Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5333. TAFSIR QS AL BAQARAH AYAT 29 : PENCIPTAAN BUMI DAN LANGIT

PERTANYAAN :

Assalaamu 'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh. Para kiyai tolong jelaskan tafsir surat Albaqoroh ayat 29, jangan lupa referensi + terjemah + penjelasan, kalau ada asbabun nuzul-nya juga tolong dicopasin. Syukron. [Qotrunnada].

JAWABAN :

Wa ’alaikum salam warohmatulloohi wabarokaatuh. Berikut Tafsir Surat Al-Baqarah ayat 29 :

{هُوَ  الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى  السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ  (29)

Dialah Allah, yang menjadikan  segala yang ada di bumi untuk kalian dan Dia berkehendak (menciptakan)  langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala  sesuatu.
Setelah Allah Swt. menyebutkan bukti keberadaan  dan kekuasaan-Nya kepada makhluk-Nya melalui apa yang mereka saksikan  sendiri pada diri mereka, lalu Dia menyebutkan bukti lain melalui apa  yang mereka saksikan, yaitu penciptaan langit dan bumi. Untuk itu Allah  Swt. berfirman, "Dialah Allah, yang menciptakan semua yang ada di bumi  untuk kalian, dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu  dijadikan-Nya tujuh langit" (Al-Baqarah: 29).
Istawa  ilas sama, berkehendak atau bertujuan ke langit. Makna lafaz ini  mengandung pengertian kedua lafaz tersebut, yakni berkehendak dan  bertujuan, karena ia di-muta'addi-kan dengan memakai huruf ila. Fasawahunna, lalu Dia menciptakan langit tujuh lapis. Lafaz as-sama  dalam ayat ini merupakan isim jinis, karena itu disebutkan sab'a  samawat.
Wahuwa bi kulli syai-in 'alim, Dia Maha  Mengetahui segala sesuatu, yakni pengetahuan-Nya meliputi semua makhluk  yang telah Dia ciptakan. Pengertiannya sama dengan ayat lain, yaitu  firman-Nya :
{أَلا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ}
Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kalian lahirkan dan yang kalian rahasiakan?) (Al-Mulk: 14)

Rincian makna ayat ini diterangkan di dalam surat ha mim sajdah, yaitu melalui firman-Nya:

{قُلْ  أَئِنَّكُمْ لَتَكْفُرُونَ بِالَّذِي خَلَقَ الأرْضَ فِي يَوْمَيْنِ  وَتَجْعَلُونَ لَهُ أَنْدَادًا ذَلِكَ رَبُّ الْعَالَمِينَ * وَجَعَلَ  فِيهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ فِيهَا  أَقْوَاتَهَا فِي أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً لِلسَّائِلِينَ * ثُمَّ  اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلأرْضِ  اِئْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِينَ *  فَقَضَاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ فِي يَوْمَيْنِ وَأَوْحَى فِي كُلِّ  سَمَاءٍ أَمْرَهَا وَزَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ  وَحِفْظًا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ}

Katakanlah,  "Sesungguhnya patutkah kalian kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam  dua masa dan kalian adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat)  demikian itulah Tuhan semesta alam." Dan Dia menciptakan di bumi itu  gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia. memberkahinya dan Dia  menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa.  (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.  Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit, dan Langit itu masih  merupakan asap, lalu dia berkata kepadanya dan kepada bumi, "Datanglah  kamu berdua menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya  menjawab, "Kami datang dengan suka hati." Maka Dia menjadikan tujuh  langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit  urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang  cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah  ketentuan Yang Mahaperkasa lagi Maha Mengetahui. (Fushshilat: 9-12).

Di  dalam ayat ini terkandung dalil yang menunjukkan bahwa Allah Swt.  memulai ciptaan-Nya dengan menciptakan bumi, kemudian menciptakan tujuh  lapis langit. Memang demikianlah cara membangun sesuatu, yaitu dimulai  dari bagian bawah, setelah itu baru bagian atasnya. Para ulama tafsir  menjelaskan hal ini, keterangannya akan kami kemukakan sesudah ini,  insya Allah. Adapun mengenai firman-Nya :

{أَأَنْتُمْ  أَشَدُّ خَلْقًا أَمِ السَّمَاءُ بَنَاهَا * رَفَعَ سَمْكَهَا فَسَوَّاهَا *  وَأَغْطَشَ لَيْلَهَا وَأَخْرَجَ ضُحَاهَا * وَالأرْضَ بَعْدَ ذَلِكَ  دَحَاهَا * أَخْرَجَ مِنْهَا مَاءَهَا وَمَرْعَاهَا وَالْجِبَالَ  أَرْسَاهَا}

Apakah kalian yang lebih sulit penciptaannya  ataukah langit? Allah telah membinanya. Dia meninggikan bangunannya,  lalu menyempurnakannya, dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan  menjadikan siangnya terang benderang. Dan bumi sesudah dihamparkan-Nya,  Ia memancarkan darinya mata airnya, dan (menumbuhkan)  tumbuh-tumbuhannya. Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh,  (semua itu) untuk kesenangan kalian dan untuk binatang-binatang ternak  kalian. (An-Nazi'at: 27-33).

Maka sesungguhnya huruf  summa dalam ayat ini (Al-Baqarah: 29) hanya untuk menunjukkan makna  'ataf khabar kepada khabar, bukan 'ataf fi' il kepada fi'il yang lain.  Perihalnya sama dengan perkataan seorang penyair:
قُلْ لِمَنْ سَادَ ثُمَّ سَادَ أَبُوهُ ... ثُمَّ قَدْ سَادَ قَبْلَ ذَلِكَ جَدُّهُ
Katakanlah kepada orang yang berkuasa, dan telah berkuasa ayahnya, serta telah berkuasa pula kakeknya sebelum itu.
Menurut  suatu pendapat, ad-daha (penghamparan) bumi dilakukan sesudah  penciptaan langit dan bumi. Demikianlah menurut riwayat Ali ibnu Abu  Talhah, dari Ibnu Abbas.
As-Saddi telah mengatakan di dalam kitab tafsirnya, dari Abu Malik, dari Abu Saleh, dari  Ibnu Abbas, juga dari Murrah, dari Ibnu Mas'ud, serta dari sejumlah  sahabat sehubungan dengan makna firman-Nya: Dia-lah Allah, yang  menjadikan segala yang ada di bumi untuk kalian dan Dia berkehendak  (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha  Mengetahui segala sesuatu. (Al-Baqarah: 29) Disebutkan bahwa 'Arasy  Allah Swt berada di atas air, ketika itu Allah Swt. belum menciptakan  sesuatu pun selain dari air tersebut. Ketika Allah berkehendak  menciptakan makhluk, maka Dia mengeluarkan asap dari air tersebut, lalu  asap (gas) tersebut membumbung di atas air hingga letaknya berada di  atas air, dinamakanlah sama (langit). Kemudian air dikeringkan, lalu Dia  menjadikannya bumi yang menyatu. Setelah itu bumi dipisahkan-Nya dan  dijadikan-Nya tujuh lapis dalam dua hari, yaitu hari Ahad dan Senin.  Allah menciptakan bumi di atas ikan besar, dan ikan besar inilah yang  disebutkan oleh Allah di dalam Al-Qur'an melalui firman-Nya:
{ن وَالْقَلَمِ }
Nun, demi qalam. (Al-Qalam: 1)
Sedangkan  ikan besar (nun) berada di dalam air. Air berada di atas permukaan batu  yang licin, sedangkan batu yang licin berada di atas punggung malaikat.  Malaikat berada di atas batu besar, dan batu besar berada di atas  angin. Batu besar inilah yang disebut oleh Luqman bahwa ia bukan berada  di langit, bukan pula di bumi.
Kemudian ikan besar itu  bergerak, maka terjadilah gempa di bumi, lalu Allah memancangkan  gunung-gunung di atasnya hingga bumi menjadi tenang; gunung-gunung itu  berdiri dengan kokohnya di atas bumi. Hal inilah yang dinyatakan di  dalam firman Allah Swt.: Dan telah kami jadikan di bumi ini  gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) guncang bersama mereka.  (Al-Anbiya: 31).

Allah menciptakan gunung di bumi dan  makanan untuk penghuninya, menciptakan pepohonannya dan semua yang  diperlukan di bumi pada hari Selasa dan Rabu. Hal inilah yang dijelaskan  di dalam firman-Nya :

{قُلْ أَئِنَّكُمْ لَتَكْفُرُونَ  بِالَّذِي خَلَقَ الأرْضَ فِي يَوْمَيْنِ وَتَجْعَلُونَ لَهُ أَنْدَادًا  ذَلِكَ رَبُّ الْعَالَمِينَ * وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا  وَبَارَكَ فِيهَا}

Katakanlah, "Sesungguhnya patutkah  kalian kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan  sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itulah Tuhan semesta  alam." Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di  atasnya. Dia memberkahinya. (Fushshilat: 9-10).

Kemudian  dalam ayat selanjutnya disebutkan bahwa Allah menumbuhkan pepohonannya,  yaitu melalui firman-Nya:  Dan Dia menentukan padanya kadar  makanan-makanan (penghuni)nya. (Fushshilat: 10) Lalu dalam firman  selanjutnya disebutkan: dalam empat masa, sebagai jawaban bagi  orang-orang yang bertanya. (Fushshilat: 10) Dalam ayat selanjutnya  disebutkan pula: Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit, dan  langit itu masih merupakan asap. (Fushshilat 11).

Asap  itu merupakan uap dari air tadi, kemudian asap dijadikan langit tujuh  lapis dalam dua hari, yaitu hari Kamis dan Jumat. Sesungguhnya hari  Jumat dinamakan demikian karena pada hari itu diciptakan langit dan bumi  secara bersamaan. Allah Swt. berfirman: Dan Dia mewahyukan kepada  tiap-tiap langit urusannya. (Fushshilat 12) Artinya, Allah menciptakan  makhluk tersendiri bagi tiap-tiap langit, terdiri atas para malaikat dan  semua makhluk yang ada padanya, seperti laut, gunung, embun, serta  lain-lainnya yang tidak diketahui. Selanjutnya Allah menghiasi langit  dunia dengan bintang-bintang yang Dia ciptakan sebagai hiasan dan  penjaga yang memelihara langit dari setan-setan.
Setelah Allah menyelesaikan penciptaan apa yang Dia sukai, lalu Dia menuju 'Arasy, sebagaimana dijelaskan di dalam firman-Nya :

{خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ}
Dia menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia beristiwa di atas 'Arasy. (Al-Hadid: 4)
Dan Allah Swt. telah berfirman:
{كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا}
Dahulu  langit dan bumi keduanya adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan  antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup.  (Al-Anbiya: 30)
Ibnu Jarir mengatakan, telah  menceritakan kepadanya Al-Musanna, telah menceritakan kepada kami  Abdullah ibnu Saleh, telah menceritakan kepadaku Abu Ma'syar, dari Sa'id  ibnu Abu Sa'id, dari Abdullah ibnu Salam yang mengatakan bahwa  sesungguhnya Allah memulai penciptaan makhluk-Nya pada hari Ahad,  menciptakan berlapis-lapis bumi pada hari Ahad dan hari Senin,  menciptakan berbagai makanan dan gunung pada hari Selasa dan Rabu, lalu  menciptakan langit pada hari Kamis dan Jumat. Hal itu selesai di akhir  hari Jumat yang pada hari itu juga Allah menciptakan Adam dengan  tergesa-gesa. Pada saat itulah kelak hari kiamat akan terjadi.

Mujahid  mengatakan sehubungan dengan firman-Nya: Dia-lah Allah yang menjadikan  segala yang ada di bumi untuk kalian. (Al-Baqarah: 29) Bahwa Allah  menciptakan bumi sebelum menciptakan langit. Ketika Allah menciptakan  bumi, maka keluarlah asap darinya. Yang demikian itulah pengertian yang  dimaksud dalam firman-Nya: Dan Dia berkehendak (menciptakan) langit,  lalu dijadikan-Nya tujuh langit. (Al-Baqarah: 29) Yang dimaksud ialah  sebagian dari langit berada di atas sebagian lainnya. Dikatakan sab'u  aradina artinya tujuh lapis bumi, yakni sebagian berada di bawah  sebagian yang lain.
Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa bumi diciptakan sebelum langit, sebagaimana yang dijelaskan di dalam surat As-Sajdah, yaitu:

{قُلْ أَئِنَّكُمْ لَتَكْفُرُونَ بِالَّذِي خَلَقَ الأرْضَ فِي يَوْمَيْنِ وَتَجْعَلُونَ لَهُ أَنْدَادًا ذَلِكَ رَبُّ الْعَالَمِينَ  * وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ  فِيهَا أَقْوَاتَهَا فِي أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً لِلسَّائِلِينَ *  ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلأرْضِ  اِئْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِينَ *  فَقَضَاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ فِي يَوْمَيْنِ وَأَوْحَى فِي كُلِّ  سَمَاءٍ أَمْرَهَا وَزَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ  وَحِفْظًا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ}

Katakanlah,  "Sesungguhnya patutkah kalian kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam  dua masa dan kalian adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat)  demikian itulah Tuhan semesta alam." Dan Dia menciptakan di bumi ini  gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia  menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa.  (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.  Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit, dan langit itu masih  merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi, "Datanglah  kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa."  Keduanya menjawab, "Kami datang dengan suka hati? Maka Dia menjadikannya  tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit  urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang  cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah  ketentuan Yang Mahaperkasa lagi Maha Mengetahui. (Fushshilat: 9-12).

Ayat  ini dan yang tadi menunjukkan bahwa bumi diciptakan sebelum langit.  Menurut pengetahuanku, tiada seorang ulama pun yang memperselisihkan hal  ini, kecuali apa yang dinukil oleh Ibnu Jarir dari Qatadah, diduga  langit diciptakan sebelum bumi. Akan tetapi, dalam menanggapi masalah  ini Al-Qurtubi hanya bersikap tawaqquf (tidak memberi komentar apa pun),  yaitu ketika ia menafsirkan makna firman-Nya :

{أَأَنْتُمْ  أَشَدُّ خَلْقًا أَمِ السَّمَاءُ بَنَاهَا * رَفَعَ سَمْكَهَا فَسَوَّاهَا  * وَأَغْطَشَ لَيْلَهَا وَأَخْرَجَ ضُحَاهَا * وَالأرْضَ بَعْدَ ذَلِكَ  دَحَاهَا * أَخْرَجَ مِنْهَا مَاءَهَا وَمَرْعَاهَا}

Apakah  kalian yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allah telah  membinanya. Dia meninggikan bangunannya, lalu menyempurnakannya, dan Dia  menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang  benderang. Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya, Ia memancarkan darinya  mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. Dan gunung-gunung  dipancangkan-Nya dengan teguh. (An-Nazi'at 27-32).

Mereka  mengatakan bahwa penciptaan langit terjadi sebelum penciptaan bumi. Di  dalam kitab Sahih Bukhari disebutkan bahwa Ibnu Abbas pernah ditanya  mengenai masalah ini, lalu ia menjawab bahwa bumi diciptakan sebelum  langit, dan sesungguhnya bumi baru dihamparkan hanya setelah penciptaan  langit. Hal yang sama dikatakan pula bukan hanya oleh seorang ulama  tafsir terdahulu dan sekarang.

Kami mencatat hal  tersebut di dalam tafsir surat An-Nazi'at yang garis besarnya menyatakan  bahwa penghamparan bumi yang terdapat di dalam firman-Nya: Dan bumi  sesudah itu dihamparkan-Nya, Ia memancarkan darinya mata airnya, dan  (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya  dengan teguh. (An-Nazi'at: 30-32) Artinya, semua yang terkandung di  dalam bumi dikeluarkan secara paksa hingga menjadi kenyataan. Setelah  Allah selesai dari penciptaan bumi dan langit, lalu Allah menghamparkan  bumi dan mengeluarkan segala sesuatu yang tersimpan di dalamnya, yaitu  air. Berkat air itu tumbuhlah berbagai macam tetumbuhan yang beraneka  ragam jenis. bentuk. dan warnanya. Demikian pula tata surya, semuanya  beredar, terdiri atas bintang-bintang yang tetap dan bintang-bintang  yang beredar pada garis edarnya.

Ibnu  Abu Hatim dan Ibnu Murdawaih mengetengahkan sebuah hadis sehubungan  dengan tafsir ayat ini, yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim  dan Imam Nasai, juga diketengahkan oleh keduanya dalam Bab "Tafsir"  melalui riwayat Ibnu Juraij. Ibnu Juraij mengatakan:

أَخْبَرَنِي  إِسْمَاعِيلُ بْنُ أُمَيَّةَ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ عَبْدِ  اللَّهِ بْنِ رَافِعٍ مَوْلَى أُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ،  قَالَ: أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِي  فَقَالَ: "خَلَقَ اللَّهُ التُّرْبَةَ يَوْمَ السَّبْتِ، وَخَلْقَ  الْجِبَالَ فِيهَا يَوْمَ الْأَحَدِ، وَخَلْقَ الشَّجَرَ فِيهَا يَوْمَ  الِاثْنَيْنِ، وَخَلَقَ الْمَكْرُوهَ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ، وَخَلَقَ  النُّورَ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ، وَبَثَّ فِيهَا الدَّوَابَّ يَوْمَ  الْخَمِيسِ، وَخَلَقَ آدَمَ بَعْدَ الْعَصْرِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مِنْ  آخِرِ سَاعَةٍ مِنْ سَاعَاتِ الْجُمُعَةِ، فِيمَا بَيْنَ الْعَصْرِ إِلَى  اللَّيْلِ"

Telah menceritakan kepadaku Ismail ibnu  Umayyah, dari Ayyub ibnu Khalid, dari Abdullah ibnu Rafi' maula Ummu  Salamah, dari Abu Hurairah r.a. yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw.  memegang tanganku, lalu beliau bersabda: Allah menciptakan bumi pada  hari Sabtu, menciptakan gunung-gunung yang ada padanya pada hari Ahad,  menciptakan pepohonan yang ada padanya pada hari Senin, menciptakan hal  yang tidak disukai pada hari Selasa, menciptakan nur pada hari Rabu,  mengembangbiakkan (menciptakan) binatang-binatang yang ada di bumi pada  hari Kamis, dan menciptakan Adam sesudah Asar pada hari Jumat, yaitu di  saat-saat terakhir hari Jumat antara Asar sampai malam hari.

Hadis  ini termasuk salah satu hadis garib dalam Sahih Muslim. Banyak komentar  mengenai hadis ini, antara lain ialah dari Ali ibnul Madini dan Imam  Bukhari serta sejumlah kalangan ahli huffaz hadis. Mereka menganggap  hadis ini merupakan perkataan Ka'b, dan sesungguhnya Abu Hurairah hanya  mendengamya dari kata-kata Ka'b Al-Ahbar. Hadis ini menjadi samar di  kalangan sebagian para perawi hingga membuat mereka menganggapnya  sebagai hadis yang marfu'. Demikian keterangan yang dikemukakan oleh  Imam Baihaqi. Wallahu a’lam. [@santrialit]

- Tafsir Ibnu Katsir :
( هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى السماء فسواهن سبع سماوات وهو بكل شيء عليم ( 29 ) )
لما  ذكر تعالى دلالة من خلقهم وما يشاهدونه من أنفسهم ، ذكر دليلا آخر مما  يشاهدونه من خلق السماوات والأرض ، فقال : ( هو الذي خلق لكم  ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى السماء ) أي : قصد إلى السماء ، والاستواء  هاهنا تضمن معنى القصد والإقبال ؛ لأنه عدي بإلى ( فسواهن ) أي : فخلق  السماء سبعا ، والسماء هاهنا اسم جنس ، فلهذا قال : ( فسواهن ) . ( وهو بكل  شيء عليم ) أي : وعلمه محيط بجميع ما خلق . كما قال : ( ألا يعلم من خلق )  [ الملك : 14 ] وتفصيل هذه الآية في سورة " حم السجدة " وهو قوله : ( قل  أئنكم لتكفرون بالذي خلق الأرض في يومين وتجعلون له أندادا ذلك رب العالمين  وجعل فيها رواسي من فوقها وبارك فيها وقدر فيها أقواتها في أربعة أيام  سواء للسائلين ثم استوى إلى السماء وهي دخان فقال لها وللأرض ائتيا طوعا أو  كرها قالتا أتينا طائعين فقضاهن سبع سماوات في يومين وأوحى في كل سماء  أمرها وزينا السماء الدنيا بمصابيح وحفظا ذلك تقدير العزيز العليم ) [ فصلت  : 9 - 12 ] . ففي هذا دلالة على أنه تعالى ابتدأ بخلق  الأرض أولا ثم خلق السماوات سبعا ، وهذا شأن البناء أن يبدأ بعمارة أسافله  ثم أعاليه بعد ذلك ، وقد صرح المفسرون بذلك ، كما سنذكره بعد هذا إن شاء  الله . فأما قوله تعالى : ( أأنتم أشد خلقا أم السماء بناها رفع سمكها  فسواها وأغطش ليلها وأخرج ضحاها والأرض بعد ذلك دحاها أخرج منها ماءها  ومرعاها والجبال أرساها ) [ النازعات : 27 - 32 ] فقد قيل : إن ) ثم )  هاهنا إنما هي لعطف الخبر على الخبر ، لا لعطف الفعل على الفعل ، كما قال  الشاعر :قل لمن ساد ثم ساد أبوه ثم قد ساد قبل ذلك جده
وقيل : إن الدحي كان بعد خلق السماوات ، رواه ابن أبي طلحة ، عن ابن عباس .
وقد  قال السدي في تفسيره ، عن أبي مالك - وعن أبي صالح عن ابن عباس - وعن مرة ،  عن ابن مسعود ، وعن ناس من الصحابة ( هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا  ثم استوى إلى السماء فسواهن سبع سماوات [ وهو بكل شيء عليم ] ) قال : إن  الله تبارك وتعالى كان عرشه على الماء ، ولم يخلق شيئا غير ما خلق قبل  الماء . فلما أراد أن يخلق الخلق ، أخرج من الماء دخانا ، فارتفع فوق الماء  فسما عليه ، فسماه سماء . ثم أيبس الماء فجعله أرضا واحدة ، ثم فتقها  فجعلها سبع أرضين في يومين في الأحد والاثنين ، فخلق الأرض على حوت ،  والحوت هو النون الذي ذكره الله في القرآن : ( ن والقلم ) والحوت في الماء ،  والماء على ظهر صفاة ، والصفاة على ظهر ملك ، والملك على صخرة ، والصخرة  في الريح ، وهي الصخرة التي ذكر لقمان - ليست في السماء ولا في الأرض ،  فتحرك الحوت فاضطرب ، فتزلزلت الأرض ، فأرسى عليها الجبال فقرت ، فالجبال  تفخر على الأرض ، فذلك قوله تعالى : ( وألقى في الأرض رواسي أن تميد بكم ) [  النحل : 15 ] . وخلق الجبال فيها ، وأقوات أهلها وشجرها وما ينبغي لها في  يومين ، في الثلاثاء والأربعاء ، وذلك حين يقول : ( قل أئنكم لتكفرون بالذي  خلق الأرض في يومين وتجعلون له أندادا ذلك رب العالمين وجعل فيها رواسي من  فوقها وبارك فيها ) [ فصلت : 9 ، 10 ] . يقول : أنبت شجرها ( وقدر فيها  أقواتها ) يقول : أقواتها لأهلها ( في أربعة أيام سواء للسائلين ) [ فصلت :  10 ] يقول : من سأل فهكذا الأمر . ( ثم استوى إلى السماء وهي دخان ) [  فصلت : 11 ] وذلك الدخان من تنفس الماء حين تنفس ، فجعلها سماء واحدة ، ثم  فتقها فجعلها سبع سماوات في يومين ، في الخميس والجمعة ، وإنما سمي يوم  الجمعة لأنه جمع فيه خلق السماوات والأرض ، ( وأوحى في كل سماء أمرها ) [  فصلت : 12 ] قال : خلق الله في كل سماء خلقها من الملائكة والخلق الذي فيها  ، من البحار وجبال البرد وما لا نعلم ، ثم زين السماء الدنيا بالكواكب ،  فجعلها زينة وحفظا تحفظ من الشياطين . فلما فرغ من خلق ما أحب استوى على  العرش ، فذلك حين يقول : ( خلق السماوات والأرض في ستة أيام ثم استوى على  العرش ) [ الأعراف : 54 ] ويقول ( كانتا رتقا ففتقناهما ) [ الأنبياء : 30 ]  .
وقال ابن جرير : حدثني المثنى ، حدثنا عبد الله بن  صالح ، حدثني أبو معشر عن سعيد بن أبي سعيد ، عن عبد الله بن سلام أنه قال :  إن الله بدأ الخلق يوم الأحد ، فخلق الأرضين في الأحد والاثنين ، وخلق  الأقوات والرواسي في الثلاثاء والأربعاء ، وخلق السماوات في الخميس والجمعة  ، وفرغ في آخر ساعة من يوم الجمعة ، فخلق فيها آدم على عجل ، فتلك الساعة  التي تقوم فيها الساعة .
وقال مجاهد في قوله : ( هو  الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ) قال : خلق الله الأرض قبل السماء ، فلما  خلق الأرض ثار منها دخان ، فذلك حين يقول : ( ثم استوى إلى السماء وهي دخان  ) [ ص: 215 ] ( فسواهن سبع سماوات ) قال : بعضهن فوق بعض ، وسبع أرضين ،  يعني بعضهن تحت بعض .
وهذه  الآية دالة على أن الأرض خلقت قبل السماء ، كما قال في آية السجدة : ( قل  أئنكم لتكفرون بالذي خلق الأرض في يومين وتجعلون له أندادا ذلك رب العالمين  وجعل فيها رواسي من فوقها وبارك فيها وقدر فيها أقواتها في أربعة أيام  سواء للسائلين ثم استوى إلى السماء وهي  دخان فقال لها وللأرض ائتيا طوعا أو كرها قالتا أتينا طائعين فقضاهن سبع  سماوات في يومين وأوحى في كل سماء أمرها وزينا السماء الدنيا بمصابيح وحفظا  ذلك تقدير العزيز العليم ) [ فصلت : 9 - 12 ] فهذه وهذه دالتان على أن  الأرض خلقت قبل السماء ، وهذا ما لا أعلم فيه نزاعا بين العلماء إلا ما  نقله ابن جرير عن قتادة : أنه زعم أن السماء خلقت قبل الأرض ، وقد توقف في  ذلك القرطبي في تفسيره لقوله تعالى : ( أأنتم أشد خلقا أم السماء بناها رفع  سمكها فسواها وأغطش ليلها وأخرج ضحاها والأرض بعد ذلك دحاها أخرج منها  ماءها ومرعاها ) [ النازعات : 27 - 31 ] قالوا : فذكر خلق السماء قبل الأرض  . وفي صحيح البخاري : أن ابن عباس سئل عن هذا بعينه ، فأجاب بأن الأرض  خلقت قبل السماء وأن الأرض إنما دحيت بعد خلق السماء ، وكذلك أجاب غير واحد  من علماء التفسير قديما وحديثا ، وقد قررنا ذلك في تفسير سورة النازعات ،  وحاصل ذلك أن الدحي مفسر بقوله : ( والأرض بعد ذلك دحاها أخرج منها ماءها  ومرعاها والجبال أرساها ) [ النازعات : 30 - 32 ] ففسر الدحي بإخراج ما كان  مودعا فيها بالقوة إلى الفعل لما اكتملت صورة المخلوقات الأرضية ثم  السماوية دحى بعد ذلك الأرض ، فأخرجت ما كان مودعا فيها من المياه ، فنبتت  النباتات على اختلاف أصنافها وصفاتها وألوانها وأشكالها ، وكذلك جرت هذه  الأفلاك فدارت بما فيها من الكواكب الثوابت والسيارة ، والله سبحانه وتعالى  أعلم .
وقد ذكر ابن أبي حاتم وابن مردويه في تفسير  هذه الآية الحديث الذي رواه مسلم والنسائي في التفسير - أيضا - من رواية  ابن جريج قال : أخبرني إسماعيل بن أمية ، عن أيوب بن خالد ، عن عبد الله بن  رافع مولى أم سلمة ، عن أبي هريرة ، قال : أخذ رسول الله صلى الله عليه  وسلم بيدي فقال : خلق الله التربة يوم السبت ، وخلق الجبال فيها يوم الأحد ،  وخلق الشجر فيها يوم الاثنين ، وخلق المكروه يوم الثلاثاء ، وخلق النور  يوم الأربعاء ، وبث فيها الدواب يوم الخميس ، وخلق آدم بعد العصر يوم  الجمعة من آخر ساعة من ساعات الجمعة ، فيما بين العصر إلى الليل .
وهذا  الحديث من غرائب صحيح مسلم ، وقد تكلم عليه علي بن المديني والبخاري وغير  واحد من الحفاظ ، وجعلوه من كلام كعب ، وأن أبا هريرة إنما سمعه من كلام  كعب الأحبار ، وإنما اشتبه على بعض الرواة فجعلوه مرفوعا ، وقد حرر ذلك  البيهقي .

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/1561107333912069/