Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4650. TAFSIR MIMPI ADZAN

PERTANYAAN :

Assalamualaikumm, para yai saya mau bertanya tafsir mimpi adzan.......mohon bantuannyaa...trima kasih, wassalamualaikum. [Ajay Burdah].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam, disebutkan dalam kitab tafsirul ahlam ibnu sirin halaman 12 :

قال الأستاذ أبو سعد رضي الله عنه.من رأى أنّه أذن مرة أو مرتين، وأقام وصلى صلاة فريضة، رزق حجاً وعمرة، لقوله تعالى: " وأذِّنْ فِي النّاس بالَحجِّ" . ولأن بعرفات يؤذن ويقام مرتين مرتين. 

Al ustadz abu sa'd berkata -semoga Allah meridhoinya- :barang siapa mimpi adzan sekali atau dua kali kemudian iqomat dan sholat fardhu maka akan mendapat rizki haji dan umroh ,karena Allah berfirman :" dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji" surat al hajj ayat 27. Dan juga karena di arofah di lakukan adzan dan iqomat masing-masing dua kali

فإن رأى كأنّه يؤذن على منارة، فإنّه يكون داعيَاَ إلى الحق ويرجى له الحج. فإن رأى كأنّه يؤذن في بئر، فإنّه يحث الناس على سفر بعيد. فإن رأى كأنّه مؤذن وليس بمؤذن في اليقظة ولي ولاية بقدر ما بلغ صوته إن كان للولاية أهلاً. 

Jika mimpi seolah olah adzan di menara maka akan menjadi penyeru pada kebenaran dan diharapkan baginya ibadah haji.jika mimpi seolah olah adzan di sumur maka dia akan mendorong seseorang untuk perjalanan jauh. Jika mimpi seolah olah dia seorang muadzin padahal aslinya bukan maka dia akan mendapat kekuasaan seukuran sampainya suara adzan jika memang dia pantas menerimanya.

فإن رأى كأنّه يؤذن على تل أصاب ولاية من رجل أعجمي، وإن لم يكن للولاية أهلاً فإنّه يصيب تجارة رابحة أو حرفة عزيزة.

Jika mimpi seolah olah adzan di atas bukit maka dia akn mendapatkan kekuasaan dari orang yang buta, jika dia bukan orang yang pantas menerima kekuasaan maka dia akan mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan atau medapatkan profesi yang terhormat

فإن رأى أنّه زاد في الأذان أو نقص منه أو غير ألفاظه، فإنه يظلم الناس بقدر الزيادة والنقصان. 

Jika mimpi bahwa dia menambah, mengurangi atau merubah lafadz adzan maka dia akan mendholimi manusia seukuran tambah dan kurangnya adzan.

وإن أذن في شارع، فإن كان من أهل الخير فإنّه يأمر بالمعروف وينهى عن المنكر، وإن كان من أهل الفساد فإنّه يضرب،

Jika mimpi adzan di jalanan jika dia termasuk orang baik maka dia akan amar ma'ruf nahi mungkar, jika dia termasuk orang yang berbuat kerusakan maka dia akan dipukul orang.

ومن رأى كأنّه يؤذن على حائط فإنّه يدعو رجلاً إلى الصلح، وإن أذن فوق بيتٍ فإنّه يموت أهله، فإن أذن فوق الكعبة فإنّه يظهر بدعة، والأذان في جوف الكعبة لا يحمد،

Barang siapa mimpi seolah olah adzan di atas tembok maka dia akan mengajak seseorang untuk berdamai.jika mimpi adzan di atas rumah maka ada keluarganya yang akan meninggal.jika mimpi adzan di atas ka'bah maka dia akan melakukan bid'ah secara terang-terangan.mimpi adzan di atas ka'bah tidak terpuji.

ومن أذن على سطح جاره فإنّه يخون جاره في أهله. ومن أذن بين قوم فلم يجيبوه فإنّه بين قوم ظلمة، لقوله تعالى: " فَأذَّنَ مُؤَذْن بَيْنَهُمْ أَنْ لَعْنَةُ الله عَلَى الظّالمينْ" .

