Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

5536. Apa Perbedaannya Tafwidh, Taslim dan Tawakal ?

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum wr. wb. Mohon penjelasannya, apa perbedaannya kata ุชูˆูƒู„..ุชุณู„ูŠู…..ุชููˆูŠุถ [Al-faz M Farid Farid].
Terima kasih admin sudah diperkenankan gabung. Ndalem punya pertanyaan : Apa perbedaannya Tafwidh dan Tawakal ? Pengapunten, bahasanya campur kode. Ditunggu jawabannya. Matursuwun. [Rhaa].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Syaikh Abu Ali Ad Daqqoq berkata : " Tawakkal itu ada 3 derajat, yaitu Tawakkal kemudian Taslim kemudian Tafwidl. Orang yang bertawakkal tenang pada janji-Nya, orang yang taslim merasa cukup dengan ilmu-Nya dan orang yang tafwidl ridlo dengan hukum-Nya. Tawakkal adalah permulaan, taslim adalah pertengahan dan tafwidl adalah puncaknya. Tawakkal adalah sifatnya mukminin, taslim adalah sifatnya para wali dan tafwidl adalah sifatnya muwahhidin."

Tawakkal Adalah titik permulaan dari berbagai hรขl yang khusus berhubungan dengan perintah atau perjalanan rohani, dengan menyandarkan diri kepada Allah dan bersikap percaya penuh (tsiqah) kepada-Nya; kemudian dilanjutkan dengan menggetakkan hati dalam kawasan keberlepasan diri dari segala bentuk kekuatan dan daya manusia. Hasil dari tawakal adalah: mengalihkan segala sesuatu kepada sang Mahakuasa yang kekuasaan-Nya absolut dan tercapainya penyandaran diri secara total kepada Allah secara spiritual di akhirnya. 

Setelah tawakal, yang muncul kemudian adalah "taslรฎm", setelah itu muncullah "tafwรฎdh", dan ujungnya adalah "tsiqah".

Tawakal berarti: penyandaran hati kepada Allah mempercayai-Nya sepenuhnya, serta kesadaran hati untuk melarikan diri dari pengawasan kekuatan dan sumber manapun. Jika penyandaran diri dan kepercayaan penuh seperti ini belum tercapai, maka seorang hamba tidak dapat disebut sudah bertawakal. Selain itu, seorang hamba juga tidak akan pernah dapat mencapai tawakal yang sejati, selama pintu-pintu hatinya masih terbuka bagi yang selain Allah s.w.t..

Tawakal harus dilakukan dengan tetap memberi perhatian pada ikhtiyar dan tanpa meninggalkan ikhtiyar yang ada di kawasan al-asbรขb. Barulah setelah itu kita harus menunggu gerakan takdir yang bersifat absolut terhadap kita semua. Dua langkah setelah tawakal, terdapat tahapan "taslรฎm" yang oleh para Ahl al-Haqq didefinisikan sebagai "sikap berserah diri seperti layaknya mayit di tangan orang yang memandikannya". Setelah itu, terdapat maqam "tafwรฎdh" yang artinya adalah: Mengalihkan segala sesuatu kepada Allah ta'ala dan menunggu segala sesuatu dari-Nya.

Jadi, tawakal adalah titik permulaan, sementara taslรฎm adalah hasilnya, dan tafwรฎdh adalah buahnya. Itulah sebabnya, tafwรฎdh lebih luas dari kedua maqam sebelumnya, dan ia layak bagi orang-orang yang sudah sampai di akhir, karena di dalam tafwรฎdh terkandung maqam yang melebihi maqam "keterlepasan manusia dari kekuatan dan daya yang dimilikinya" yang terdapat pada tahapan taslรฎm. Pada maqam inilah seseorang mencapai ufuk "lรข haula wa lรข quwwata illรข billรขh" (tiada daya dan tiada kekuatan melainkan hanya pada Allah), dan ia akan merasakan isi dari "Khazanah Tersembunyi" (Kanz Makhfi) di setiap saat, serta ia juga akan memiliki seluruh kekayaan yang ada di dalam surga.

Dengan kata lain: Seorang salik yang menempuh jalan kebenaran, selalu merasakan kelemahan dan kefakirannya karena ia selalu ingat pada titik istinรขd dan istimdรขd yang ada di dalam hatinya. Setelah ia memiliki kesadaran atas dua hal itu, ia pun berkata: "Hamba tak mampu berpaling dari-Mu. Raihlah tangan hamba wahai Ilahi...raihlah tangan hamba...", lalu ia bertawajuh menuju sang Sumber kekuatan, kehendak, dan keinginan.

Tawakal adalah sikap hamba untuk menjadikan Tuhannya sebagai tempatnya bergantung demi kemaslahatannya, baik pada urusan duniawi maupun ukhrawi. Adapun tafwรฎdh adalah istilah yang dipakai untuk menyebut pengakuan terhadap esensi yang ada di balik sikap tawakal dengan menggunakan perasaan hati.

Dengan kata lain: Tawakal adalah ketika seorang manusia bersandar kepada Allah dan segala yang dimiliki-Nya serta menutup semua pintu hati dari yang selain Dia. Kita juga mengatakan bahwa tawakal adalah membaktikan tubuh dalam ubudiyah dan mengaitkan hati dengan rububiyah.

Syihab bersyair tentang masalah ini:
Tawakal-lah kepada Rahman di segala urusan
Pasti tidak rugi orang yang bertawakal kepada-Nya
Jadilah orang percaya kepada Allah dan sabarlah atas ketetapan-Nya
Pasti kau raih segala anugerah yang kau harap dari-Nya.
( Madarijus Salikin -Ibn Al Qoyyim- 2/170 ). Wallohu a'lam.

Referensi :
- kitab maslakul atqiya' hal. 146, kitab ihya' 4/258, kitab sirojut tholibin :

ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุนู„ูŠ ุงู„ุฏู‚ุงู‚: ุงู„ุชูˆูƒู„ ุซู„ุงุซ ุฏุฑุฌุงุช: ุงู„ุชูˆูƒู„ ุซู… ุงู„ุชุณู„ูŠู… ุซู… ุงู„ุชููˆูŠุถ، ูุงู„ู…ุชูˆูƒู„ ูŠุณูƒู† ุฅู„ู‰ ูˆุนุฏู‡، ูˆุตุงุญุจ ุงู„ุชุณู„ูŠู… ูŠูƒุชููŠ ุจุนู„ู…ู‡، ูˆุตุงุญุจ ุงู„ุชููˆูŠุถ ูŠุฑุถู‰ ุจุญูƒู…ู‡، ูุงู„ุชูˆูƒู„ ุจุฏุงูŠุฉ ูˆุงู„ุชุณู„ูŠู… ูˆุงุณุทุฉ ูˆุงู„ุชููˆูŠุถ ู†ู‡ุงูŠุฉ، ูุงู„ุชูˆูƒู„ ุตูุฉ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ูˆุงู„ุชุณู„ูŠู… ุตูุฉ ุงู„ุฃูˆู„ูŠุงุก ูˆุงู„ุชููˆูŠุถ ุตูุฉ ุงู„ู…ูˆุญุฏูŠู†

ุงู„ู…ูˆุณูˆุนุฉ ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ ุงู„ูƒูˆูŠุชูŠุฉ
ุชَูˆَูƒُّู„ٌ
ุงู„ุชَّุนْุฑِูŠูُ:
ูก - ุงู„ุชَّูˆَูƒُّู„ ูِูŠ ุงู„ู„ُّุบَุฉِ: ุฅِุธْู‡َุงุฑُ ุงู„ْุนَุฌْุฒِ ูˆَุงู„ุงِุนْุชِู…َุงุฏُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุบَูŠْุฑِ ูˆَุงู„ุชَّูْูˆِูŠุถُ ูˆَุงู„ุงِุณْุชِุณْู„ุงَู…ُ، ูˆَุงู„ุงِุณْู…ُ ู…ِู†ْู‡ُ ุงู„ْูˆَูƒَุงู„َุฉُ. ูŠُู‚َุงู„: ูˆَูƒَّู„ ุฃَู…ْุฑَู‡ُ ุฅِู„َู‰ ูُู„ุงَู†ٍ ุฃَูŠْ ูَูˆَّุถَู‡ُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ، ูˆَุงุนْุชَู…َุฏَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูِูŠู‡ِ، ูˆَุชَูˆَูƒَّู„ ุนَู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงุนْุชَู…َุฏَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَูˆَุซِู‚َ ุจِู‡ِ، ูˆَุงุชَّูƒَู„ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูِูŠ ุฃَู…ْุฑِู‡ِ ูƒَุฐَู„ِูƒَ. ูˆَุงู„ุชَّูˆَูƒُّู„ ุฃَูŠْุถًุง ู‚َุจُูˆู„ ุงู„ْูˆَูƒَุงู„َุฉِ، ูŠُู‚َุงู„ ูˆَูƒَّู„ْุชُู‡ُ ุชَูˆْูƒِูŠู„ุงً ูَุชَูˆَูƒَّู„. (ูก)
ูˆَูِูŠ ุงู„ุดَّุฑِูŠุนَุฉِ ูŠُุทْู„َู‚ُ ุงู„ุชَّูˆَูƒُّู„ ุนَู„َู‰ ุงู„ุซِّู‚َุฉِ ุจِุงَู„ู„َّู‡ِ ูˆَุงู„ุฅِْูŠู‚َุงู†ِ ุจِุฃَู†َّ ู‚َุถَุงุกَู‡ُ ู…َุงุถٍ، ูˆَุงุชِّุจَุงุนٍ ู„ِุณُู†َّุฉِ ู†َุจِูŠِّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูِูŠ ุงู„ุณَّุนْูŠِ ูِูŠู…َุง ู„ุงَ ุจُุฏَّ ู„َู‡ُ ู…ِู†ْู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ุฃَْุณْุจَุงุจِ. (ูข)
ุชَุณْู„ِูŠู…ٌ
ุงู„ุชَّุนْุฑِูŠูُ:
ูก - ู…ِู†ْ ู…َุนَุงู†ِูŠ ุงู„ุชَّุณْู„ِูŠู…ِ ูِูŠ ุงู„ู„ُّุบَุฉِ: ุงู„ุชَّูˆْุตِูŠู„، ูŠُู‚َุงู„ ุณَู„َّู…َ ุงู„ْูˆَุฏِูŠุนَุฉَ ู„ِุตَุงุญِุจِู‡َุง: ุฅِุฐَุง ุฃَูˆْุตَู„َู‡َุง ูَุชَุณَู„َّู…َ ุฐَู„ِูƒَ، ูˆَุฃَุณْู„َู…َ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุดَّูŠْุกَ: ุฏَูَุนَู‡ُ. ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุงู„ุณَّู„َู…ُ، ูˆَุชَุณَู„َّู…َ ุงู„ุดَّูŠْุกَ: ู‚َุจَุถَู‡ُ ูˆَุชَู†َุงูˆَู„َู‡ُ. ูˆَุณَู„َّู…ْุชُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุดَّูŠْุกَ ูَุชَุณَู„َّู…َู‡ُ: ุฃَูŠْ ุฃَุฎَุฐَู‡ُ. ูˆَุณَู„َّู…َ ุงู„ุดَّูŠْุกَ ู„ِูُู„ุงَู†ٍ: ุฃَูŠْ ุฎَู„َّุตَู‡ُ. ูˆَุณَู„َّู…َู‡ُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ: ุฃَุนْุทَุงู‡ُ ุฅِูŠَّุงู‡ُ. ูˆَุณَู„َّู…َ ุงู„ุฃَْุฌِูŠุฑُ ู†َูْุณَู‡ُ ู„ِู„ْู…ُุณْุชَุฃْุฌِุฑِ: ู…َูƒَّู†َู‡ُ ู…ِู†ْ ู…َู†ْูَุนَุฉِ ู†َูْุณِู‡ِ ุญَูŠْุซُ ู„ุงَ ู…َุงู†ِุนَ. ูˆَุงู„ุชَّุณْู„ِูŠู…ُ ุจَุฐْู„ ุงู„ุฑِّุถَู‰ ุจِุงู„ْุญُูƒْู…ِ.
ูˆَุงู„ุชَّุณْู„ِูŠู…ُ: ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ، ูˆَุณَู„َّู…َ ุงู„ْู…ُุตَู„ِّูŠ: ุฎَุฑَุฌَ ู…ِู†َ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉِ ุจِู‚َูˆْู„ِู‡ِ: ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ. ูˆَุณَู„َّู…َ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู‚َูˆْู…ِ: ุญَูŠَّุงู‡ُู…ْ ุจِุงู„ุณَّู„ุงَู…ِ، ูˆَุณَู„َّู…َ: ุฃَู„ْู‚َู‰ ุงู„ุชَّุญِูŠَّุฉَ، ูˆَุณَู„َّู…َ ุนَู„َูŠْู‡ِ: ู‚َุงู„ ู„َู‡ُ: ุณَู„ุงَู…ٌ ุนَู„َูŠْูƒَ. (ูก)
ูˆَู„ุงَ ูŠَุฎْุฑُุฌُ ู…َุนْู†َู‰ ุงู„ุชَّุณْู„ِูŠู…ِ ูِูŠ ุงุตْุทِู„ุงَุญِ ุงู„ْูُู‚َู‡َุงุกِ ุนَู†ِ ุงู„ْู…َุนَุงู†ِูŠ ุงู„ْู…َุฐْูƒُูˆุฑَุฉِ.
ุชَูْูˆِูŠุถٌ
ุงู„ุชَّุนْุฑِูŠูُ:
ูก - ุงู„ุชَّูْูˆِูŠุถُ ู„ُุบَุฉً ู…َุตْุฏَุฑُ ูَูˆَّุถَ، ูŠُู‚َุงู„: ูَูˆَّุถْุชُ ุฅِู„َู‰ ูُู„ุงَู†ٍ ุงู„ุฃَْู…ْุฑَ ุฃَูŠْ ุตَูŠَّุฑْุชُู‡ُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ูˆَุฌَุนَู„ْุชُู‡ُ ุงู„ْุญَุงูƒِู…َ ูِูŠู‡ِ. (ูก) ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุญَุฏِูŠุซُ ุงู„ْูَุงุชِุญَุฉِ ูَูˆَّุถَ ุฅِู„َูŠَّ ุนَุจْุฏِูŠ (ูข) ูˆَุงุตْุทِู„ุงَุญًุง ูŠُุณْุชَุนْู…َู„ ูِูŠ ุจَุงุจِ ุงู„ู†ِّูƒَุงุญِ. ูŠُู‚َุงู„: ูَูˆَّุถَุชِ ุงู„ْู…َุฑْุฃَุฉُ ู†ِูƒَุงุญَู‡َุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ุฒَّูˆْุฌِ ุญَุชَّู‰ ุชَุฒَูˆَّุฌَู‡َุง ู…ِู†ْ ุบَูŠْุฑِ ู…َู‡ْุฑٍ، ูˆَู‚ِูŠู„: ูَูˆَّุถَุชْ ุฃَูŠْ ุฃَู‡ْู…َู„َุชْ ุญُูƒْู…َ ุงู„ْู…َู‡ْุฑِ، ูَู‡ِูŠَ ู…ُูَูˆِّุถَุฉٌ (ุจِูƒَุณْุฑِ ุงู„ْูˆَุงูˆِ) ู„ِุชَูْูˆِูŠุถِู‡َุง ุฃَู…ْุฑَู‡َุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ุฒَّูˆْุฌِ ุฃَูˆِ ุงู„ْูˆَู„ِูŠِّ ุจِู„ุงَ ู…َู‡ْุฑٍ.
ูˆَู…ُูَูˆَّุถَุฉٌ (ุจِูَุชْุญِ ุงู„ْูˆَุงูˆِ) ู…ِู†ْ ูَูˆَّุถَู‡َุง ูˆَู„ِูŠُّู‡َุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ุฒَّูˆْุฌِ ุจِู„ุงَ ู…َู‡ْุฑٍ. (ูฃ)
ูˆَู‡ُูˆَ ูِูŠ ุจَุงุจِ ุงู„ุทَّู„ุงَู‚ِ: ุฌَุนَู„ ุฃَู…ْุฑَ ุทَู„ุงَู‚ِ ุงู„ุฒَّูˆْุฌَุฉِ ุจِูŠَุฏِู‡َุง (ูค) .

Lihat juga :

LINK ASAL :
web.fb.com/groups/pis-ktb/2203149369707859
web.fb.com/groups/piss.ktb/2210180132338116