Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4354. HUKUM MEMBACA SURAT ALFATIKHAH DI AKHIR MAJLIS

PERTANYAAN :

Assalammualaikum.wr.wb. Dapat titipan nih. kulo bade tangled....adakah keterangan dari kitab atau lainnya yang menyatakan bahwa surat al-fatihah itu dibaca setelah membaca surat atau al-qur'an.. bukankah al-fatihah itu artinya pembukaan tetapi kasus yang saya temukan ini al-fatihah di baca sebagai penutupan. Mohon penjelasannya.. matur nuwun :-) [ Fadjhar Bhaee ].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh. Mungkin maksudnya ketika ada perkumpulan, atau ada musyawarah setelah selesai kemudian membaca " alfaatekhah..". kayak disikusi PIS-KTB disini setelah ada yang menjawab dengan jelas dan di komentari "bungkus " kemudian ada yang bilang " al faatekhah.. "

Hal itu adalah boleh, bahkan dianggap baik secara syar'i sebagaimana keterangan dalam kitab  nihayatul mufid disebutkan : Masalah syin : telah berlaku kebiasaan umum muslimin di semua tempat yaitu mentartibkan baca surat al fatekhah dan membacanya setelah berdoa dalam akhir majlis - sampai perkataan mushonnef -maka ini adalah hal yang dianggap baik secara sayr'ie walaupun tdk terdapat asalnya dari kitab dan sunnah. Wallohu a'lam.
Referensi :
- kitab nihayatul mufid halaman 17-19 :

نهاية المفيد ص ١٧~١٩مسألة ش ؛ جرت عادة عامة المسلمين بجميع الاقطار ترتيب الفاتحة وقراءتها بعد الدعوات فى ختام المجالس - الى ان قال - فهي مستحسنة شرعا وان لم يكن لها اصل من كتاب وسنة ٠

MUJAWWIB :
 Mas Hamzah, Anake Garwane Pake

LINK ASAL :