Barang siapa mimoi adzan di atas loteng tetangganya maka dia akan mengkhianati istri tetanganya.barang siapa mimpi adan diantara kaum dan mereka tidak menjawabnya maka dia akan merada ditangah-tengah kaum yang dholim karena Allah ta'ala berfirman :" kemudian seorang penyeru mengumumkan diantara kedua golongan itu 'kutukan Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dholim 'al a'rof ayat 44.

ومن رأى أنّه أذن وأقام، فإنّه يقيم سنة ويميت بدعة. ومن رأى صبياً يؤذن فإنّه براءة لوالديه من كذب وبيتان، لقصة عيسى عليه السلام. 

jika mimpi adzan dan iqomat maka dia akan menegakkan sunnah dan mematikan bid'ah.barang siapa mimpi anak kecil adzan maka dia akan terbebas dari kebohongan dan dusta thd kediua ortunya karena kisahnya nabi Isa alaihis salaam

والأذان في الحمام لا يحمد ديناً ولا دنيا، وقيل أنّه يقود. فإن أذن في البيت الحار، فإنه يحم حمى ناقض. فإن أذنٍ في البيت البارد، فإنّه يحم حمى حارة، ومن أذن على باب سلطان، فإنّه يقول حقاً.

Mimpi adzan di kamar mandi tidaklah terpuji baik agama maupun dunianya, ada yang mengatakan bahwa takwilnya adalah dia akan menjadi petuh.jika mimpi adzan di rumah yang panas maka dia akan demam menggigil.jika mimpi adzan di rumah yang dingin maka dia akan demam dengan panas yang tinggi .barang siapa mimpi adzan di depan pintu sulton maka akan mengatakan kebenaran.

- Kitab tafsirul ahlam ibnu srin halaman 13 :

وحكي عن ابن سيرين رحمه الله أنه قال: الأذان مفارقة شريك، لقوله تعالى: " وَأذَانٌ مِنَ الله وَرَسُولِهِ إلىَ النّاس يَوْمَ الحَجِّ الأكْبَر" . الاية فإن أذن في قافلة فإنه يسرق، لقوله تعالى: " أيَّتُهَا العِيرُ إنّكُمْ لَسَارِقون" .

Dikisahkan dari ibnu sirin -semoga Allah merahmatinya- bahwa beliau berkata :adzan ditakwilkan dengan perpisahan dengan teman karena Allah ta'ala berfirman :" dan inilah suatu pemakluman dari Allah dan rasul-Nya kepada manusia pada hari haji akbar "at taubah ayat 3.

Jika mimpi adzan pada suatu kafilah maka dia akan mencuri karena Allah ta'ala berfirman :" Hai kafilah, sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang mencuri "yusuf ayat 70 :

والأذان في البرية أو المعسكر يكون جاسوساً للصوص ومن كان محبوساً فرأى كأنّه يقيم أو يصلي قائماً، فإنّه يطلق. لقوله تعالى: " فَإنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصلاة" . ومن رأى غير محبوس أنه يقيم إقامة الصلاة، فإنّه يقوم له رفيع يحسن الثناء عليه فيه. ومن رأى كأنّه أقام على باب داره فوق سرير، فإنّه يموت. 

Mimpi azan di darat atau di barak militer maka pelakunya kaan menjadi mata-mata pencuri.jika seseorang dipenjara kemudian mimpi iqomat atau sholat sambil berdiri maka dia akan terbebas karena Allah ta'ala berfirman : "Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat "at taubah ayat 5. Jika orang yang tidak dipenjara bermimpi iqomat utuk sholat maka dia akan melakukan perkara yang penting dan mendapatkan pujian yang baik.barang siapa mimpi seolah olah iqomat di depan pintu rumahnya dia atas kasur maka dia akan mati.

ومن رأى كأنّه يؤذن على سبيل اللهو واللعب، سلت عقله، لقوله تعالى: " وَإذَا نَادَيْتُمْ إلىَ الصَّلاة اتّخذُوهَا هُزْواً وَلَعِبَاً ذَلِكَ بأنّهمْ قَوْئم لا يَعْقِلُونَ" .وحكي عن دانيال الصغير أنه قال: من رأى كأنّه أذن وأقام وصلى، فقد تم عمله، وهو دليل الموت. 

Barang siapa mimpi seolah olah adzan dengan dipemainkan maka akalnya akan hilang karena Allah ta'ala berfirman :" dan apabila kamu menyeru untuk mendirikan sholat, mereka menjadikannya sebagai bahan olok-olokkan dan permainan, hal itu dikarenakaa mereka adalah kaum yang tdk mempergunakan akal "al maidah ayat 58

Dikisahkan dari Danial as shoghir bahwa beliau berkata :barang siapa mimpi seolah olaha dzan dan iqomat kemduian sholat maka amalannya sudah sempurna dan menunjukkan kematian.

ومن سمع أذاناً في السوق، فإنّه موت رجل من أهل تلك السوق. ومن سمع أذاناً يكرهه، فإنه ينادي عليه في مكروه.

Jika mimpi mendengar adzn di pasar maka menunjukkan matinya seseorang dari warga pasarbarang siapa mimpi mendengar adzan yang dibenci maka dia akan diseru dengan cara yang dibencinya.

قال الأستاذ أبو سعد: الأصل في هذا الباب، أنّ الأذان إذا رآه من هو أهل كان محموداً إذا أذن في موضعه. وإذا رآه من ليس بأهل، أو رآه في غير موضعه، كان مكروهاً. 

Al-ustadz abu said berkata :berkenaan dengan mimpi adzan pada prinsipnya jika seseorang mimopi adzan dan dia cakap dalam melakukannya maka ditakwilkan dengan kebaikan jika adzan pada tempatnya.jika yang mimoi bukan orang yang cakap dalam melakukannya , atau adzan bukan pada tempatnya maka ditakwilkan dengan sesuatu yang tidak disukai.

فإن أذن في مزبلة فإنّه يدعو أحمق إلِى الصلح ولا يقبل منه، وإن أذن في بيت فإنّه يدعو امرآة إلى الصلح، فإن أذن مضطراً فإنّه يغشى امرأة.

Barang siapa mimpi adzan di tempat sampah maka dia akan menyeru orang yang dungu untuk berdamai dan dia tidak menyambutnya.jika mimpi adzan di dalam rumah maka dia akan mengajak wanita untuk berdamai.jika mimpi adzan dengan terpaksa maka dia akan menggauli istrinya.

وحكي أنّ رجلاً أتى ابن سيرين، فقال رأيت كأنّي أؤذن، فقال تحج. وأتاه آخر فقال رأيت كأنّي أؤذن فقال تقطع يدك، قيل له كيف فرقت بينهما? قال رأيت للأول سيماً حسنة، فأولت" وأذن في الناس بالحج" . ورأيت للثاني سيماً غير صالحة فأولت"فأذن مؤذن أيتها العير إنكم لسارقون" .

Dikisahkan bahwa seseorang mendatangi Ibnu sirin kemudian berkata :" aku mimpi seolah olah adzan "ibnu sirin berkata : " engkau akan haji ".
Orang lain datang dan berkata :" aku mipi seolah-olah aku adzan "ibnu sirin berkata : " tanganmu akan terpotong "
Ditanyakan kepada beliau : " mengapa kau bedakan kedua orang itu ?"ibnu sirin berkata : " aku melihat penampilan yang bagus pada orang yang pertama maka kutakwilkan dengan firman Allah :" dan serulah kepada manusia supaya berhaji "al hajj ayat 27. Sedangkan orang yang kedua kulihat berpenampilan tidak saleh maka kutakwilkan dengan firman Allah :" kemudian seorang penyeru berseru, ' hai kafilah, kalian adalah para pencuri ."yusuf ayat 70. Wallohu a'lam. [Mas Hamzah].

LINK DISKUSI :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1124544074235066
www.fb.com/notes/1127401047282702