Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4332. HADITS TENTANG YANG DIKHAWATIRKAN ROSULULLOH SAW

PERTANYAAN:
Hardi Wijaya
assalamu alaikum
smg rahmat Alloh tetap tercurahkan pada kita semua wa bilkhusus para habaib ,kiyai dan ustad Aamiiin. . .
saya mau tanya :
apakah hadist ini hanya berlaku pada para sahabat Nabi Muhammad / kaum muslimiin di masa itu atau berlaku selamanya . . .
mohan kasih teks arabnya hadist ini . . .
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda “Aku mendahului kalian ke telaga.Lebar telaga itu sejauh antara Ailah ke Juhfah.
Aku tidak khawatir bahwa kalian akan kembali musyrik
sepeninggalku. Tetapi yang aku takutkan ialah kamu terpengaruh oleh dunia. Kalian berlomba-lomba untuk mendapatkannya kemudian berbunuh-bunuhan, dan akhirnya kalian musnah seperti kemusnahan umat sebelum kalian”.
(HR Muslim4249)
makasih
JAWAB:
ماس همزاه .
wa'alaikum salam wr.wb
hadits tsb berlaku utk ummat nabi selamanya
Dari uqbah bin amir
قَالَ صَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى قَتْلَى أُحُدٍ ثُمَّ صَعِدَ الْمِنْبَرَ كَالْمُوَدِّعِ لِلْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ فَقَالَ إِنِّي فَرَطُكُمْ عَلَى الْحَوْضِ وَإِنَّ عَرْضَهُ كَمَا بَيْنَ أَيْلَةَ إِلَى الْجُحْفَةِ إِنِّي لَسْتُ أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُشْرِكُوا بَعْدِي وَلَكِنِّي أَخْشَى عَلَيْكُمُ الدُّنْيَا أَنْ تَنَافَسُوا فِيهَا وَتَقْتَتِلُوا فَتَهْلِكُوا كَمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ قَالَ عُقْبَةُ فَكَانَتْ آخِرَ مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْمِنْبَرِ
Rasululloh shollallohu ‘alaihi wasallam pernah bersabda mengenai para korban perang Uhud. Beliau naik ke mimbar seolah-olah memberi amanat kepada yang masih hidup dan yang telah syahid. Sabda beliau:
" Aku mendahului kalian ke telaga. Lebar telaga itu sejauh antara Ailah ke Juhfah. Aku tidak khawatir bahwa kalian akan kembali musyrik sepeninggalku. Tetapi yang aku takutkan ialah kamu terpengaruh oleh dunia. Kalian berlomba-lomba untuk mendapatkannya kemudian berbunuh-bunuhan, dan akhirnya kalian musnah seperti kemusnahan umat sebelum kalian."
Kata ‘Uqbah; Itulah yang terakhir kali aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpidato di mimbar.
===
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِنِّـىْ فَـرَطُـكُـمْ وَأَنـَا شَــهِــيـْـدٌ عَــلَـيـْـكُـمْ وَإِنِِّـى وَاللهِ لأَنْـظُـرُ إِلَـى حَـوْضِـى اْلآنَ وَإِنِّـى قَدْ أُعْـطِـيْتُ مَـفَـاتِـيْحَ خَــزَائِـنِ اْلأَرْضِ أَوْ مَـفَـاتِـيـْحَ اْلأَرْضِ وَإِنِّى وَاللهِ مَـا أَخـَافُ عَـلَـيـْكـُمْ أَنْ تُـشْــرِكُـوْا بَـعْـدِىْ وَلَـكِنى أَخـَافُ عَــلَــيْـكُـمْ أَنْ تَـنَـافَـسُــوْا فِـيـْهــَا
.
"Sesungguhnya aku mendahului kamu semua, dan aku bersaksi atas kamu semua, dan sesungguhnya demi Allah, aku benar-benar melihat Hawđ-ku (kolam di Syurga) sekarang ini, dan sesungguhnya aku telah diberikan kunci-kunci khazanah bumi atau kunci-kunci bumi, dan aku demi Allah sesungguhnya tidak takut kamu berlaku syirik selepas (wafat) ku, akan tetapi aku takut atas kamu bahawa kamu berlumba-lumba padanya (mengejar keduniaan)."
(HR Muslim )
===
- kitab syarah nawawi ala muslim
وفي هذا الحديث معجزات لرسول الله صلى الله عليه وسلم ؛ فإن معناه الإخبار بأن أمته تملك خزائن الأرض ، وقد وقع ذلك ، وأنها لا ترتد جملة ، وقد عصمها الله تعالى من ذلك ، وأنها تتنافس في الدنيا ، وقد وقع كل ذلك .
dalam hadis ini terdapat mu'jizat Rasululloh shollallohu alaihi wasallam karena maknanya adalah pemberitahuan bahwa sesungguhnya ummat beliau akan memiliki kunci2 khazanah bumi dan hal itu telah terjadi,
dan bahwa sesungguhnya ummat beliau tdk akan murtad secara massal dan Allah ta'ala telah menjaganya dari hal itu ,
dan sesungguhnya ummat beliau akan berlomba lomba dalam mengejar dunia.
dan semua itu telah terjadi .
(maksudnya, di zaman imam nawawi semua itu telah terjadi)
wallohu a'lam.
===
LINK DISKUSI: