Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0060. Software Al-Qur'an Digital HP, Apakah Termasuk Mushaf ?

PERTANYAAN :

Yons Yons Kharisma
Assalamu'alaikum... mau nanya ne pak ustad....di hp saya tu kan ada applikasi al-qur'an kamil..., kalo saya mau baca apakah harus berwudlu dulu, di al-qur'an dikatakan 'la yamassuhu illal mutahharuun' maksudnya yang harus suci kalo yang di pegang al-qur'an, tapi kalo hp yg ada applikasi al-qur'annya apa harus sama demikian, terus bagaimana kalo terbawa ke wc... terima kasih sebelumnya..

JAWABAN :

> Masaji Antoro 
Kalau memegang tulisan alquran yang ada pada layar Hp atau PC memang tidak masalah tanpa adanya wudhu karena tulisan alquran yang ada dalam HP/PC hanya merupakan pancaran yang dihasilkan dari sinar bukan tulisan.

وَيُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّهُ لَوْ نَقَشَ الْقُرْآنَ عَلَى خَشَبَةٍ وَخَتَمَ بِهَا الْأَوْرَاقَ بِقَصْدِ الْقِرَاءَةِ وَصَارَ يَقْرَأُ يَحْرُمُ مَسُّهَا ، وَلَيْسَ مِنْ الْكِتَابَةِ مَا يُقَصُّ بِالْمِقَصِّ عَلَى صُورَةِ حُرُوفِ الْقُرْآنِ مِنْ وَرَقٍ أَوْ قُمَاشٍ فَلَا يَحْرُمُ مَسُّهُ ا هـ قَوْلُ الْمَتْنِ

[ Tuhfah Almuhtaaj II/132 ].

> Mch Imbron Jb
Salamu'alaikuuumm ustd semuanya.. numpang nanyak nih, begini ceritanya, saya lagi menjalani kodhil hajeh / buang air besar, dn hp saya, nada deringnya surat ya sin, tiba2 lg enak2 nongkrong ada bel, secra otomatis hp psti bunyi, dn gmna menurut pendapat klian semua ??

> Masaji Antoro 
Menurut Sayyid Almaliki sebenarnya penggunaan nada dering memakai ayat quran tidak diperkenankan karena bisa menimbulakan unsur IHAANAH (penghinaan) pada quran, belum lagi bila yang memakai nada dering tersebut tidak tahu cara pemenggalan ayat yang benar saat mengangkat telp / menerima SMS (karena seperti nada dering ayat kursi, ngga mungkin to kita selesaikan satu ayat lengkap kemudian baru terima telp) atau dikhawatirkan juga terjadi hal seperti pertanyaan Kang Mch Imbron Jb di atas,.. "Bacaan yasin berkumandang di WC". Hehehe...

> Lintang Lintang

 شرح الياقوت النفيس ص 82-83حكم حمل المصحف المسجل على الأشرطة ظهر حديثا فى الأسواق أشرطة تسجيل مسجل فيها القرأن الكريم بأكملة يكون المصحف من عشرين شريطا تقريبا فهل حكم هذا المصحف كحكم المصحف المكتوب؟ الذى أرى أن التسجيل على الشريط يحصل بأحرف منقوشة تثبت على الشريط وعلى هذا فيكون له حكم المصحف وقد قامت بعض الجمعيات فى مصر بتسجيل هذا المصحف بقراآت مجودة وأصوات جميلة على أسطوانات خاصة وعلى أشرطة كاسيت وتسمى مصحفا وأعتقد أن له حكم المصحف والأحوط للمسلم أن يحتاط فإن قيل إن التسجيل هذا إنما هو الصدى وقد سجل للسماع لا للقراءة؟ إنه فعلا صدى ولكنا لو نظرنا إلى القصد من الأذان حقيقة أليس هو الإعلام؟ وقد حصل به. ولبعض الفقهاء أقوال تعبروا عن أرائهم ومفاهيمهم وليس من الضرورى قبولها كقولهم لو نظر إنسان إلى صورة امرأة فى مرأة فيجوز له النظرإليها إنما ينظر إلى الصورة فى المرأة حتى ولو كانت عارية فمثل هذا الكلام نظر ومن الصعب على النفس تقلبه

