Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4645. PERBEDAAN ORANG MUNAFIQ DAN RIYA'

PERTANYAAN :

Assalamualaikum, teman. Mau tanya, butuh jawaban anda dan pendapat anda. Bukan pendapat dan jawaban mbah google. Tak boleh nyontek google, perbedaan orang munafik dan orang riya' itu apa....? [Luri Ahmad Jalil].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam.
المنافق : هو الذى يضمو الكفر اعتقادا , ويظهر الايمان قولا.
الرياء : ترك الاخلاص فى العمل بملاحظة غير الله فيه 

Dilihat dari ta'rifnya sudah beda, perbedaan antara orang munafiq dan orang riya' bahwa orang munafiq memperlihatkan keimanan menyembunyikan kekufurannya, sedangkan orang riya' memperlihatkan apa yang tidak ada di dalam hatinya misalnya tambahnya kekhusyu'an agar diyakini oleh orang yang melihat bahwa dia orang yang beragama. Orang munafiq tidak sholat sembunyi-sembunyi, orang yang riya' sholatnya lebih bagus ketika ada orang-orang. Wallohu a'lam.

- kitab tafsir al kabir, surat al ma'un ayat 6 :

أما قوله تعالى : ( الذين هم يراءون ) فاعلم أن الفرق بين المنافق والمرائي : أن المنافق هو المظهر للإيمان المبطن للكفر ، والمرائي المظهر ما ليس في قلبه من زيادة خشوع ليعتقد فيه من يراه أنه متدين ، أو تقول : المنافق لا يصلي سرا والمرائي تكون صلاته عند الناس أحسن .

- kitab tafsir al khozin (6/312) :

والفرق بين المنافق ، والمرائي أن المنافق هو الذي يبطن الكفر ويظهر الإيمان ، والمرائي يظهر الأعمال مع زيادة الخشوع ليعتقد فيه من يراه أنه من أهل الدّين والصّلاح أما من يظهر النّوافل ليقتدى به ويأمن على نفسه من الرّياء ، فلا بأس بذلك وليس بمراء

Perbedaan antara orang munafiq dan orang riya', bahwa orang munafiq adalah orang yang menyembunyikan kekufuran dan memperlihatkan keimanan, sedangkan orang yang riya' memperlihatkan amalan-amalan beserta tambahnya khusyu' agar di yakini oleh orang yang melihatnya bahwa dia adalah orang yang ahli agama dan sholeh. Adapun orang yang memperlihatkan amalan-amalan sunnah agar diikuti dan aman dari riya' terhadap dirinya sendiri maka tidak apa-apa dan tidak termasuk orang yang riya'. Wallohu a'lam.
MUJAWIB : Akhbib Maulana, Mas Hamzah

LINK DISKUSI :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1113078658714941
www.fb.com/notes/1125751240781016