dicerna akal, yang tidak dapat diketahui hakikatnya kecuali oleh Allah SWT. Wallahu A'lam. [Ghufron Bkl].

Link Diskusi :
www.fb.com/groups/piss.ktb/884949941527815/

www.fb.com/notes/928460747176734