Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

5057. KEHADIRAN NABI ISA AS DI AKHIR ZAMAN SEBAGAI HAKIM

PERTANYAAN :

Assalamu ‘alaikum. Apakah Nabi Isa AS status kenabiannya dicopot saat nanti turun ke dunia di akhir zaman ? [Mochamad Andy].

JAWABAN :

Wa’alaikum salam.  Nabi Isa alaihis salaam kelak turun ke dunia lagi sebagai Hakim, bukan sebagai Nabi ataupun Rasul

- Kitab Thorhut Tatsrib (8/117) :

عَنْ  سَعِيدٍ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صلى الله  عليه وسلم : " يُوشِكُ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمُ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا  مُقْسِطًا ، يَكْسِرُ الصَّلِيبَ ، وَيَقْتُلُ الْخِنْزِيرَ ، وَيَضَعُ  الْجِزْيَةَ ، وَيَفِيضُ الْمَالُ حَتَّى لا يَقْبَلَهُ أَحَدٌ ".

Dari sa'id dari Abu Hurairoh, Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : " Telah dekat turunnya Ibnu Maryam pada kalian sebagai HAKIM  lalu ia menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus upeti dan harta melimpah  ruah sehingga tidak ada seorang pun yang menerimanya" (HR Bukhori dan Muslim).

قَوْلُهُ : حَكَمًا بِفَتْحِ الْكَافِ ، أَيْ : حَاكِمًا ، وَالْمُرَادُ :  أَنَّهُ يَنْزِلُ حَاكِمًا بِهَذِهِ الشَّرِيعَةِ لا نَبِيًّا بِرِسَالَةٍ  مُسْتَقِلَّةٍ وَشَرِيعَةٍ نَاسِخَةٍ ، فَإِنَّ هَذِهِ الشَّرِيعَةَ  بَاقِيَةٌ إلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لا تُنْسَخُ ، وَلا نَبِيَّ بَعْدَ  نَبِيِّنَا كَمَا نَطَقَ بِذَلِكَ ، وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوقُ بَلْ  هُوَ حَاكِمٌ مِنْ حُكَّامِ هَذِهِ الأُمَّةِ

Sabda Nabi Hakaman dengan fathah huruf kaf maksudnya adalah haakiman, maksudnya  bahwa Nabi Isa turun sebagai HAKIM dengan syare'at ini (islam) bukan sebagai nabi dengan risalahnya yang tersendiri dan bukan pula membawa syare'at yang menghapus , karena sesungguhnya syare'at islam tetap langgeng sampai hari kiamat tidak dihapus dan tidak ada nabi setelah Nabi  kita Muhammad sebagaimana nabi bersabda dalam hal itu. Nabi Isa AS adalah shodiq al mashduq bahkan beliau adalah Hakim dari para hakimnya umat ini. Wallohu a'lam. [Mujaawib : Ustadz Nur Hamzah].

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1327316097291195