Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4297. INILAH BACAAN TASBIHNYA MALAIKAT JIBRIL

PERTANYAAN :

Assalamualaikum.wr.wb. Ustadz/zah Piss-KTB mau nanya : apa isi dari Tasbih Malaikat Jibril dan apakah benar kalau kita mengamalkannya kita dapat melihat tempat kita di syurga ? Mohon pencerahannya? Syukron, jazaakumullah. [Muhammad Rangga].

JAWABAN :

Wa alaikum salaam. Benar. Setiap malaikat memiliki tugas tersendiri " Pendapat Imam Gozali rah : " Para malaikat berada satu maqom ", kalau diciptakan untuk sujud maka bersujud sampai hari kiamat, begitu juga yang diciptakan untuk bertasbih maka terus bertasbih sampai hari kiyamat tidak berpindah-pindah tidak seperti manusia". Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu ". Tentang bacaan tasbih tersebut " yang dibaca oleh para malaikat penjaga laut " barangsiapa membecanya 100 kalau dalam sehari maka tidak akan mati sebelum ia melihat tempat duduknya di surga " ini kisah Ibrahim bin Adam rah , ketika ada dipinggir laut " mendengar bacaan tasbih seperti lebah. ( Kisahnya ada dalam Ihya uluumuddin milik Imam Gozali rah ).

Telah berkata Abu Thalib Al Makki dalam kitab “Quutul Quluub”: Diceritakan kepada kami dari Ibrahim Bin Adham dari sebagian Wali Abdal, bahwasanya pada suatu malam ia sholat di tepi laut, Kemudian ia mendengar suara nyaring mengucapkan tasbih tanpa Kelihatan siapa yang mengucapkannya. Ia berkata, Lalu aku Berteriak : “Siapakah anda? saya mendengar suaramu tetapi tidakmelihat Rupamu?” Jawab: “Aku adalah malaikat penjaga laut ini, aku selalu mengucapkan tasbih ini sejak aku diciptakan”
Aku bertanya : “Siapa namamu? Jawab : “Mahlahyaabil”
Tanya : “Apa pahala orang yang mengucap tasbih tersebut?” Jawab : “Barang siapa mengucapkannya seartus kali, maka ia tidak akan mati melainkan setelah melihat tempatnya di surga Atau diperlihatkan kepadanya.

سبحا ن الله العلي الد ىا ن سبحا ن الله شد يد الا ر كا ن سبحا ن الله من ىاء تى با لليل و ىذ هب با لنهار سبحا ن من لا يشغله ساءن عن ساءن سبحا ن الله الحنا ن المنا ن سبحا ن الله في كل مكا ن

Dan didalam riwayat lain dari Abi Zahra : tukang adzan di Masjidil Muqaddis,beliau berkata : suatu ketika saya sholat di Baitul Muqaddis, lalu saya sholat witir di padang pasir, tiba-tiba datang kantukku sehingga saya tertidur, akhirnya pintu kotapun di tutup. Saya tidak terjaga sama sekali, melainkan setelah mendengar Suara halus sayap- sayap malaikat yang telah memenuhi padang Pasir. Salah satu malaikat yang denganku berkata :”Apakah anda manusia?”. Saya jawab :”ya”
Lalu saya jelaskan bahwa saya tertidur disitu. Ia berkata :”tidak apa-apa”. Kemudian saya mendengar suatu suara disebelah kananku mengucapkan :

سبحا ن القا ئم الدائم سبحا ن الواحدالاحدالفردالصمدالحي القيوم سبحا ن الذى لاىموت سبحان الله وبحمده سبحا ن الملك القدوس سبوح قدوس رب الملا ئكة والروح سبحا ن العلي الا علا سبحا نه و تعال

Dan suara disebelah kiriku mengucapkan ucapan yang serupa. Dan akhirnya malaikat-malaikat yang ada di situ semuanya Mengucapkan tasbih tersebut. Maka saya bertanya kepada Malaikat di dekatku :”Siapakah malaikat disebelah kanan itu?”
Jawab :”itu adalah Jibril”. Saya bertanya lagi : ”Dan disebelah kiri itu siapa?”. Jawab :”itu Mikail”
Lalu saya berkata kepadanya :”Apa pahala bagi orang yang mengucapkan tasbih seperti yang kalian ucapkan ini?”
Ia menjawab :”Barang siapa mengucapkan seperti apa yang kami ucapkan sebanyak hitungan hari dalam setahun, setiap hari satu atau jadikan satu, maka kelak akan melihat tempatnya di surga”

Saya berkata dalam hati :”Mungkin saya tidak akan hidup sampai satu tahun untuk mencukupi hitungannya, maka lebih baik saya berkhalwat dan saya baca sekaligus 360 kali”. (Dinukil dari kitab Al-Qirthaas oleh Habib Ali bin Hasan Al Athas).
Sumber :
https://koetaradja.wordpress.com/2013/07/17/tasbih-malaikat-penjaga-laut-dan-malaikat-jibril/

- http://shamela.ws/browse.php/book-482/page-71 :

وحدثونا عن إبراهيم بن أدهم عن بعض الأبدال أنه قام ذات ليلة يصلي على شاطئ البحر فسمع صوتاً عالياً بالتسبيح ولم يرَ أحداً فقال: من أنت أسمع صوتك ولا أرى شخصك، فقال أنا ملك من الملائكة موكل بهذا البحر أسبح الله عزّ وجلّ هذا التسبيح منذخلقت قلت فما اسمك؟ قال مهيهيائيل، قلت: فما ثواب من قاله؟ قال: من قاله مائة مرة لم يمت حتى يرى مقعده من الجنة أو يرى له، وهو هذا التسبيح: سبحان الله العلي الديان، سبحان الله شديد الأركان، سبحان من يذهب بالليل ويأتي بالنهار سبحان من لا يشغله شأن عن شأن، سبحان اللّّه الحنان، المنان، سبحان الله المسبح في كل مكان، وإن كان للعبد من الصلاة أوراد معلومة فحسناً قد فعل كان من التابعين من ورده في كل يوم ثلاثمائة ركعة وأربعمائة ركعة وكان منهم من ورده ستمائة ركعة إلى ألف ركعة وأقل ما نقل عنه من الأوراد مائة ركعة في اليوم، وكان كرز بن وبرة مقيماً بمكة وكان

- kitab tarikh dimasyqo ibnu asakir :

عَنْ أَبَانٍ ، عَنْ أَنَسٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " مَنْ قَالَ كُلَّ يَوْمٍ مَرَّةً : سُبْحَانَ الْقَائِمِ الدَّائِمِ , سُبْحَانَ الْحَيِّ الْقَيُّومِ ، سُبْحَانَ الْحَيِّ الَّذِي لا يَمُوتُ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ ، سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَلِيِّ الأَعْلَى ، سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى ، لَمْ يَمُتْ حتى يَرَى مَكَانَهُ مِنَ الْجَنَّةِ أَوْ يُرَى لَهُ " ، انْتَهَى . .

Dari aban, dari anas berkata, Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : " Barang siapa setiap hari membaca sekali kalimat : subhanalloh al-qoim ad-daim, subhanal hayyil qoyyum....dst, maka tidak akan meninggal hingga melihat tempatnya di syurga atau diperlihatkan kepadanya ". Wallohu a'lam bis showab. (Kumbang Gurun, Erlangga As Sumatrani, Mas Hamzah).

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/960092377346904/

www.fb.com/notes/www.piss-ktb.com/969797976376344