Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5408. KAJIAN KITAB AHWALUL QUBUR KARYA AL HAFIDZ IBNU ROJAB (Bagian 6)

KAJIAN KITAB AHWALUL QUBUR KARYA AL HAFIDZ IBNU ROJAB (Bagian 6)
Lanjutan Bab Pertama (3)

وخرج الإمام أحمد وابن ماجه من حديث أبي هريرة أيضا عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إن الميت يصير إلى القبر فيجلس الرجل الصالح في قبره غير فزع ولا مشغوف ثم يقال له فيم كنت فيقول كنت في الإسلام فيقال له ما هذا الرجل فيقول محمد رسول الله صلى الله عليه وسلم جاءنا بالبينات من عند الله فصدقناه فيقال له هل رأيت الله فيقول ما ينبغي لأحد أن يرى الله فيفرج له فرجه قبل النار فينظر إليها يحطم بعضها بعضا فيقال له انظر إلى ما وقاك الله ثم يفرج له فرجه قبل الجنة فينظر إلى زهرتها وما فيها فيقال له هذا مقعدك ويقال له على اليقين كنت وعليه مت وعليه تبعث إن شاء الله تعالى ويجلس الرجل السوء في قبره فزعا مشغوفا فيقال له فيم كنت فيقول لا أدري فيقال له ما هذا الرجل فيقول سمعت الناس يقولون قولا فقلته فيفرج له فرجه قبل الجنة فينظر إلى زهرتها وما فيها فيقال له: أنظر إلا ما صرف الله عنك ثم يفرج له فرجة قبل النار فينظر إليها يحطم بعضها بعضا فيقال له هذا مقعدك على الشك كنت وعليه مت وعليه تبعث إن شاء الله تعالى".

Imam Ahmad dan Imam Ibnu Majah menerbitkannya dari Abu Hurairoh juga dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : orang yang meninggal itu sebenarnya berpindah ke alam kubur, kemudian dia didudukkan sebagai lelaki sholeh tanpa takut dan tanpa beban.
kemudian dia ditanya : "apa agamamu? "
dia menjawab : "agamaku islam."
dia ditanya : "siapa lelaki ini?"
dia menjawab : "Muhammad utusan Allah yang telah datang kepada kami dengan membawa penjelasan dari-Nya dan kami membenarkannya."
ditanyakan kepadanya : "apakah engkau telah melihat Allah ?"
dia menjawab : "tidak sepantasnya seorang hamba melihat Allah."
kemudian dibukakan celah menghadap neraka , kemudian dia melihat neraka itu yang isinya satu dengan yang lainnya saling menghancurkan.
dikatakan kepadanya : "lihatlah pada perlindungan Allah yg telah dianugrahkan kepadamu."
kemudian dibukakan untuknya sebuah celah yang menghadap syurga, dari situ dia bisa melihat bunga-bunga yang indah dari syurga dan seluruh isinya yang serba mempesona.
kemudian di katakan kepadanya : "ini adalah tempat tinggalmu nanti"
dikatakan kepadanya : "di atas keyakinan engkau hidup dan mati, dan diatas keyakinan pula kelak engkau di bangkitkan, insya Allah.
"Sementara itu didudukkan pula lelaki yang jelek amalannya di dalam kubur dengan ketakutan dan penuh beban. lalu ditanyakan kepadanya : "apa agamamu?"
ia menjawab : "aku tidak tahu."
lalu ditanyakan kepadanya :"siapa lelaki ini?"
ia menjawab : "aku mendengar orang-orang berkata tentang sesuatu, lalu aku mengikutinya."
kemudian dibukakan untuknya sebuah celah menghadap syurga, lalu dia melihat bunga-bunga syurga beserta isinya yg mempesona.
dikatakan kepadanya :" lihatlah, bahwa tempat indah ini telah dijauhkan Allah darimu."
Selanjutnya dibuatkan celah yang menghadap neraka lalu ia dapat melihatnya. yang antara satu dengan yang lainnya saling menghancurkan.
kemudian dikatakan kepadanya : "inilah tempat tinggalmu karena engkau telah hidup dan mati di atas keragu-raguan. begitu pula nantinya engkau dibangkitkan, insya Allah ta'ala."