Apa yang dimaksud :

والمراد بالمصحف كل ما كتب فيه شيئ من القرأن بقصد الدراسة 

Sehingga Software Al Qur'an bukan termasuk mushaf ??
Mang Guador > Coba fahami ibaroh ما كتب sesuatu (benda apapun) yang ditulis padanya tulisan al-quran. Seandainya ada orang yg mampu menulis al quran di air,itupun sama harus punya wudu memegangnya apabila di tulis dg niat dirosah. Jadi kita jangan mempermasalahkan alat media nya tapi tulisan al-quran nya
> Brojol Gemblung
Sebenarnya apa yang dinamakan mushaf mbah brojol ? Pertanyaan itu dijawab oleh Imam Nawawi Banten :

ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ، ﺻـ32 ، 
ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻤﺼﺤﻒ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻓﻴﻪ ﺷﻴﺊ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﺑﻘﺼﺪ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺔ ﻛﻠﻮﺡ ﺍﻭ ﻋﻤﻮﺩ ﺍﻭ ﺟﺪﺍﺭ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺷﻴﺊ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﻟﻠﺪﺭﺍﺳﺔ ﺍﻫـ 

Berarti kalau demikian teks qur`an yg ada di Hp, PC, dsb. Itu termasuk mushaf karena itu dipasang untuk dibaca bukan untuk pajangan ?
Saya menjawab : Tidak demikian, karena sebuah tulisan untuk bisa melahirkansebuah kategori haruslah melewati beberapa kriteria, sehingga secara definisi tulisan itu benar2 menjadi bagian dari kategori tersebut.

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ﺝ 10 ﺹ 479 :
ﻭَﻗَﻮْﻟُﻪُ" ﻛِﺘَﺎﺑَﺔً " ﻭَﺿَﺎﺑِﻂُ ﺍﻟْﻤَﻜْﺘُﻮﺏِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻛُﻞُّ ﻣَﺎ ﺛَﺒَﺖَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﺨَﻂُّ ﻛَﺮَﻕٍّ ﻭَﺛَﻮْﺏٍ ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﻛَﺘَﺐَ ﺑِﺤِﺒْﺮٍ ﺃَﻭْ ﻧَﺤْﻮِﻩِ ﻭَﻧَﻘَﺮَ ﺻُﻮَﺭَ ﺍﻟْﺄَﺣْﺮُﻑِ ﻓِﻲ ﺣَﺠَﺮٍ ﺃَﻭْ ﺧَﺸَﺐٍ ﺃَﻭْ ﺧَﻄَّﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ، ﻓَﻠَﻮْ ﺭَﺳَﻢَ ﺻُﻮﺭَﺗَﻬَﺎ ﻓِﻲ ﻫَﻮَﺍﺀٍ ﺃَﻭْ ﻣَﺎﺀٍ ﻓَﻠَﻴْﺲَ ﻛِﺘَﺎﺑَﺔً ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺬْﻫَﺐِ ﻛَﻤَﺎ ﻗَﺎﻟَﻪُ ﺍﻟﺰِّﻳَﺎﺩِﻱُّ .
Kang As'ad > setahun yg lalu di pesantren kami permasalahan ini di bahas dlm forum bahtsu, dan kesimpulan akhir dari masalah ini adalah: aplikasi al-Qur'an untuk hp/komputer, bukan merupakan mushaf tetapi dihukumi sebagai mushaf (wajib suci ketika memegangnya).
Memang demikian keputusan yang lebih bijak dalam menyikapi permasalahan ini, karena bagaimanapun juga teks qur`aniy yang tertampil di layar itu tidak masuk dalam kategori "kitabah". Namun LBM juga tidak mau sembrono dan tetap memuliakan al-Qur`an dg cara membuat sebuah opsi bahwa ketika teks itu ditampilkan maka harus dihormati. Namun kenyataan ini bukan berarti lantas menamakan hp atau cd itu sebagai mushaf. Oleh karenanya para musyawirin menjadikan 'ibaroh Yaqut al-Nafis  karya Habib Muhammad asy-Syathiri sebagai pijakan dalam opsi ini.

