Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4653. NERAKA SIJJIN DAN SURGA 'ILLIYYIN

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Mohon pencerahannya dong para 'alim. Apa tafsir dari terjemah qur'an berikut : SEKALI-KALI TIDAK, SESUNGGUHNYA KITAB ORANG-ORANG YANG BERBAKTI ITU (TERSIMPAN) DALAM ILLIYIN. Dan setetusnya. Dan juga ada yang mengatakan bahwa SILJIN itu pembukuan amal kafirin. Bagaimanakah maksudnya? syukron katsir. Wassalamu'alaikum. [Dhedhei Puttra Tqn].

JAWABAN :

Wa'alaikum salaam. Tafsir Surah Al Muthaffifin, ayat 7-9 dan ayat 18-20

كَلا إِنَّ كِتَابَ الْفُجَّارِ لَفِي سِجِّينٍ (٧) وَمَا أَدْرَاكَ مَا سِجِّينٌ (٨)كِتَابٌ مَرْقُومٌ (٩)

7. Sekali-kali jangan begitu! Sesungguhnya catatan orang yang durhaka benar-benar tersimpan dalam Sijjin.
8. Dan tahukah engkau apakah Sijjin itu?
9. (Yaitu) kitab yang berisi catatan (amal)
Sijjin adalah Tempat amal jelek manusia

Ayat 18-20 : Keadaan kaum mukmin dan kenikmatan yang mereka peroleh.


كَلا إِنَّ كِتَابَ الأبْرَارِ لَفِي عِلِّيِّينَ (١٨) وَمَا أَدْرَاكَ مَا عِلِّيُّونَ (١٩)كِتَابٌ مَرْقُومٌ (٢٠)


18.Sekali-kali tidak! Sesungguhnya catatan orang-orang yang berbakti benar-benar tersimpan dalam 'Illiyyin.
19. Dan tahukah engkau apakah 'Illiyyin itu?
20. (yaitu) kitab yang berisi catatan (amal)
Illiyyin adalah Tempat amal baik manusia.

Berikut ini tafsirnya :

- Kitab Tafsir Al-qurtuby (19/221) :

وقال سعيد بن جبير : سجين تحت خد إبليس . يحيى بن سلام : حجر أسود تحت الأرض ، يكتب فيه أرواح الكفار
وقال عطاء الخراساني : هي الأرض السابعة السفلى ، وفيها إبليس وذريته .
وعن ابن عباس قال : إن الكافر يحضره الموت ، وتحضره رسل الله ، فلا يستطيعون لبغض الله له وبغضهم إياه ، أن يؤخروه ولا يعجلوه حتى تجيء ساعته ، فإذا جاءت ساعته قبضوا نفسه ، ورفعوه إلى ملائكة العذاب ، فأروه ما شاء الله أن يروه من الشر ، ثم هبطوا به إلى الأرض السابعة ، وهي سجين ، وهي آخر سلطان إبليس ، فأثبتوا فيها كتابه .
وعن كعب الأحبار في هذه الآية قال : إن روح الفاجر إذا قبضت يصعد بها إلى السماء ، فتأبى السماء أن تقبلها ، ثم يهبط بها إلى الأرض ، فتأبى الأرض أن تقبلها ، فتدخل في سبع أرضين ، حتى ينتهى بها إلى سجين ، وهو خد إبليس . فيخرج لها من سجين من تحت خد إبليس رق ، فيرقم فيوضع تحت خد إبليس .

Sa'id bin jubair : Sijjin berada dibawah pipinya iblis.
Yahya bin salam : sijjin adalah batu berwarna hitam dibawah bumi, didalamnya tertulis arwahnya orang-orang kafir.
Atho' al khurosani : sijjin adalah bumi ketujuh paling bawah, didalamnya ada iblis dan keturunannya.
Dari ibnu abbas : Sesunguhnya orang kafir maut datang kepadanya, dan utusan Allah mendatanginya maka mereka tidak mampu mengakhirkan dan mempercepat hingga datang waktunya sebab Allah murka kepadanya dan mereka benci kepada Allah, ketika waktunya telah datang maka nyawanya di cabut dan dibawa ke malaikat adzab, maka malaikat memperlihatkan apa saja yang dikehendaki oleh Allah untuk diperlihatkan dari keburukan,
kemudian mereka membawa turun dia ke bumi ketujuh yaitu sijjin, sijjin adalah akhir kekuasaan iblis, catatnnya ditetapkan didalamnya.
Dari ka'ab akhbar : Sesungguhnya ruhnya orang fajir ketika dicabut naik ke langit, kemudian malaikat tidak mau menerimanya, lalu turun ke bumi maka bumi tidak mau menerimanya, kemudian masuk ke bumi ke tujuh hingga sampai ke sijjin yaitu pipinya iblis, kemudian dikeluarkan secarik kertas dari sijjin dari bawah pipinya iblis , kemudian ditulis dalam kertas, diletakkan dibawah pipinya iblis.

- Kitab Tafsir Ibnu Katsir (8/352) :

يقول تعالى حقا ( إن كتاب الأبرار ) وهم بخلاف الفجار ( لفي عليين ) أي مصيرهم إلى عليين وهو بخلاف سجين
قال الأعمش عن شمر بن عطية عن هلال بن يساف قال : سأل ابن عباس كعبا وأنا حاضر عن سجين قال هي الأرض السابعة وفيها أرواح الكفار وسأله عن عليين فقال هي السماء السابعة وفيها أرواح المؤمنين وهكذا قال غير واحد إنها السماء السابعة
وقال علي بن أبي طلحة عن ابن عباس في قوله ( كلا إن كتاب الأبرار لفي عليين ) يعني الجنة
وفي رواية العوفي عنه أعمالهم في السماء عند الله وكذا قال الضحاك
وقال قتادة عليون ساق العرش اليمنى وقال غيره عليون عند سدرة المنتهى


Al-abror adalah lawan dari fujjar, illiyyin adalah lawan dari sijjin. Ibnu abbas bertanya tentang sijjin kepada ka'ab, ka'ab berkata bahwa sijjin adalah bumi ke tujuh dan didalamnya terdapat arwahnya orang kafir. Ibnu abbas bertanya tentang illiyyin, ka'ab berkata bahwa illiyyin adalah langit ke tujuh di dalamnya terdapat arwahnya orang-orang mukmin.
Ali bin tolhah dari ibnu abbas " Sekali-kali tidak! Sesungguhnya catatan orang-orang yang berbakti benar-benar tersimpan dalam 'Illiyyin." maksudnya adalah syurga.
Dalam satu riwayat al-aufi dari ibnu abbas : Amalan-amalan mereka di langit disamping Allah. Qotadah : illiyyin adalah tiangnya arsy yang sebelah kanan. Yang lainnya berkata : illiyyin di sebelah sidrotul muntaha. Wallohu a'lam. [Muhammad Rangga,  Mas Hamzah].

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/1044335728922568/