وخرج الطبراني من حديث أبي هريرة رضي الله عنه قال: شهدنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم جنازة فلما فرغ من دفنها وانصرف الناس قال نبي الله صلى الله عليه وسلم: إنه الآن يسمع خفق نعالهم أتاه منكر ونكير أعينهما مثل قدور النحاس وأنيابهما مثل صياصي البقر وأصواتهما مثل الرعد فيجلسانه فيسألانه ما كان يعبد ومن كان نبيه فإن كان ممن يعبد الله قال كنت أعبد الله ونبيي محمد صلى الله عليه وسلم جاءنا بالبينات والهدى فآمنا واتبعنا فذلك قول الله تعالى: {يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ} [إبراهيم: 27] ،الآية

Imam At tabrani menerbitkan dari haditsnya Abu Hurairoh rodliyallohu anhu berkata : " kami bersama Rasululloh shollallohu alaihi wasallam menyaksikan jenazah, ketika jenazah telah dikubur dan orang-orang pergi meninggalkannya Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : " sekarang mayat itu mendengar suara sendal mereka, dia didatangi oleh Munkar dan Nakir yang sorot matanya seperti kekuatan api yang meyala, taringnya seperti tanduk sapi dan suaranya seperti petir. keduanya duduk di hadapannya dan bertanya : " siapa yg biasanya kau sembah? siapa Nabimu? " jika dia orang yg memnyembah Allah maka menjawab : "saya dulu menyembah Allah dan Nabiku adalah Muhammad shollallohu alaihi wasallam yang telah datang kepada  kami dengan membawa penjelasan dan petunjuk lalu kami beriman dengannya dan mengikutinya."
Begitulah maksud dari firman Allah : "Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yg teguh itu di dalam kehidupan dunia dan akherat" (QS Ibrahim Ayat 27).

فيقال له: على اليقين حييت وعليه مت وعليه تبعث ثم يفتح له باب إلى الجنة ويوسع له في حفرته وإن كان من أهل الشك قال لا أدري سمعت الناس يقولون شيئا فقلته فيقال له على الشك حييت وعليه مت وعليه تبعث ثم يفتح له باب النار ويسلط عليه عقارب وتنانين لو نفخ أحدهم في الدنيا ما أنبتت شيئا تنهشه وتؤمر الأرض فتنضم حتى تختلف أضلاعه".

Kemudian dikatakan kepadanya : "engkau hidup di atas keyakinan yang benar maka di atas keyakinan yang benar pula engkau kelak dibangkitkan." Kemudian dibukakan untuknya pintu menuju syurga dan diluaskan baginya kuburannya. Jika termasuk golongan orang yang ragu tentunya ia akan menjawab : "aku tidak tahu, aku mendengar orang-orang berkata sesuaatu maka akupun mengucapkan nya." Dikatakan kepadanya : "engkau hidup di atas keragu-raguan, dan di atas keragu-raguan itulah kelak engkau di bangkitkan." Kemudian dibukakan baginya pintu neraka dan didatangkan padanya kalajengking dan ular naga, jikalau salah satunya meniup di dunia maka dunia tidak akan bisa menumbuhkan apapun. kala dan ular itu menggigitnya dan bumi diperintahkan untuk menghimpitnya hingga hancur tulang-tulang rusuknya."

وخرج الإمام أحمد من حديث جابر عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إن هذه الأمة تبتلى في قبورها فإذا دخل المؤمن قبره وتولى عنه أصحابه جاءه ملك شديد الانتهار فيقول له: ما كنت تقول في هذا الرجل؟ فيقول المؤمن: إنه عبد الله ورسوله فيقول له الملك: أنظر إلى مقعدك من النار قد أنجاك الله منه وأبدلك بمقعدك الذي ترى من الجنة فيراهما كليهما فيقول المؤمن: دعوني أبشر أهلي فيقال له أسكن

Imam Ahmad menerbitkan dari haditsnya Jabir dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda: "sesungguhnya umat ini di coba di dalam kuburnya, ketika orang beriman masuk kedalam kuburnya dan teman-temannya telah meninggalkannya, maka malaikat bentakannya sangat keras mendatanginya, dan berkata kepadanya : " bagaimana pendapatmu mengenai lelaki ini?" Orang beriman menjawab : "beliau adalah hamba Allah dan utusan-Nya." Malaikat berkata : "lihatlah tempat dudukmu di neraka, Allah telah menyelamatkanmu darinya dan menggantikan tempat tinggal untukmu yg dapat kau lihat di syurga." Orang beriman itu melihat kedua-duanya (syurga dan neraka) dan berkata : "biarkan aku pergi kedunia utk memberi kabar gembira kepada keluargaku." Dikatakan kepadanya : "tinggallah disini dengan tenang." Wallohu a'lam. [Ust.Nur Hamzah].

Bersambung...............

Baca kajian sebelumnya di sini: