Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4736. INILAH KENIKMATAN SYURGA

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Adakah yang mau menjelaskan tentang kenikmatan surga?.  [Komandan Cakra Birawa]

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Imam Qurtuby dalam kitab At-tadzkiroh bab sifat dan kenikmatan-kenikmatan syurga dan apa-apa yang disediakan oleh Allah untuk ahli syurga, menyebutkan beberapa hadits tentang kenikmatan surga :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah Ta’ala berfirman: Aku sediakan bagi hamba-Ku yang shalih berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik dalam benak manusia karena semua yang pernah diperlihatkan kepada kalian adalah kecil ". Kemudian Rasululloh shollallohu alaihi wasallam membaca , ‘Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.’ (QS. As-Sajdah: 17). HR Muslim.

Dari usamah bin zaid suatu hari Rasululloh shollallohu alaihi wasallam berkata kepada sahabat sahabatnya:" Mengapa kalian tak bersiap-siap masuk surga? Padahal kenikmatan di surga itu tak terbayangkan. Demi pemilik Ka'bah, surga itu adalah cahaya yang menyala-nyala & berbau harum, memiliki istana yang kokoh, sungai yang luas, buah-buahan yang banyak lagi harum, pasangan suami isteri yang gagah & cantik, serta pakaian yang bagus lagi indah, di tempat yang kekal & indah, di tingkat-tingkat yang tinggi lagi terpuji. "
Mereka menjawab: "Kami bersiap-siap wahai Rasulullah". Beliau bersabda: "Katakanlah oleh kalian Insya Allah (jika Allah menghendaki)."Kemudian beliau menyebutkan keutamaan jihad & menyerukannya. HR Ibnu Majah.

Dari Abu hurairoh berkata : Wahai Rasululloh, makhluk tercipta dari apa ?". Rasul menjawab: "dari air". Aku berkata : " syurga, bagaimana bangunannya ?". Rasululloh menjawab : " Ada yang batanya dari perak dan ada yang dari emas, (adukan) semennya adalah misik, kerikilnya adalah mutiara dan permata, dan tanahnya adalah za’faran. Barang siapa yang masuk surga akan terus akan mendapatkan kenikmatan tidak akan susah, tak akan lapuk bajunya, dan tak akan hilang masa mudanya”. HR Tirmidzi.

Dari Abu Hurairoh , kami berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami ketika melihat anda hati kami tersentuh dan kami bagaikan melihat penduduk akhirat. Ketika kami berpisah dengan anda, dunia telah memperdayakan kami dan terlena dengan istri dan anak-anak.
Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda: “Kalau sekiranya kamu semua tetap dalam kondisi seperti bersama denganku, para malaikat pasti akan menyalami kalian semua dengan tangannya dan akan mengunjungi ke rumah kalian semua. Kalau sekiranya kamu semua tidak (pernah) berdosa, Allah akan datangkan suatu kamu yang mereka berdosa agar memaafkankan mereka". Kami berkata: “Wahai Rasulullah, tolong beritahukan kepada kami tentang surga apa bangunannya ?". (Beliau) menjawab: “Batu bata dari emas, perak. Ubinnya dari minyak wangi misk Al-Adfar, kerikilnya dari intan permata, debunya dari zakfaron. Barangsiapa yang memasukinya akan merasa mendapatkan kenikmatan dan tidak putus asa. Kekal tidak mati, tak akan lapuk bajunya, dan tak akan hilang masa mudanya". HR Abu Dawud.

Dari Abu Sa'id al khudri, bahwa Rasululloh shollallohu alaihi wasalam menanyai Ibnu Shayyad, "Tanah di syurga berupa apa?" Dia menjawab, "Debu lembut putih (seharum) kesturi, wahai Abul Qasim". Beliau bersabda, "Benar katamu.". HR Muslim.

