Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4514. KAJIAN KITAB TANBIHUL GHOFILIN : MENATA NIAT YANG BAIK

Oleh: Ust. Mas Hamzah
MENATA NIAT YG BAIK

Dinukil dari kitab Tambihul Ghofilin

قَالَ حَامِدٌ اللّفافُ: إِذَا أَرَادَ اللَّهُ هَلَاكَ امْرِئٍ عَاقَبَهُ بِثَلَاثَةِ أَشْيَاءَ،أَوَّلُهَا يَرْزُقُهُ اللَّهُ الْعِلْمَ وَيَمْنَعُهُ عَنْ عَمَلِ الْعُلَمَاءِ، وَالثَّانِي يَرْزُقُهُ صُحْبَةَ الصَّالِحِينَ وَيَمْنَعُهُ عَنْ مَعْرِفَةِ حُقُوقِهِمْ،وَالثَّالِثُ يَفْتَحُ عَلَيْهِ بَابَ الطَّاعَاتِ وَيَمْنَعُهُ مِنْ إِخْلَاصِ الْعَمَلِ.إِنَّمَا يَكُونُ ذَلِكَ لِخُبْثِ نِيَّتِهِ وَسُوءِ سَرِيرَتِهِ لِأَنَّ النِّيَّةَ لَوْ كَانَتْ صَحِيحَةً لَرَزَقَهُ اللَّهُ تَعَالَى مَنْفَعَةَ الْعِلْمِ وَالْإِخْلَاصَ لِلْعَمَلِ وَمَعْرِفَةَ حُرْمَةِ الصَّالِحِينَ.

Hamid al lafaf berkata :
" ketika Allah berkehendak merusak pada seseorang maka Allah menghukumnya dengan tiga hal :

1. Allah memberikan kepadanya ilmu dan mencegahnya dari beramal dengan amalannya ahli ilmu.(maksudnya, mempunyai ilmu tapi tdk mau mengamalkan ilmunya)

2. Allah memberikan kepadanya bersahabat dengan orang2 sholeh dan mencegahnya dari mengetahui hak2 orang sholeh.(maksudnya, sering berkumpul dengan orang2 sholeh tapi malah merendahkan dan menghina mereka)

3. Allah membukakan kepadanya pintu ketaatan dan mencegahnya dari ikhlas dalam beramal.(maksudnya, sering beramal tapi tdk ikhlas)

semua hal itu terjadi sebab buruknya niat dan buruknya hati, karena jika memang benar niatnya baik maka Allah ta'ala akan memberikan manfaatnya ilmu yaitu beramal dengan ilmu, memberikan ikhlas dalam beramal dan memberikan pengetahuan tentang kehormatan orang2 sholeh.

wallohu a'lam.

تنبيه الغافلينابو الليث السمرقندى

 =========
LINK ASAL: