Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4294. AQIDAH : JARAK ANTARA DUA TIUPAN SANGKAKALA

PERTANYAAN :

Muhammad Sofyan

Salam.
Mau bertanya, ini pertanyaan titipan..
Selang waktu antara tiupan sangkakala pertama dg yg kedua brp lama yaa?
mohon berikut referensinya yaa..

JAWABAN :

> Mas Hamzah

wa alaikumus salaam
jarak waktu antara kedua tiupan sangkakala adalah 40.

عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما بين النفختين أربعون قالوا يا أبا هريرة أربعون يوما قال أبيت قالوا أربعون شهرا قال أبيت قالوا أربعون سنة قال أبيت

dari Abu Hurairoh berkata, Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :“Jarak antara dua tiupan itu adalah empatpuluh.”

Mereka bertanya: “Wahai Abu Hurairoh, apakah yang dimaksud empatpuluh hari?”Beliau berkata: “Aku menolak (menjawabnya).” Mereka bertanya lagi: “Apakah empatpuluh bulan?” Beliau berkata: “Aku menolak (menjawabnya).” Mereka bertanya kembali: “Apakah empatpuluh tahun?” Beliau tetap menjawab: “Aku menolak (menjawabnya).”
(HR.Muslim )

- komentar Imam nawawi dalam syarah muslim (9/292) :

معناه أبيت أن أجزم أن المراد أربعون يوما ، أو سنة ، أو شهرا ، بل الذي أجزم به أنها أربعون مجملة ، وقد جاءت مفسرة من رواية غيره في غير مسلم أربعون سنة . 

Makna ucapan Abu Hurairoh (dalam hadits tersebut) adalah “Aku menolak untuk menyatakan dengan pasti bahwa yang dimaksud adalah empatpuluh hari atau bulan atau tahun. Yang aku nyatakan dengan pasti adalah empatpuluh, tanpa tambahan hari, bulan atau tahun.” Terdapat riwayat yang menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah empatpuluh tahun, namun bukan dalam Shahih Muslim.

- kitab fathul bary (8/552)

وزعم بعض الشراح أنه وقع عند مسلم أربعين سنة ولا وجود لذلك ، نعم أخرج ابن مردويه من طريق سعيد بن الصلت عن الأعمش في هذا الإسناد " أربعون سنة " وهو شاذ . ومن وجه ضعيف عن ابن عباس قال : " ما بين النفخة والنفخة أربعون سنة " ذكره في أواخر سورة " ص "

Sebagian ulama yang mensyarah menyatakan bahwa dalam riwayat Muslim ada yang menyebutkan dengan empatpuluh tahun. Namun sebenarnya riwayat ini tidak ada dalam Shahih Muslim. Memang ada yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari jalan Sa’id bin Ash-Shald, dari Al-A’masy, dengan menyebutkan arba’una sanah (empatpuluh tahun). Namun riwayat ini syadz(ganjil).dan dari pendapat lemah dari ibnu Abbas berkata : " jarak antara tiupan dan tiupan lainnya adalah 40 tahun. "

wallohu a'lam bis showab (NN)

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/960815587274583/?hc_location=ufi
https://www.facebook.com/notes/www.piss-ktb.com/969797836376358