Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4724. RUH, AKAL DAN HATI SETELAH KITA MATI

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Ustad saya mau bertanya, bagaimana kedudukan akal dan hati setelah meninggal dunia, apa ruh manusia satu dengan akal dan hati?  jika dilihat akal berada pada otak & hati pada jantung. [Makruf].

JAWABAN :

Wa'alaikumsalam wr wb. Nafs, akal, qolb, ruh dan sir adalah sama, semua itu tidak lain hanyalah ruh yang berkembang berdasarkan kesucian dan peningkatan. Ketika terus menerus sibuk dengan kesenangan dan syahwatnya maka dinamakan nafs, yang ini belum ada cahayanya. Ketika telah tercegah dan tersimpul dengan belenggu syare'at hanya saja terkadang condong pada kemaksiyatan dan dosa, terkadang maksiyat dan bertaubat maka dinamakan akal, yang ini ada cahayanya tapi sedikit. Ketika telah berhenti dari kemaksiyatan hanya saja terkadang berubah ubah antara lupa dan sadar dan antara bertujuan ta'at dan maksiyat maka dinamakan qolb. ini adalah awwal munculnya cahaya dan terbit darinya cahaya tawajjuh ketika telah tenang dengan dzikir kepada Allah, maka dinamakan ruh.

- Kitab Iyqozhul Himam (1/165-166) :

وقد تقدم أن النفس والعقل والقلب والروح والسر عند كثير من الصوفية شئ واحد وما هي إلا الروح تتطور بحسب التصفية والترقية
فما دامت مشغولة بحظوظها وشهواتها فهي نفس ونورها مكسوف
فإذا انزجرت وعقلت بعقال الشرع إلا أنها تميل إلى المعاصي والذنوب فتارة تعصى وتتوب وتارة تحن وتؤوب سميت عقلاً ونروها قليل لأنها محبوسة في سجن الأكوان معقولة بالدليل والبرهان
فإذا سكنت عن المعاصي إلا انها تنقلب بين الغفلة واليقظة وبين الاهتمام بالطاعة والمعصية سميت قلباً وهو أول مطالع الأنوار فتشرق عليه أنوار التوجه فلا تزال تترادف عليه الواردات وهي أنوار التوجه
حتى يسكن إلى الله ويطمئن بذكر الله فحينئذ تسمى روحاً وهو أول مطالع أنوار المواجهة فبهذه الأنوار ينكشف الحجاب وينفتح الباب وتدخل في حضرة الأحباب
فإذا اتصفت من غبش الحس وتطهرت من كدر الأغيار سميت سراً وهو أول مطالع أنوار المعاينة والمكالمة ثم لا حال ولا مقام

Hubungan ruh dengan badan ada 5 macam yang menjadikan berbeda-bedanya hukum:
1. Hubungan ruh dengan badan ketika masih di dalam kandungan ibu, berupa janin.
2. Hubungan ruh dengan badan setelah keluar dari kandungan.
3. Hubungan ruh dengan badan ketika tidur, ruh masih punya hubungan dengan badan dari satu sisi dan berpisah dengan badan dari sisi lainnya.
4. Hubungan ruh dengan badan ketika di alam barzakh, karena sesungguhnya walaupun berpisan dengan badan hanya saja tidak berpisan secara keseluruhan sekira tdika ada hubungan sama sekali, karena telah datang khobar bahwa ruh dikembalikan ketika ada muslim yang mengucapkan salam dan  bisa mendengar suara sendal pelayat ketika mereka pulang. Kembalinya ruh ini adalah khusus dan tidak mewajibkan hidupnya badan sebelum hari qiyamat.
5. Hubungan ruh dengan badan dihari jasad dibangkitkan, ini adalah hubungan ruh dengan badan yang paling sempurna, tidak bisa dibandingkan sama sekali dengan macam-macam hubungan sebelumnya, karena hubungan yang ini tidak menyebabkan badan mati, tidak menyebabkan tidur dan tidak menyebabkan rusak.
Maka  renungkanlah hal ini agar banyak kemusykilan yang bisa hilang darimu. Wallohu a'lam. [Mujaawib : Ust Nur Hamzah]

- Kitab Syarah Aqidah Thohawiyah - Ibnu Abil 'Izz (2/578-579) :

فالروح لها بالبدن خمسة أنواع من التعلق ، متغايرة الأحكام :
أحدها : تعلقها به في بطن الأم جنينا .
الثاني : تعلقها به بعد خروجه إلى وجه الأرض .
الثالث : تعلقها به في حال النوم ، فلها به تعلق من وجه ، ومفارقة من وجه .
الرابع : تعلقها به في البرزخ ، فإنها وإن فارقته وتجردت عنه ، فإنها لم تفارقه فراقا كليا بحيث لا يبقى لها إليه التفات ألبتة ، فإنه ورد  ردها إليه وقت سلام المسلم ، وورد أنه يسمع خفق نعالهم حين يولون عنه . وهذا الرد إعادة خاصة لا يوجب حياة البدن قبل يوم القيامة .
الخامس : تعلقها به يوم بعث الأجساد ، وهو أكمل أنواع تعلقها بالبدن ، ولا نسبة لما قبله من أنواع التعلق إليه ، إذ هو تعلق لا يقبل البدن معه موتا ولا نوما ولا فسادا ، فالنوم أخو الموت . فتأمل هذا يزيح عنك إشكالات كثيرة .

LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1188426807846792/

www.fb.com/groups/piss.ktb/1108406415848832/