Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3298. BOLEHKAH MEMBACA DOA BERSIN KETIKA SHOLAT ?

PERTANYAAN :

Assalamualaikum wr wb saya mau tanya Bolehkah kita mengucapkan "alhamdulillah" saat bersin dalam keadaan sedang shalat ? terimakasih, wassalamualaikum wr wb. [Tamamur Rohman].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalaam, hukumnya tetap sunnah mengucapkan alhamdulillah (bagi yang bersin) ketika bersin saat sholat dan bacanya sekira dirinya sendiri bisa mendengarkan.

- kitab tuhfah ibnu hajar :

ويسن لمصل عطس أو سلم عليه أن يحمد بحيث يسمع نفسه وأن يرد السلام بالإشارة باليد أو بالرأس ثم بعد سلامه منها باللفظ وبحث ندب تشميت مصل عطس وحمد جهرا

Dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin Umar Al-Masyhur ba’lawy halaman 45 diterangkan :

مسئلة ش( عطس في الصلاة سن له ان يحمد سرا ولو في اثناء الفاتحة لكنها تنقطع بذلك فيعيدها)

Orang yang bersin pada saat melaksanakan shalat tetap disunnahkan baginya untuk membaca hamdalah, namun membacanya dengan cara sirri (suara pelan, tidak dengan suara keras) sekalipun disaat tengah membaca surat Al-fatihah. Namun, bacaan fatihah tersebut dianggap terputus sehingga diharuskan untuk mengulang kembali dari awal bacaan fatihah tersebut.

Untuk yang jawabi bersinnya (orang lain yang mendo'akan) :

و من الكلام المبطل تشميت العاطس فاذا شمت المصلى عاطسا بحضرته بطلت صلاته بشرط ان يقول له " يرحمك الله " بكاف الخطاباما اذا قال له " يرحمه الله " او " يرحمنا الله " فان صلاته لا تبطل بذلك عندالشافعية والحنابلة اما المالكية و الحنفية بطلت صلاته الفقه على المذاهب الاربعه ١/٢٧٥

Dan termasuk sebagian dari perkataan yang membatalkan sholat adalah mendoakan orang yang bersin. Apabila ada seseorang yang sedang sholat kemudian ia mendoakan kepada orang yang bersin dihadapannya maka batalah sholatnya dengan syarat ucapan do'anya adalah yarkhamukalloh dengan memakai huruf kaf mukhotob (bermakna kamu) adapun jika menggunakan lafadz yarhamuhulloh atau yarkhamunaalloh menurut imam syafi'i dan hambali tidak batal. Tetapi menurut imam malik dan imam khanafi batal.
Kalau menurut imam Ghozali bagi yang bersin saat shalat cukup membaca Alhamdulillah dalam hati, tidak perlu menggerakkan lisannya.

ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ : ﺧﺒﺎﻳﺎ ﺍﻟﺰﻭﺍﻳﺎ ـ ﻟﻠﺰﺭﻛﺸﻰ Juz 1 sohifah 9
ﻣﺴﺄﻟﺔﺇﺫﺍ ﻋﻄﺲ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺣﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻠﺴﺎﻧﻪﻭﺃﺳﻤﻊ ﺑﻪ ﻧﻔﺴﻪ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﺍﻟﺴﻴﺮ ﻟﻜﻦ ﺻﺮﺡ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ---ﻓﻲ ﺍﻹﺣﻴﺎﺀ ﺑﺄﻧﻪ ﻳﺤﻤﺪ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻙﻟﺴﺎﻧﻪ

Wallohu a'lam. [Mas Hamzah, Abdur Rahman As safi'i, Pusara Ditengah Laut].

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/789565111066299/