Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3169. APAKAH MENOLAK PERJODOHAN ORANG TUA ITU DURHAKA ?

PERTANYAAN :

Permisi, numpang tanya melawan perintah Ortu kan dosa ? lantas jika menolak dijodohkan itu bagaimana ? Sedangkan seorang Anak Punya Hak Untuk MenoLak. [ Putri Ratna IL ]

JAWABAN :

Seorang anak (dengan syarat tertentu) berhak menolak namun tidak punya hak melawan orang tua, jadi jika Anda (seorang perawan) menolak dijodohkan namun wali Anda tetep menikahkan (dengan persyaratan tertentu), Akad nikah tetap bisa berlangsung, dan sebaliknya jika Anda menerima pinangan namun wali anda menolaknya, Akad nikah tidak akan bisa berlangsung dan Anda tidak jadi nikah, kan ada wali hakim ? untuk menggunakan wali hakim membutuhkan syarat-syarat tertentu yang tidak mudah, sehingga secara umum tidak sah apabila masih ada wali yang lebih berhak. Jadi anak yang menolak perjodohan orang tuanya tidak dikatakan durhaka pada orang tuanya. [Saifuddin Wong Kawool Tulungagung, Ghufron Bkl].
الأدب الشرعية ١/٣٣٥
.فصل ليس للوالدين إلزام الولد بنكاح من لا يريد قال الشيخ تقي الدين رحمه الله تعالى أنه ليس لأحد الأبوين أن يلزم الولد بنكاح من لا يريد وإنه إذا امتنع لا يكون عاقا.

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/720799131276231/
www.fb.com/notes/778266012196209

www.piss-ktb.com/2012/02/969-bolehkah-menolak-perjodohan-dari.html