Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

3133. DOA 'ALAIHIS SALAAM UNTUK SELAIN NABI


PERTANYAAN :

Muhammad Rizky Alfarizi
Assalamu'alaikum.ttg "tittle" Alaihi Salam. Apakah kita boleh memakainya pda selain Nabi dan Malaikat ?

JAWABAN :

> Mas Hamzah 
Untuk selain nabi dan malaikat hukumnya makruh tanzih sholawat dan salam kepada selain nabi, 
Rujukan kitab adzkar nawawi

(ุจุงุจُ ุงู„ุตَّู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุกِ ูˆุขู„ู‡ู… ุชุจุนุงً ู„ู‡ู… ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…)ุฃุฌู…ุนูˆุง ุนู„ู‰ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠّู†ุง ู…ุญู…ّุฏٌ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…، ูˆูƒุฐู„ูƒ ุฃุฌู…ุน ู…ู† ูŠُุนุชุฏّ ุจู‡ ุนู„ู‰ ุฌูˆุงุฒู‡ุง ูˆุงุณุชุญุจุงุจู‡ุง ุนู„ู‰ ุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูˆุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉ ุงุณุชู‚ู„ุงู„ุงً.
ูˆุฃู…ุง ุบูŠุฑُ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก، ูุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠُุตู„ّู‰ ุนู„ูŠู‡ู… ุงุจุชุฏุงุก، ูู„ุง ูŠู‚ุงู„: ุฃุจูˆ ุจูƒุฑ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….ูˆุงุฎุชُู„ู ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ู†ุน، ูู‚ุงู„ ุจุนุถ ุฃุตุญุงุจู†ุง: ู‡ูˆ ุญุฑุงู…، ูˆู‚ุงู„ ุฃูƒุซุฑู‡ู…: ู…ูƒุฑูˆู‡ ูƒุฑุงู‡ุฉ ุชู†ุฒูŠู‡، ูˆุฐู‡ุจ ูƒุซูŠุฑ ู…ู†ู‡ู… ุฅู„ู‰ ุฃู†ู‡ ุฎู„ุงู ุงู„ุฃูˆْู„َู‰ ูˆู„ูŠุณ ู…ูƒุฑูˆู‡ุงً، ูˆุงู„ุตุญูŠุญُ ุงู„ุฐูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุฃูƒุซุฑูˆู† ุฃู†ู‡ ู…ูƒุฑูˆู‡ ูƒุฑุงู‡ุฉ ุชู†ุฒูŠู‡ ู„ุฃู†ู‡ ุดุนุงุฑ ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุฏุน، ูˆู‚ุฏ ู†ُู‡ูŠู†ุง ุนู† ุดุนุงุฑู‡ู….ูˆุงู„ู…ูƒุฑูˆู‡ ู‡ูˆ ู…ุง ูˆุฑุฏ ููŠู‡ ู†ู‡ูŠٌ ู…ู‚ุตูˆุฏ (1)
.ู‚ุงู„ ุฃุตุญุงุจู†ุง: ูˆุงู„ู…ุนุชู…ุฏُ ููŠ ุฐู„ูƒ ุฃู† ุงู„ุตَّู„ุงุฉَ ุตุงุฑุชْ ู…ุฎุตูˆุตุฉً ููŠ ู„ุณุงู† ุงู„ุณู„ู ุจุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ุตู„ูˆุงุชُ ุงู„ู„ู‡ ูˆุณู„ุงู…ُู‡ ุนู„ูŠู‡ู…، ูƒู…ุง ุฃู† ู‚ูˆู„ู†ุง: ุนุฒَّ ูˆุฌู„َّ، ู…ุฎุตูˆุตٌ ุจุงู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰، ููƒู…ุง ู„ุง ูŠُู‚ุงู„: ู…ุญู…ุฏ ุนุฒَّ ูˆุฌู„َّ - ูˆุฅู† ูƒุงู† ุนุฒูŠุฒุงً ุฌู„ูŠู„ุงً - ู„ุง ูŠُู‚ุงู„: ุฃุจูˆ ุจูƒุฑ ุฃูˆ ุนู„ูŠّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆุฅู† ูƒุงู† ู…ุนู†ุงู‡ ุตุญูŠุญุงً.ูˆุงุชูู‚ูˆุง ุนู„ู‰ ุฌูˆุงุฒ ุฌุนู„ ุบูŠุฑ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ุชุจุนุงً ู„ู‡ู… ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ، ููŠُู‚ุงู„: ุงู„ู„َّู‡ู…ّ ุตู„ ุนู„ู‰ ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ ู…ุญู…ุฏ، ูˆุฃุตุญุงุจู‡، ูˆุฃุฒูˆุงุฌู‡ ูˆุฐุฑِّูŠุชู‡، ูˆุฃุชุจุงุนู‡، ู„ู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ุตุญูŠุญุฉ ููŠ ุฐู„ูƒ، ูˆู‚ุฏ ุฃُู…ุฑู†ุง ุจู‡ ููŠ ุงู„ุชุดู‡ุฏ، ูˆู„ู… ูŠุฒู„ ุงู„ุณู„ูُ ุนู„ูŠู‡ ุฎุงุฑุฌ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุฃูŠุถุงً.ูˆุฃู…ุง ุงู„ุณู„ุงู…، ูู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ุงู„ุฌูˆูŠู†ูŠُّ ู…ู† ุฃุตุญุงุจู†ุง: ู‡ูˆ ููŠ ู…ุนู†ู‰ ุงู„ุตู„ุงุฉ، ูู„ุง ูŠُุณุชุนู…ู„ ููŠ ุงู„ุบุงุฆุจ، ูู„ุง ูŠูุฑุฏ ุจู‡ ุบูŠุฑ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก، ูู„ุง ูŠُู‚ุงู„: ุนู„ูŠّ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…، ูˆุณูˆุงุก ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุฃุญูŠุงุก ูˆุงู„ุฃู…ูˆุงุช.ูˆุฃู…ุง ุงู„ุญุงุถุฑ، ููŠُุฎุงุทุจ ุจู‡ ููŠู‚ุงู„: ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒَ، ุฃูˆ: ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู…، ุฃูˆ: ุงู„ุณَّู„ุงู… ุนู„ูŠูƒَ، ุฃูˆ: ุนู„ูŠูƒู…، ูˆู‡ุฐุง ู…ุฌู…ุน ุนู„ูŠู‡، ูˆุณูŠุฃุชูŠ ุฅูŠุถุงุญู‡ ููŠ ุฃุจูˆุงุจู‡ ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰.[ูุตู„]:ูŠُุณุชุญุจّ ุงู„ุชุฑุถّูŠ ูˆุงู„ุชุฑุญّู… ุนู„ู‰ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูˆุงู„ุชุงุจุนูŠู† ูู…ู† ุจุนุฏู‡ู… ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก ูˆุงู„ุนุจَّุงุฏ ูˆุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃุฎูŠุงุฑ، ููŠู‚ุงู„: ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡، ุฃูˆ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡، ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ، ูˆุฃู…ุง ู…ุง ู‚ุงู„ู‡ ุจุนุถُ ุงู„ุนู„ู…ุงุก: ุฅู† ู‚ูˆู„ู‡: ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู…ุฎุตูˆุต ุจุงู„ุตุญุงุจุฉ، ูˆูŠُู‚ุงู„ ููŠ ุบูŠุฑู‡ู…: ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูู‚ุท، ูู„ูŠุณ ูƒู…ุง ู‚ุงู„، ูˆู„ุง ูŠูˆุงูู‚ ุนู„ูŠู‡، ุจู„ ุงู„ุตุญูŠุญ ุงู„ุฐูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุงุณุชุญุจุงุจู‡،ูˆุฏู„ุงุฆู„ู‡ ุฃูƒุซุฑ ู…ู† ุฃู† ุชُุญุตุฑ.ูุฅู† ูƒุงู† ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ ุตุญุงุจูŠุงً ุงุจู† ุตุญุงุจูŠ ู‚ุงู„: ู‚ุงู„ ุงุจู† ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง، ูˆูƒุฐุง ุงุจู† ุนุจุงุณ، ูˆุงุจู† ุงู„ุฒุจูŠุฑ، ูˆุงุจู† ุฌุนูุฑ، ูˆุฃُุณุงู…ุฉ ุจู† ุฒูŠุฏ ูˆู†ุญูˆู‡ู… ู„ุชุดู…ู„ู‡ ูˆุฃุจุงู‡ ุฌู…ูŠุนุงً.

fokus pd kalimat

ูˆุฃู…ุง ุงู„ุณู„ุงู…، ูู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ุงู„ุฌูˆูŠู†ูŠُّ ู…ู† ุฃุตุญุงุจู†ุง: ู‡ูˆ ููŠ ู…ุนู†ู‰ ุงู„ุตู„ุงุฉ، ูู„ุง ูŠُุณุชุนู…ู„ ููŠ ุงู„ุบุงุฆุจ، ูู„ุง ูŠูุฑุฏ ุจู‡ ุบูŠุฑ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก، ูู„ุง ูŠُู‚ุงู„: ุนู„ูŠّ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…، ูˆุณูˆุงุก ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุฃุญูŠุงุก ูˆุงู„ุฃู…ูˆุงุช.


BAB PEMBACAAN SHOLAWAT ATAS PARA NABI DAN KELUARGA MEREKA

shollallohu alaihi wasallam. para ulama' sepakat terhadap bacaan sholawat atas Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam. dan sepakat terhadap sholawat yang dianggap atas kebolehan dan disunnahkan bersholawat atas para Nabi dan para Malaikat secara tersendiri.

Sedangkan untuk SELAIN para Nabi maka tidak diucapkan sholawat atas mereka secara permulaan. maka tidaklah diucapkan "Abu Bakar shollallohu alaihi wasallam".
Dan diperselisihkan dalam pelarangan bacaan sholawat ini :
- Sebagian ashab kami berpendapat : haram. 
- Mayoritas ashab kami berpendapat : makruh tanzih. 
- Sebagian besar dari mereka berpendapat : khilaful aula (menyelisihi yang lebih utama) bukan makruh.

Pendapat yang shohih yang diutarakan mayoritas ulama' hukumnya makruh tanzih, karena hal tersebut merupakan syi'arnya golongan ahli bid'ah. dan kita sungguh dilarang atas syi'ar mereka.dan hukum makruh itu sesuatu yang larangan yang dimaksud telah warid (datang).

Sebagian ashab kami berkata : pendapat yang mu'tamad mengenai hal tersebut bahwa sesungguhnya "sholawat" itu sesuatu yang dikhususkan dalam ucapan ulama' salam untuk para Nabi sholawatullohi wasalamuhu alaihim. sebagaimana ucapan kita "azza wa jalla" dikhususkan untuk Allah subhanahu wa ta'ala.

Maka sebagaimana tidak di ucapkan : "Muhammad azza wa jalla" -- meskipun beliau azizan wa jalilan -- maka tidak diucapkan :
"Abu Bakar atau Ali shollallohu alaihi wasallam" meskipun maknanya benar.para ulama sepakat atas kebolehan menjadikan SELAIN para Nabi diikutkan pada para Nabi dalam bacaan sholawat. maka diucapkan :
"Allohumma sholli ala Muhammadin wa รขli Muhammadin, wa ashabihi, wa azwajihi wadzurriyyatihi wa atba'ihi." 
karena terdapat hadits-hadits yang shohih tentang hal tersebut. dan sungguh kita diperintah demikian dalam bertasyahud. dan juga tidak henti-hentinya ulama' salaf bersholawat demikian di luar sholat.sedangkan mengenai salam, Asy-Syaikh Abu Hamid Al-Juwaini yang termasuk ashab kami berkata : salam itu semakna dengan sholawat, maka tidak boleh digunakan untuk orang yang ghoib, selain para Nabi tidak boleh disendirikan dengan salam. maka tidak boleh diucapkan :
"Ali alaihis salam." baik dalam permasalahan ini untuk orang-orang yang hidup ataupun yang sudah meninggal. adapun untuk orang yang hadir, maka menggunakan dhomir mukhotob/ dikhitobi, sehingga diucapkan : "salamun alaik.", "salamun alaikum.", assalamu alaik." atau "assalamu alaikum." dan hal ini merupakan hal yang disepakati oleh para ulama'. dan penjelasan mengenai ini akan datang dalam bab-babnya insyaallahu ta'ala.

[ PASAL ] 
Disunnahkan memohon ridho dan memohon rohmat atas para sahabat Nabi dan para tabi'in dan orang-orang setelah mereka dari para ulama', para ahli ibadah, dan para akhyar (orang-orang pilihan). seperti halnya ucapan : "rodliyallohu anhu.", rohimahulloh." dan semacamnya.

adapun tentang ucapan sebagian ulama' : "ucapan rodliyallohu anhu hanya dikhususkan untuk para sahabat."
dan untuk selain sahabat diucapkan : "rohimahulloh." saja.

maka bukan seperti apa yang disampaikan, tidak ada kesepakatan mengenai hal tersebut.
dan pendapat yang shohih dari mayoritas ulama' disunnahkan mengucapkan rodliyallohu anhu atau rohimahullah untuk selain sahabat.
dan dalil mengenai hal tersebut sangat banyak tidak terhitung.jika yang disebutkan merupakan golongan sahabat yang menjadi putra sahabat, maka diucapkan :
"berkata Ibnu Umar rodliyallohu anhuma." begitu pula Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Ibnu Ja'far, Usamah bin Zaid, dan semisalnya, agar mencakup pada diri dan ayahnya kesemuanya.

 ---------------------- 

[ Al-Adzkar An-Nawawi ]


WALLOHU A'LAM .

LINK DISKUSI :