Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3100. LAIN LAIN : HARI LIBUR BELAJAR


PERTANYAAN :

Arif Fivers
Assalamu'alaikum mau tanya.. Dalam mengaji ada gak yang namanya sunnah istirahat mengaji, Soalnya ada guru ngaji bilang begitu. Disebutkan bahwa sunnah istirahat mengaji itu malam minggu,malam sabtu,dan malam jum'at. Bener gak sih.Tolong jawab ya ustad..

JAWABAN :

> Ical Rizaldysantrialit 
wa'alaikum salam warohmatulloh, Bugyatul Musytarsyidin halaman 83

[فائدة]:
المتجة جواز ترك التعليم يوم الجمعة، لأنه يوم عيد مأمور فيه بالتبكير والتنظيف وقطع الأوساخ والروائح الكريهة، والدعاء إلى غروب الشمس رجاء ساعة الإجابة اهـ فتاوى ابن حجر. وفي : أن عمر رضي الله عنه طالت غيبته مدة حتى اشتاق إليه أهل المدينة، فلما قدم خرجوا للقائه، فأول من سبق إليه الأطفال، فجعل لهم ترك القرآن من ظهر يوم الخميس إلى يوم السبت، ودعا على من يغير ذلك اهـ ش ق.

Ini mungkin terjadi disetiap lembaga islam baik pondok pesantren atau tempat pengajian anak-anak disetiap tempat bahwa jika hari kamis sore atau malam jum'at pengajian diliburkan,inilah bedanya dengan pendidikan formal yang libur pada hari minggu,kenapa?
Menurut pendapat yang diunggulkan,boleh berlibur pada hari jum'at, Karena hari tersebut adalah salah satu hari raya umat islam,dianjurkan tabkir (berangkat untuk sholat jum'at lebih pagi),juga melakukan bersih-bersih seperti mencukur rambut,memotong kuku dll.

Termasuk kegiatan untuk menghilangkan aroma atau bau yang tidak sedap baik pada badan atau tempat,ada juga anjuran untuk memperbanyak berdo'a sampai matahari terbenam dihari jum'at dengan harapan bertepatan dengan waktu ijabah,Demikian tertulis dalam Fatawi Ibni Hajar.

Dan dalam kitab I'aab : Bahwa Sayyidina Umar rodhiyallohu anhu  suatu ketika melakukan perjalanan dalam waktu yang lama sehingga penduduk madinah merasa rindu,dan ketika Sayyidina Umar tiba, penduduk Madinah keluar untuk menyambut beliau, dan yang pertama menyambut beliau adalah anak-anak kecil,maka beliau meliburkan mereka untuk ta'lim Al-quran mulai wakktu dzuhur dihari Kamis sampai hari Sabtu. Wallohu a'lam bis showab

LINK DISKUSI :