Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

6038. Sebenarnya Surat Al-Falaq itu Makiyah atau Madaniyah ?

PERTANYAAN :


Assalamualaikum. Dalam tafsir jalalain disebutkan Surat alfalaq dan annaas termasuk surat makiyah atau madaniyah. Mohon perincian masing-masing pendapat tersebut dan sertakan ibarohipun. (Ayah Aqeela).



JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Dalam tafsir Qurthubi diterangkan bahwa dalam masalah ini ulama berbeda pandapat. Menurut pendapat Hasan, Ikrimah, Atho' dan Jabir bahwa surat Al Falaq merupakan Makiyah. Namun menurut salah satu pendapat dari Ibnu Abbas dan Qotadah bahwa surat Al Falaq adalah Madaniyah. Tetapi dalam Al Itqan Imam Suyuthi lebih memilih bahwa surat Al Falaq dan An Nas adalah Madaniyah karena kedua surat tersebut turun berkaitan dengan sihir yg dilakukan oleh Labid bin Al A'shom (di Madinah).

Dalam Tafsir ibn Katsir, al-Falaq termasuk surat Makkiyyah. Abu Bakar ibnul Anbari mengatakan: telah menceritakan kepada kami Ismail ibnu Ishaq Al-Qadhi, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Minhal, telah menceritakan kepada kami Hammam, dari Qatadah yang pernah mengatakan bahwa surat² yang diturunkan di Madinah ialah:
1) Al-Baqarah
2) Ali Imran
3) An-Nisa
4) Al-Maidah
5) Baraah (At-Taubah)
6) Ar-Ra'd
7) An-Nahl
8) Al-Hajj
9) An-Nur
10) Al-Ahzab
11) Muhammad
12) Al-Fath
13) Al-Hujurat
14) Ar-Rahman
15) Al-Hadid
16) Al-Mujadilah
17) Al-Hasyr
18) Al-Mumtahanah
19) Ash-Shaff
20) Al-Jumu'ah
21) Al-Munafiqun
22) At-Taghabun dan
23) At-Thalaq serta ayat: Hai Nabi, mengapa engkau mengharamkan apa yang Allah menghalalkannya (At-Tahrim: 1), sampai dengan permulaan ayat yang kesepuluh, juga surat Az-Zalzalah dan An-Nasr.
Semua surat yang disebut di atas diturunkan di Madinah, sedangkan surat² lainnya diturunkan di Mekah. Wallohu a'lam. (Faisol Tantowi, Ishadi Syahada).

Referensi :
ابن كثير، تفسير ابن كثير ط العلمية، ١٥/١
قَالَ أَبُو بَكْرِ بْنُ الْأَنْبَارِيِّ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بن إسحاق القاضي حدثنا حجاج بن منهال حدثنا هَمَّامٍ عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: نَزَلَ فِي الْمَدِينَةِ مِنَ الْقُرْآنِ الْبَقَرَةُ وَآلُ عِمْرَانَ وَالنِّسَاءُ وَالْمَائِدَةُ وَبَرَاءَةُ وَالرَّعْدُ وَالنَّحْلُ وَالْحَجُّ وَالنُّورُ وَالْأَحْزَابُ وَمُحَمَّدٌ والفتح والحجرات والرحمن والحديد والمجادلة والحشر والممتحنة والصف والجمعة وَالْمُنَافِقُونَ وَالتَّغَابُنُ وَالطَّلَاقُ وَيَا أَيُّهَا النَّبِيُّ لِمَ تُحَرِّمُ [سورة التحريم] إلى رَأْسِ الْعَشْرِ وَإِذَا زُلْزِلَتْ وإِذا جاءَ نَصْرُ اللَّهِ هؤلاء السور نزلت بالمدينة وسائر السور بمكة.

- Tafsir Qurthubi, Juz 22 hal 567:
وهي مكية في قول الحسن وعكرمة وعطاء وجابر، ومدنية في أحد قولي ابن عباس وقتادة.

- Al Itqon Fii Ulumil Qur'an Hal 27:
المعوذتان المختار أنهما مدنيتان، لأنهما نزلتا في قصة سحر لبيد بن الأعصم، كما أخرجه البيهقي في الدلائل. انتهى.

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/3810888295600617/