Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2093. KAJIAN KITAB BADA'I IZ ZUHUR 9 : NABI ADAM 'ALAIHISSALAAM TURUN KE BUMI

Oleh Mbah Godek

PENGAJIAN BULAN ROMADLON BAGIAN 9
KITAB BADA'I IZ ZUHUR

قال ثم ان جبرائيل أخذ بيد آدم وهو عريان مكشوف الرأس فهبط به الى الأرض عند غروب الشمس من يوم الجمعة فأهبط على جبل من جبال الهند يقال له الراهون وتقدمت صفة هذا الجبل فى ذكر الجبال وأما حواء فقد ذهب عنها حسنها وجمالها وابتليت بالحيض وانقطع عنها ذكر النسب فيقال أولاد آدم ولا يقال أولاد حواء لانها غرت آدم مع ابليس حيث ابتدأت بالأكل

Wahhab bin munabbih berkata, kemudia­n jibril menggandeng tangan nabi adam yang dalam keadaan telanjang dan terbuka kepalanya/­tidak pakai tutup kepala dan menurunkan adam kebumi saat terbenamnya matahari dihari jum’at, adam diturunkan digunung dari salah satu gunung dinegara hindia yang bernama gunung rohun, dan pembahasan gunung ini sudah lewat pada bab yang menerangkan tentang gunung. Adapun hawa telah hilang cantiknya dan dicoba dengan mengalami haid dan putusnya nasab. Maka dikatakanlah anak cucu adam bukan anak cucu hawa karena dia membujuk adam bersama iblis yaitu dengan cara ia makan biji duluan.

وأهبط حواء عند ساحل البحر المالح بجدة قال الله تعالى (اهبطو بعضكم لبعض عدو ولكم فى الأرض مستقر ومتاع الى حين) وأما ابليس اللعين فانه خرج عن طور الملائكة وصار شيطانا رجيما فلما أهبط من الجنة نزل بأرض العراق نحو البصرة قال ابن عباس رضى الله عنهما لما أهبط ابليس الى الأرض نكح نفسه بنفسه فباض أربع بيضات ففرق فى كل قطر من الأقطار بيضة فجميع من فى الارض من الشياطين من تلك البيضة وقال مجاهد انه نكح الحية التى دخل فى جوفها فى الجنة حين أهبطت الى الأرض فباضت الاربع بيضات وأما الطاوس فانه ذهبت عنه الجواهر وبعض الحسن وأهبط أيضا الى الأرض ونزل فى أرض بابل وقيل بأرض أنطاكية وأما الحية فمسخ شكلها وصار فيها السم وسببه ان ابليس اختبأ تحت أنيابها وأدخلته الى الجنة وخرس لسانها وصارت تمشى على بطنها زحفا ونزلت الى الأرض باصبهان

Dan hawa diturunkan dipesisir kota jeddah. ALLOH berfirman : "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan". (Qs.albaqoroh ayat 36).
Adapun iblis yang dilaknat dia dikluarkan dari golongan malaikat dan menjadi syetan yang terkutuk ketika dia kluar/turun dari surga maka ia turun dibumi irak sekitar kota basroh. Ibnu abbas Ra berkata ketika iblis diturunkan dibumi dia menikah dengan dirinya sendiri dan membuahkan 4 telur lalu dipisah disetiap sudut bumi dikasih 1 telur,jadi semua syetan dipenjuru bumi ini adalah dari telur-telur tersebut.

Mujahid berkata iblis itu menikah dengan ular yang membawanya kesurga ketika mereka diturunkan dibumi dan membuahkan 4 telur. Adapun merak hilang mutiara dari tubuhnya dan hilang sebagian keindahannya dan ia pun juga diturunkan dibumi tepatnya turun dibabiliun dikatakan ia diturunkan dikota antokiyyah (didaerah syam/syiria). Adapun ular,ia berubah bentuk tubuhnya dan mempunyai racun/bisa.. sebabnya yaitu iblis bersembunyi diantara siungnya dan memasukkannya kesurga. Dan ular pun lisannya berubah bisu dan jalannya diatas perutnya (ngesot) dan ia diturunkan di daerah basibhan.

قال ابن عباس كانت اقامة آدم وحواء فى الجنة مدة نصف يوم من أيام الآخرة وهو مقدار خمسمائة عام من أعوام الدنيا فلما هبط آدم ألقى الله عليه النوم فنام فألقى الله النوم على جميع من فى الأرض من الحيوانات الوحش والطير وكل شئ فيه روح ولم يكن قبل ذلك يعرف النوم فسمى ذلك اليوم يوم السبت

Ibnu abbas berkata,adam dan hawa tinggal disurga itu hanya setengah hari dari hari akhirat yaitu kira-kira 500 tahun dari tahun yang ada di dunia. Ketika adam diturunkan dibumi,maka ALLOH memberikan rasa tidur padanya,maka adam menjadi tidur,dan tidurlah semua yang ada dibumi dari hewan-hewan buas,burung-bur­ung dan semua yang bernyawa dan sebelum ada kejadian ini mereka semua tidak pernah mengalami tidur,maka hari itu dinamakanlah dengan nama hari sabtu.. (sabtu=tidur/­istirahat).

Insya Allah BERSAMBUNG

Link Asal : http://­www.facebook.com­/groups/­piss.ktb/­permalink/­459077360781744/