Mungkin yg benar adalah, ketika hp itu dihidupkan dan ditampilkan teks qur`ani tersebut maka tidak diperbolehkan membawanya ke tempat yang tidak terhormat.
Kalau hp-nya mati (teksnya tidak tertampil / file qur`an itu tidak di buka) maka membawa hp itu ke mana aja boleh karena gak ada hal yg perlu dihormati dalam keadaan seperti itu.

> Ubaid Bin Aziz Hasanan
Hukumnya khilaf, sebagaimana rumusan hasil diskusi di Group FK :
Software dan aplikasi aur'an, apakah dihukumi sama seperti mushaf al qur'an?
Pertanyaan :
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Ustadz-ustadz FK dan Kang-kang, saya mau nanya;
Apakah Software dan aplikasi qur'an yang ada dikomputer, laptop atau hape dihukumi seperti al-qur'an sehingga kalau memegangnya harus suci dari hadats?
( Dari : El Muhdy, Ahmed Machfudh, Muhammad Afif Al-habsyi dan Je M'appelle Aniez )

Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh. Berdasarkan hasil keputusan kajian bahtsul masa'il dan fatwa ulama' kontemporer, Software dan aplikasi Al Qur'an yang ada didalam komputer atau hape tidak dikategorikan mushaf, karena tulisan yang berupa ayat-ayat al qur'an yang nampak pada layar adalah pancaran sinar yang sifatnya tidak tetap, bisa nampak dan hilang, sementara kriteria sesuatu benda dihukumi mushaf apabila tulisan yang ada disitu tujuannya untuk dirasah (belajar) dan berbentuk tulisan yang sifatnya tetap, selain itu pada umumnya komputer, laptop atau hape berisi bermacam-macam file, sedangkan software atau aplikasi qur'an filenya tidak terlalu besar, jadi software atau aplikasi tersebut hanyalah bagian kecil dari file-file, software-software dan aplikasi yang ada pada komputer, laptop atau hape.

Pendapat berbeda dikemukakan oleh Syekh Ahmad Asy-Syatiri dalam kitab beliau "Syarah Al-Yaqutun Nafis", dalam pembahasan hukum membawa kaset yang berisi rekaman bacaan al qur'an beliau menyatakanbahwa kaset tersebut dihukumi seperti mushaf al qur'an, alasannya meskipun itu hanya berisi suara yang tujuannya untuk didengar, bukan untuk dibaca tapi intinya sama dengan al qur'an, dan menurut beliau pendapat ini adalah pendapat yang ahwath (lebih berhgati-hati) Pemahaman yang diambil dari keterangan beliau, jika kaset yang hanya berisi bacaan al qur'an saja dihukumi mushaf apalagi software atau aplikasi yang ada tulisannya dan memang ditujukan untuk dibaca.  

Kesimpulannya, berdasarkan keputusan bahtsul masa'il software dan aplikasi qur'an tidak dihukumi mushaf, sedangkan menurut Syekh Ahmad Syathiri dihukumi mushaf. Jadi apabila kita mengikuti pendapat yang menyatakan bahwa software dan aplikasi tersebut tidak dihukumi mushaf maka bagi orang yang sedang berhadats diperbolehkan memegang dan membawa laptop atau hape yang sudah diinstal software atau aplikasi qur'an didalamnya tanpa diharuskan wudhu atau mandi besar terlebih dahulu. Wallohu a'lam.
( Dijawab oleh : Danial Al Marqo, Mazz Rofii, Muhammad FatkhuroziRozi, Muh KHolili Aby Fitry, Kudhung Kanthil Harsandi Muhammad, Siroj Munir dan  Farid Muzakki )

Referensi :1. Nihayatuz Zain,  Hal : 322. Al Bujairami Alal Khotib,  Juz : 3  Hal : 4983. Nihayatul Muhtaj, Juz : 1 Hal : 1244. Al Islam Su'al Wal Jawab, Fatwa no. 106961http://islamqa.info/ar/ref/1069615. Syarah Al Yaqutun Nafis, Hal : 82-83

 Ibarot :Nihayatuz Zain, Hal : 32

ورابعها مس المصحف ولو بحائل ثخين حيث عد ماسا له عرفا والمراد بالمصحف كل ما كتب فيه شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمود أو جدار كتب عليه شيء من القرآن للدراسة فيحرم مسه مع الحدث حينئذ سواء

Al-Bujairamiy ‘alâ al-Khathib,  Juz : 3  Hal : 498

وقوله " كتابة " وضابط المكتوب عليه كل ما ثبت عليه الخط كرق وثوب سواء كتب بحبر أو نحوه ونقر صور الأحرف في حجر أو خشب أو خطها على الأرض، فلو رسم صورتها في هواء أو ماء فليس كتابة في المذهب كما قاله الزيادي

Nihayatul Muhtaj, Juz : 1 Hal : 124

وليس من الكتابة ما يقص بالمقص على صورة حرف القرآن من ورق أو قماش فلا يحرم مسه، وينبغي أن يكون بحيث يعد لوحا للقرآن عرفا، فلو كبر جدا كباب عظيم فالوجه عدم حرمة مس الخالي منه عن القرآن، ويحتمل أن حمله كحمل المصحف في أمتعة

Al Islam Su'al Wal Jawab, Fatwa no. 106961

قراءة القرآن من الجوال هل يشترط لها الطهارة؟

السُّؤَالُ
يوجد في بعض الجوالات برامج للقرآن تستطيع أن تتصفح منها القرآن في أي وقت على شاشة الجوال، فهل يلزم قبل القراءة من الجوال الطهارة ؟

الْجَوَابُ
الحمد لله هذه الجوالات التي وضع فيها القرآن كتابة أو تسجيلا، لا تأخذ حكم المصحف، فيجوز لمسها من غير طهارة، ويجوز دخول الخلاء بها، وذلك لأن كتابة القرآن في الجوال ليس ككتابته في المصاحف، فهي ذبذبات تعرض ثم تزول وليست حروفا ثابتة، والجوال مشتمل على القرآن وغيره

Syarah Al Yaqutun Nafis, Hal : 82-83

حكم حمل المصحف المسجل على الأشرطة
ظهر حديثا فى الأسواق أشرطة تسجيل مسجل فيها القرآن الكريم بأكملة يكون المصحف من عشرين شريطا تقريبا فهل حكم هذا المصحف كحكم المصحف المكتوب ؟ الذي أرى أن التسجيل على الشريط يحصل بأحرف منقوشة تثبت على الشريط وعلى هذا فيكون له حكم المصحف وقد قامت بعض الجمعيات فى مصر بتسجيل هذا المصحف بقرآات مجودة وأصوات جميلة علي أسطوانات خاصة وعلى أشرطة كاسيت وتسمى مصحفا وأعتقد أن له حكم المصحف والأحوط للمسلم أن يحتاط فإن قيل إن التسجيل هذا إنما هو الصدى وقد سجل للسماع لا للقراءة ؟ إنه فعلا صدى ولكنا لو نظرنا الى القصد من الأذان حقيقة أليس هو الإعلام ؟ وقد حصل به ؟ ولبعض الفقهاء أقوال تعبروا عن أرائهم ومفاهيمهم وليس من الضرورى قبولها كقولهم لو نظر إنسان الى صورة امرأة فى مرآة فيجوز له النظر اليها إنما ينظر الى الصورة فى المرآة حتى ولو كانت عارية فمثل هذا الكلام نظر ومن الصعب على النفس تقلبه
Sumber :
> Hasyim Toha 
Kesimpulan : Software Al-Qur'an digital yang ada pada HP / PC / CD / DVD /FLASHDISK dll... tidak termasuk mushaf... namun ketika diaktifkan tetap harus dihormati sebagaimana al-Qur'an, semisal ketika dihidupkan tidak boleh dibawa ke dalam wc.. dll, tapi tidak wajib punya wudhu' untuk menyentuhnya sebab bukan mushaf.

LINK DISKUSI :
DOKUMEN FB :