Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2095. KAJIAN KITAB BADA'I IZ ZUHUR 11 : NABI ADAM 'ALAIHISSALAAM BERCOCOK-TANAM

Oleh Mbah Godek

Pengajian bulan romadlon bagian 11
Kitab bada'i izzuhur

فلما زرع آدم نبت فى الحال وأسبل وأدرك القمح من يومه فعلمه جبرائيل كيف يحصد فحصد ودرس وذرى فى الهواء فقال آدم لجبرائيل آكل فقال اصبر ثم قطع من الجبل حجرين فطحن بهما فلما صار دقيقا قال آدم آكل فقال اصبر ثم مضى وأناه بشرارة نار من نار جهنم بعد أن غمسها فى الماء سبع مرات ولولا ذلك لأحرقت الأرض ومن عليها ثم ان جبرائيل علمه كيف يخبزفخبزثم قال لجبرائيل آكل فقال اصبر حتى تغرب الشمس فيتم لك الصوم فكان آدم أول من صام على وجه الأرض فلما غربت الشمس ووضع آدم الرغيف بين يديه ومد يده ليأخذ من الرغيف لقمة فر الرغيف من بين يديه وسقط من أعلى الجبل فتبعه آدم وأخذه فقال له جبرائيل لو صبرت لأتاك الرغيف من غير أن تقوم اليه

Saat nabi adam menanam seketika itu jadi tumbuh dan bertangkai dan timbullah gandum dihari itu juga lalu jibril mengajarkan untuk menunainya, maka ­ ditunailah gandum tersebut dengan seksama dan ditampi (disiliri..jawa­) melalui angin (ditiupkan angin agar bersih) adam berkata apakah boleh aku makan sekarang ? jibril menjawab, tunggu ­ dulu. Kemudian jibril membelah 2 batu gunung lalu menggiling gandum tersebut dengan ke 2 batu itu sehingga menjadi tepung lalu adam berkat,apakah aku sudah bisa memakannya sekarang? jibril menjawab, sabarl­ah, lalu jibril pergi dan mendatangkan secuil api dari jahannam setelah dicelupkan air selama 7x, jika tidak demikian maka bumi seisinya bisa terbakar.

Kemudian jibril mengajarkan cara membuat roti,setelah jadi roti,adam bertanya pada jibril,apakah aku sudah bisa memakannya? jibril menjawab, tunggu­ dulu sampai matahari terbenam maka jadi sempurna untukmu berpuasa nabi adam adalah manusia yang pertama kali melakukan puasa dimuka bumi ini ketika matahari sudah terbenam dan adam meletakkan roti itu dihadapannya lalu adam mengulurkan tangannya untuk mengambil secuil dari roti tersebut, maka rotinya lari dan jatuh dari atas gunung lalu adam mengejar dan mengambilnya kembali lalu jibril berkata pada adam, seumpama kamu mau bersabar maka roti tersebut akan mendatangimu sendiri tanpa kamu kejar.

Link asal : https://­www.facebook.com­/groups/­piss.ktb/­permalink/­482014651821348/