Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5842. MENDOAKAN SESEORANG AGAR CEPAT MATI

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum wr wb. Berdoa seperti ini "mudah mudahan si Fulan mati" hukumnya apa tadz? Haram, makruh atau apa? Suwun. [Oem Mito Bae].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Mendo'akan jelek terhadap orang mukmin dengan do'a selain kekufuran, hukumnya ditafshil;
1. Jika yang dido'akan sebelumnya tidak berbuat dholim kepadanya atau kepada orang lain, mendo'akan jelek terhadapnya hukumnya haram.
2. Jika yang dido'akan sebelumnya berbuat dholim kepadanya atau kepada orang lain, ia boleh mendo'akan jelek terhadapnya sebatas perbuatan dholimnya, dan tidak boleh melebihi batas tersebut.
Wallohu a'lam. [Umronuddin, Ahmad Nasih Zayn].

Ibarot :

Tafsir Firman Allah dalam surat Annisa' 148 : 

حاشية الصاوي على تفسير الجلالين 1/340 دار الكتب العلمية
(لا يحب اللّٰه الجهر بالسوء من القول) من أحد أي يعاقب عليه (إلا من ظلم) فلا يؤاخذه بالجهر به بأن يخبر عن ظلم ظالمه ويدعو عليه (وكان اللّٰه سميعا) لما يقال (وعليما) بما يفعل.

Tafsir Firman Allah SWT : (Allah tidak menyukai ucapan buruk yang diucapkan dengan terus terang) dari siapapun, dan Allah akan memberikan balasan kepadanya, (kecuali oleh orang yang dianiaya) misalnya seperti seseorang yang mengabarkan tentang kedzaliman dari orang yang telah dzalim terhadapnya dan mendo'akannya keburukan, maka tidaklah berdosa baginya, (dan Allah Maha Mendengar) terhadap segala apa yang diucapkan, (serta Maha Mengetahui) kepada segala sesuatu yang diperbuat.

إعانة الطالبين 4/153 الحرمين
(تنبيه) قال فى المغنى يجوز للمظلوم أن يدعو على ظالمه كما قاله الجلال السيوطى فى تفسير قوله تعالى - لا يحب اللّٰه الجهر بالسوء من القول إلا من ظلم - قال بأن يخبر عن ظلم ظالمه ويدعو عليه اهـ.

(Tanbihun) Shahibul Mughni Berkata : "Orang yang terdzalimi itu diperbolehkan untuk mendo'akan keburukan terhadap orang yang mendzalimi, sebagaimana yang telah dikatakan oleh al Jalal as Suyuti dalam menafsiri Firman Allah SWT Surat Annisa' 148 dalam tafsirnya di atas."

بريقة محمودية
(وَأَمَّا) (الدُّعَاءُ عَلَيْهِ) أَيْ عَلَى الْمُؤْمِنِ (بِغَيْرِهِ) أَيْ غَيْرِ الْكُفْرِ (فَإِنْ لَمْ يَكُنْ ظَالِمًا لَهُ) أَوْ لِغَيْرِهِ (فَلَا يَجُوزُ) وَيَحْرُمُ (وَإِنْ كَانَ) ظَالِمًا (فَيَجُوزُ بِقَدْرِ ظُلْمِهِ وَلَا يَجُوزُ التَّعَدِّي) عَنْهُ 
 والله سـبحانه وتعالى أعلم. 

LINK ASAL :