Dari abu hurairoh berkata : "tembok syurga adalah bata dari perak dan bata dari emas, tangganya dari mutiara dan permata". Abu hurairoh berkata : " kami berbicara bahwa kerikilnya syurga dari mutiara dan debunya dari za'faron". HR Ibnul Mubarok. Wallohu a'lam. [Mujaawib : Ust Nur Hamzah]

- Kitab At tadzkiroh Imam Qurtuby (1/936-938) :

باب صغة الجنة ونعيمها وما أعد الله لأهلها فيها
مسلم «عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول الله تعالى عز وجل:أعددت لعبادي الصالحين ما لا عين رأت ولا أذن سمعت ولا خطر على قلب بشر ذخراً بله ما أطلعتكم عليه، ثم قرأ رسول الله صلى الله عليه وسلم {فلا تعلم نفس ما أخفي لهم من قرة أعين} » بله: بمعنى: غير.
وقيل: اسم من أسماء الأفعال بمعنى دع.
ابن ماجه «عن أسامة بن زيد قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ذات يوم لأصحابه: ألا مشمر للجنة؟ بأن الجنة لا خطر لها، هي ورب الكعبة نور يتلألأ وريحانة تهتز، وقصر مشيد، ونهر مطرد، وفاكهة كثيرة نضيجة، وزوجة حسناء جميلة، وحلل كثيرة في مقام أبد في جدة ونضرة، في دار عالية سليمة بهية، قالوا: نحن المشمرون لها يا رسول الله قال: قولوا إن شاء الله.
ثم ذكر الجهاد وحض عليه» .
الترمذي «عن أبي هريرة قال: قلت يا رسول الله مم خلق الخلق؟ قال: من الماء قلت: الجنة ما بناؤها؟ قال: لبنة من فضة، ولبنة من ذهب بلاطها المسك الأذفر، وحصباؤها اللؤلؤ والياقوت، وتربتها الزعفران.
من دخلها ينعم لا ييأس، ويخلد لا يموت، لا تبلى ثيابهم، ولا يفنى شبابهم» .
ذكر الحديث.
قال ليس إسناده ذلك بالقوي، وليس هو عندي بمتصل، وقد روي هذا الحديث بإسناد آخر عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم.
قال المؤلف رحمه الله: خرجه أبو داود الطيالسي في سنده قال: «حدثنا إبراهيم بن معاوية، عن سعيد الطائي، قال: حدثني أبو المدله، مولى أم المؤمنين أنه سمع أبا هريرة يقول: قلنا يا رسول الله لماذا كنا عندك رقت قلوبناوكنا من أهل الآخرة، فإذا فارقناك وشممنا النساء والأولاد أعجبتنا الدنيا؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لو أنكم تكونون إذ فارقتموني كما تكونون عندي لصافتحكم الملائكة بأكفها ولزارتكم في بيوتكم، ولو كنتم لا تذنبون لجاؤ الله بقوم يذنبون كي يستغفروا فيغفر لهم.
قلنا: يا رسول الله أخبرنا عن الجنة.
ما بناؤها؟ قال: لبنة من ذهب، ولبنة من فضة، وبلاطها المسك الأذفر، وحصباؤهما الدر والياقوت، وترابها الزعفران، من يدخلها يبقى لا ييأس، ويخلد لا يموت، ولا تبلى ثيابه، ولا يفنيى شبابه» .
مسلم «عن أبي سعيد الخدري قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لابن صياد: ما تربة الجنة؟ قال: درمكة بيضاء مسك يا أبا القاسم، قال: صدقت» .
وعنه أن «ابن صياد سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن تربة الجنة فقال: ما درمكة بيضاء مسك خالص» .
ابن المبارك قال أخبرنا معمر عن قتادة، عن العلاء بن يزيد، عن أبي هريرة قال: حائط الجنة لبنة من فضة ولبنة من ذهب، ودرجها اللؤلؤ والياقوت، قال: وكنا نحدث أن رضاختها اللؤلؤ، وترابها الزعفران.
قلت: كل هذا مرفوع حسب ما تقدم في هذا الباب ويأتي.

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1123885737634233/

www.fb.com/notes/1191468967542576