Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4710. SHOLAWAT TELAH DIBACA OLEH NABI SEBELUM NABI MUHAMMAD SAW

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum.wr.wb. Mohon maaf yang sedalam-dalamnya, jika ada Dokumen tentang Sholawat "Shollallaahu 'alaa Muhammadin ". Mohon untuk disundulkan. Karena Al-faqir Pernah membaca dalam Kitab Shollu 'alan Nabi bahwa Sholawat tersebut telah lama diamalkan Sejak Dzaman setelah Nabi Musa 'alaihis Salam, yaitu Nabi Daniyal 'alaihis salam & Ummatnya. Syukron katziron wa afwan katziron Wassalamu'alaikum wr.wb. [Moch Rohadi Muin].


JAWABAN :

Wa'alaikumus salaam wr wb. Yang membaca sholawat tersebut adalah Nabi Samuel dan tentaranya. Sebagaimana keterangan dalam Kitab Afdholus Sholawat, halaman 63-65 :

الصلاة العاشرة: صَلَّى الله عَلَى مُحَمَّدٍ
قال الإمام الشعراني كان صلى الله عليه وسلم يقول: مَنْ قَالَ هَذِهِ الصَّلاَةَ فَقَدْ فَتَحَ عَلَى نَفْسِهِ سِبْعِينَ بَاباً مِنَ الرَّحْمَةِ وَأَلْقَى الله مَحَبَّتَهُ فِي قُلُوبِ النًّاسِ فَلاَ يَبْغُضُهُ إلاَّ مَنْ فِي قَلْبِهِ نِفَاقٌ. 

Sholawat ke 10 "SHOLLALLOHU 'ALAA MUHAMMAD“ (Semoga Allah melimpahkan solawat pada Nabi  Muhammad)
“Telah berkata Al-Imam Asy-Sya’rani : Telah bersabda Nabi shollallohu alaihi wasallam : “Barang siapa yang membaca solawat ini, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat, dan Allah akan meletakkan kecintaanNya pada kalbu-kalbu manusia. Tiada yang menjadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya.” 

قال شيخنا يعني علياً الخواص رضي الله عنهما هذا الحديث والذي قبله وهو قوله صلى الله عليه وسلم أَقْرَبُ مَا يَكُونُ أَحَدُكُمْ مِنِّ إِذَا ذَكَرَنِي وَصَلَّى عَلَيَّ رويناهما عن بعض العارفين عن الخضر عليه السلام عن رسول الله صلى الله عليه وسلم وهما عندنا صحيحان في أعلى درجات الصحة وإن لم يثبتهما المحدثون على مقتضى اصطلاحهم والله أعلم ا.ه.

Telah berkata guru kami, yakni ‘Ali Al-Khawwas: “Hadits ini dan yang sebelumnya, yakni sabda Nabi : “Keadaan paling dekat denganku bagi seseorang daripada kalian ialah apabila aku disebut, dia bersolawat ke atasku”. Kami meriwayatkannya dari sebahagian Al-‘Arifin,dari Al-Khidir , dari Rasululloh shollallohu alaihi wasallam, dan keduanya di sisi kami adalah sohih, pada setinggi-tinggi derajat kesohihan, walaupun tiada ditetapkan oleh para ahli ilmu hadits, kerana kesulitan istilah-istilah mereka. Wallohu a'lam. Selesai kutipan dari Al-Imam Asy-Sya’rani.

ويؤيد ذلك ما نقله الحافظ السخاوي عن مجد الدين الفيروزبادي صاحب القاموس بسنده إلى الإمام السمرقندي قال سمعت الخضر وإلياس على نبينا وعليهما السلام يقولان سمعنا رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ما من مؤمن يقول صلى الله على محمد إلا أحبه الناس وإن كانوا أبغضوه ووالله لا يحبونه حتى يحبه الله عز وجل وسمعناه صلى الله عليه وسلم يقول على المنبر من قال صلى الله على محمد فقد فتح على نفسه سبعين باباً من الرحمة.

Perkara ini dikuatkan lagi oleh apa yang telah dinukil oleh Al-Hafiz As-Sakhawi dari Majduddin Al-Fairuzabadi, pemilik Al-Qamus,dengan sanadnya yang sampai kepada Al-Imam As Samarqandi. 
Beliau telah berkata. “Aku telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas , dan mereka berdua telah berkata, “Kami telah mendengar Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda:“Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, “Semoga Allah melimpahkan solawat ke atas Muhammad”, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah mencintainya.” 
Dan kami juga telah mendengar Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda dari atas mimbar : “Barangsiapa yang mengucapkan, “Semoga Allah melimpahkan sholawat atas Muhammad”, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat.” 

ونقل الحافظ المذكور بالسند المتقدم أن الإمام السمرقندي سمع الخضر وإلياس أيضاً يقولان كان في بني إسرائيل نبيّ يقال له إسمويل قد رزقه الله النصر على الأعداء وأنه خرج في طلب عدو فقالوا هذا ساحر جاء ليسحر أعيننا ويفسد عساكرنا فنجعله في ناحية البحر ونهزمه فخرج في أربعين رجلاً فجعلوه في ناحية البحر فقال أصحابه كيف نفعل فقال احملوا وقولوا صلى الله على محمد فحملوا وقالوا فصار أعداؤهم في ناحية البحر فغرقوا أجمعهم.

Dan telah dinukil oleh Al-Hafiz yang tersebut (As-Sakhawi ) dengan sanad yang terdahulu bahawa Al-Imam As-Samarqandi telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas , mereka berdua juga telah bercerita : “Pada Bani Israil , ada seorang Nabi, telah dikatakan bahwa dia bernama Samuel, yang telah diberikan kemenangan di atas para musuhnya. (Pada suatu hari), dia telah keluar mencari musuh dan mereka (musuh) telah berkata: “Inilah adalah seorang ahli sihir. Dia telah datang untuk menyihir mata kita dan menghancurkan askar-askar kita. Maka haruslah kita bawa dia ke tepi laut dan kita musnahkan dia.” 
Maka dia pun keluar disertai empat puluh orang lelaki dan pergilah mereka ke tepi laut. Telah bertanya sahabat-sahabatnya: “Apakah yang mesti kita lakukan?” Dia menjawab : “Majulah engkau sekalian dan ucapkanlah, “Semoga Allah melimpahkan sholawat atas Muhammad!” Mereka pun maju ke hadapan dan mereka telah mengucapkan (solawat itu), lalu musuh-musuh mereka pun terdesak ke tepi laut lalu telah menjadi hanyut kesemuanya.” 

وروى الحافظ أيضاً أنه جاء رجل من الشام إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله أبي شيخ كبير وهو يحب أن يراك فقال ائتني به فقال إنه ضرير البصر فقال قل له ليقل في سبع أسبوع يعني في سبع ليال صلى الله على محمد فإنه يراني في المنام حتى يروي عني الحديث ففعل فرآه في المنام فكان يروي عنه.

Dan telah diriwayatkan juga oleh Al-Hafiz bahwa telah datang seorang lelaki dari Asy-Syam bertemu dengan Nabi shollallohu alaihi wasallam, dia telah berkata:“Wahai Utusan Allah! Bapaku adalah seorang yang sudah tua, dan dia ingin melihatmu”. Nabi berkata: “Bawalah dia bertemu denganku”. Dia menjawab: “Sesungguhnya, penglihatannya sudah rusak!” Nabi berkata: “Katakanlah kepadanya, 
Ucapkanlah pada tujuh malam “Semoga Allah melimpahkan solawat ke atas Muhammad.” Maka, dia akan melihatku di dalam mimpi, sehingga dia dapat meriwayatkan hadits daripadaku.” Maka dia (bapaknya lelaki itu) pun melakukannya, dan telah melihat Nabi di dalam mimpi, dan dia telah dapat meriwayatkan(hadits) daripada Nabi shollallohu alaihi wasallam. Wallohu a'lam. [Mas Hamzah].

LINK ASAL :