Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5325. KAJIAN KITAB MATAN TANQIHUL QOUL [Babke-31:Keutamaan mendidik anak]

KAJIAN KITAB MATAN TANQIHUL QOUL ATAU LUBABUL HADITS KARYA IMAM SUYUTI - BAB KE 31 KEUTAMAAN MENDIDIK ANAK

{الباب الحادي والثلاثون}:  في فضيلة تربية الأولاد
قال النبي عليه الصلاة والسلام: {ما نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : " Orang tua itu tidak memberi kepada anaknya sesuatu yang labih baik daripada adab (pendidikan) yang baik".

وقال عليه الصلاة والسلام: {لأنْ يُؤَدِّبَ الرَّجُلُ وَلَدَهُ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أنْ يَتَصَدَّقَ بِصَاعٍ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : " Seseorang mendidik anaknya lebih baik baginya daripada sedekah satu sho' ",

وقال عليه الصلاة والسلام: {أَكْرِمُوا أولادَكُمْ وَأَحْسِنُوا آدَابَهُمْ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Mulyakanlah anak-anak kalian dan perbaikilah adab mereka".

وقال عليه الصلاة والسلام: {مَنْ أَرَادَ أنْ يُرْغِمَ حَاسِدَهُ فَلْيُؤَدِّبْ وَلَدَهُ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Barangsiapa yang ingi menghinakan orang yang dengki kepadanya maka didiklah anaknya".

وقال عليه الصلاة والسلام: {النَّظَرُ إلى وَجْهِ الأَوْلادِ بِشُكْرٍ كالنَّظَرِ إلى وَجْهِ نَبِيِّهِ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Memandang wajah anaknya dengan perasaan syukur bagaikan memandang wajah nabinya."

وقال عليه الصلاة والسلام: {أكْرِمُوا أوْلاَدَكُمْ فإنَّ كَرَامَةَ الأَوْلادِ سِتْرٌ مِنَ النَّار}ِ.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Muliakanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya memuliakan anak itu tabir dari neraka."

وقال عليه الصلاة والسلام: {الأَوْلادُ حِرزٌ مِنَ النَّارِ والأَكْلُ  مَعهُمْ بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ وَكَرَامَتُهُمْ جَوَازٌ عَلَى  الصِّراط}ِ.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Anak-anak itu pelindung dari api neraka, makan bersama mereka  membebaskan dari api neraka, memuliakan mereka memudahkan lewat  shiroth."

وقال عليه الصلاة والسلام: {أَكْرِمُوا أولادَكُمْ فإنَّ مَنْ أَكْرَمَ أَوْلاَدَهُ أَكْرَمَهُ الله في الجَنَّةِ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Muliakanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya barang siapa yang  memuliakan anak maka Allah akan memuliakannya di dalam surga."

وقال عليه الصلاة والسلام: {إنَّ في الجَنَّةِ دَارا يُقَالُ لَهَا دَارُ الفَرَحِ لا يَدْخُلُها إلاَّ مَنْ فَرَّحَ الصِّبْيَانَ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Sesungguhnya di surga itu ada satu rumah bernama Daarul Faroh (rumah  kegembiraan) yang tidak akan memasukinya terkecuali orang yang  menggembirakan anak kecil."

وقال عليه الصلاة والسلام: {إنَّ في  الجَنَّةِ دَارا يُقال لَهَا دَارُ الفَرَحِ لاَ يَدْخُلُهَا إلاّ مَنْ  فَرَّح يَتَامى المُؤمِنينَ}

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Sesungguhnya di surga itu ada satu rumah bernama Daarul Faroh (rumah  kegembiraan) yang tidak akan memasukinya terkecuali orang yang  menggembirakan anak-anak yatim kaum mukminin." Wallohu a'lam. [Ust. Nur Hamzah].  # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #

LINK ASAL:

www.fb.com/groups/piss.ktb/1787213321301468/