Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4314. TAFSIR MIMPI : BERMIMPI QIYAMAT

PERTANYAAN:

Ayu Intan Az-zazira

Asalamualaikum.wr.wb.
Ini mau bertanya soal mimpi.sya pernah bermimpi , dan mimpi itu gambaran sperti kiamat , namun dlam mimpi tersebut sya dan teman sya termasuk glongan yang baik dan di selamatkan .dan saya mimpi ini sudah 3 kali.Ada yang tahu makna dari mimpi ini.Tlong dijawab.Syukron


JAWABAN:


>Rizalullah

wa'alaikum salam wr wb

وإن رأى كأنه حوسب حساباً يسيراً دلت رؤياه على شفقة زوجته عليه وصلاحها وحسن دينها،

Jika selamatnya karena ia dihisab dengan hisaban yang ringan ,maka tanda akan mendapat isteri yang yang welas asih dan bagus agamanya, Jika sudah beristeri,isterinya akan sholihah (bisa bertambah kesholehannya,atau jika berperangai buruk,akan berubah secara bertahap menjadi sholehah

وإن رأى كأن الله سبحانه وتعالى يحاسبه وقد وضعت أعماله فى الميزان فرجحت حسناته على سيئاته فإنه فى طاعة عظيمة

Jika selamatnya karena timbangan kebaikannya lebih banyak dari keburukannya,maka pertanda ia dalam ketaatan yang besar (banyak taatnya)

wallohu a'lam

Secara umum mimpi qiyamat adalah bisa berarti - tabsyir/berita kebahagian , jika selama ini melakukan ketaatan kepada Allah dan rosulNya- Peringatan , jika selama ini banyak berbuat dosa dan ma'shiyat, ini peringatan agar orang yang mimpi segera bertaubat.

wallohu a'lam

فسيرات رؤية القيامة فى المنام مأخوذة عن العلماء القدماء ومنهم ابن سيرين.. من رأي كأنه ظهر دليل من أدلة الساعة بمكان.. مثل طلوع الشمس من مغربها وخروج دابة الأرض أو الدجال أو يأجوج ومأجوج، فإن كان عاملاً بطاعة الله عز وجل، كانت رؤياه بشارة له، وإن كان عاملاً بمعصية الله تعالى أو هاماً بها، كانت رؤياه له نذيراً لترك ما هو عليه وتصحيح أخطائه. قال الله تبارك وتعالى: (وتضع الموازين القسط ليوم القيامة فلا تظلم نفس شيئاً) الأنبياء 47.. و من رأى كأن القيامة قد قامت فى مكان فإنه يبسط العدل فى ذلك المكان لأهله فينتقم من الظالمين هناك وينصر المظلومون.. لأن ذلك يوم الفصل والعدل.

http://www.gn4me.com/gn4me/details.jsp?artId=3985427


>ماس همزاه .

kiyamat dalam mimpi artinya adalah peringatan bagi si pemimpin atas kemaksiyatan yg di niatkannya, kiyamat adalah keadilan bagi orang yg di dholimi dari orang yg dholim, jika mimpi bahwa kiyamat telah tegak atasnya dan dia sendirian maka dia akan meninggal.jika mimpi berdiri dihari kiyamat maka dia akan bepergian.

jika mimpi dihisab dengan hisab yg berat maka menunjukkan atas kerugian yg terjadi padanya, jika mimpi bahwa Allah azza wajallan menghisabnya dan amalan2 diletakkan pada timbangan kemudian kebaikanya lebih berat daripada keburukannya maka ini menunjukkan ketaatan yg agung dan dia mendapatkan pahala yg besar disisi Allah, jika keburukanya lebih berat maka usrusan agamanya mengkhawatirkan.dikatakan bahwa barang siapa mimpi bahwa kiyamat telah tegak maka dia akan selamat dari keburukan musuh2nya, atau menjadi fitnah pada manusia.

barang siapa mimpi mengambil buku catatan amalnya dengan tangan kanannya maka dia mendapatkan kebaikan, kekayaan dan keluhuran,jika mengambilnya dengan tangan kiri maka dia akan binasa dengan dosa, kefakiran dan kebutuhan.barang siapa mimpi di atas titian dan slamat maka dia akan selamat dari fitnah dan musibah yg berat.

wallohu a'lam.

- kitab tafsir ahlam an nabulisi halaman 246

القيامة

هي في المنام نذير وتحذير لمن رآها من معصية هم بها. والقيامة عدل لانصاف المظلوم من الظالم. ومَن رأى أن القيامة قامت عليه وحده فإنه يموت. ومَن رأى أنه واقف في القيامة فإنه يسافر. 

ومَن رأى أنه حوسب حساباً شديداً دلّت رؤياه على خسران يقع له. وإن رأى أن اللّه عز وجل يحاسبه وقد وُضعت أعماله في الميزان فرجحت حسناته على سيئاته فإنه في طاعة عظيمة، وله عند اللّه مثوبة جزيلة، وإن رجحت سيئاته على حسناته فإن أمر دينه مخوف عليه. وقيل: مَن رأى أن القيامة قامت فإنه ينجو من شر أعدائه، أو تكون فتنة في الناس. 

ومَن رأى أنه أخذ كتابه بيمينه فاز بالصلاح والغنى والعز، وإن أخذه بشماله هلك بالإثم والفقر والحاجة. ومن رأى أنه على الصراط سليماً نجا من شدة وفتنة وبلاء


LINK DISKUSI:
 https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/975285519160923/
https://www.facebook.com/notes/www.piss-ktb.com/976238799065595