Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6151. BERKUMUR & ISTINSYAK DILAKUKAN BERSAMAAN SAAT BERWUDHU ?

PERTANYAAN :


Assalamualaikum. Pernah dengAr dulu waktu ngaji setengah ngantuk : Bahwasanya saat berwudhu, afdholnya berkumur dan istinsyak bersamaan / berbarengan. Tidak terpisah. Itu kalau boleh tahu dalam kitab apa ya ? Atau memang saya yang ngantuk jadi salah dengar ? terimakasih. [Siti Hidayah].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalām. Istinsyaq itu menghisap air ke hidung lalu mengeluarkannya lagi. Istinsyaq lebih utama dibarengkan dengan berkumur saat berwudhu.
الفقه الاسلامي وادلته
ويرى الشافعية في الأصح أن الترتيب فيهما مستحق لا مستحب، بعكس تقديم اليمنى على اليسرى. والأظهر كما قال النووي في المنهاج: تفضيل الجمع على الفصل بين المضمضة والاستنشاق، بثلاث غرف، يتمضمض من كلٍ، ثم يستنشق، أي أن الجمع بغرفة لكليهما أفضل من فصلهما للأخبار الصحيحة في ذلك (٣).

Ulama madzhab Syafi'i mengatakan bahwa menurut pendapat yang ashah, tartib pada kedua perbuatan tersebut (ber-kumur dan istinsyaq) merupakan sesuatu yang perlu, bukan sekadar perbuatan yang dianjurkan saja. Hal ini berbeda dengan mendahulukan tangan kanan atas tangan kiri.

Menurut pendapat yang azhhar seperti yang dikatakan oleh an-Nawawi dalam kitab al- Minhaj, madhmadhah (berkumur) dan berstinsyaq, yang dilakukan secara serentak adalah diutamakan daripada melakukan keduanya secara sendiri-sendiri (dengan air yang berbeda).

Cara-nya adalah tiap satu dari tiga gayungan air hendaklah digunakan untuk madhmadhoh terlebih dahulu, kemudian digunakan juga untuk ber-istinsyaq. Yaitu, menggabung-kan keduanya dengan segayung air di tangan merupakan perbuatan yang lebih afdhal daripada memisahkannya. Hal ini karena terdapat beberapa hadits yangs shahih yang menjelaskan tentang hal ini.

Maksudnya memang bukan bersamaan bareng greng antara berkumur dan istinsyaq, namun tetap berkumur dulu, bersamaan yang dimaksud hanya dalam satu kali pengambilan air nya yang digunakan untuk berkumur sebagian dan sekaligus sisanya digunakan untuk dihisap ke dalam hidung, lihat :

. والأظهر كما قال النووي في المنهاج: تفضيل الجمع على الفصل بين المضمضة والاستنشاق، بثلاث غرف، يتمضمض من كلٍ، ثم يستنشق،
Fokus:
يتمضمض من كلٍ، ثم يستنشق،

Wallohu a'lam. [Hambo Lemah, Umronuddin, Mas Opank, Anake Garwane Pake].

Referensi :
فتح القريب المجيب 
والجمع بين المضمضة والاستنشاق بثلاث غرف يتمضمض من كل منها ثم يستنشق أفضل من الفصل بينهما.
Fokus :
يتمضمض من كل منها ثم يستنشق

ﻭاﻟﻤﻀﻤﻀﺔ) ﺑﻌﺪ ﻏﺴﻞ اﻟﻜﻔﻴﻦ. ﻭﻳﺤﺼﻞ ﺃﺻﻞ اﻟﺴﻨﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﺈﺩﺧﺎﻝ اﻟﻤﺎء ﻓﻲ اﻟﻔﻢ ﺳﻮاء ﺃﺩاﺭﻩ ﻓﻴﻪ ﻭﻣﺠﻪ ﺃﻡ ﻻ؛ ﻓﺈﻥ ﺃﺭاﺩ اﻷﻛﻤﻞ ﻣﺠﻪ ﻭاﻻﺳﺘﻨﺸﺎﻕ) ﺑﻌﺪ اﻟﻤﻀﻤﻀﺔ. ﻭﻳﺤﺼﻞ ﺃﺻﻞ اﻟﺴﻨﺔ ﻓﻴﻪ ﺑﺈﺩﺧﺎﻝ اﻟﻤﺎء ﻓﻲ اﻷﻧﻒ، ﺳﻮاء ﺟﺬﺑﻪ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﺇﻟﻰ ﺧﻴﺎﺷﻴﻤﻪ ﻭﻧﺜﺮﻩ ﺃﻡ ﻻ؛ ﻓﺈﻥ ﺃﺭاﺩ اﻷﻛﻤﻞ ﻧﺜﺮﻩ. ﻭاﻟﻤﺒﺎﻟﻐﺔ ﻣﻄﻠﻮﺑﺔ ﻓﻲ اﻟﻤﻀﻤﻀﺔ ﻭاﻻﺳﺘﻨﺸﺎﻕ. ﻭاﻟﺠﻤﻊ ﺑﻴﻦ اﻟﻤﻀﻤﻀﺔ ﻭاﻻﺳﺘﻨﺸﺎﻕ ﺑﺜﻼﺙ ﻏﺮﻑ ﻳﺘﻤﻀﻤﺾ ﻣﻦ ﻛﻞ ﻣﻨﻬﺎ ﺛﻢ ﻳﺴﺘﻨﺸﻖ ﺃﻓﻀﻞ ﻣﻦ اﻟﻔﺼﻞ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/3909529719069807