Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

4120. SIAPAKAH MALAIKAT RUMAN ?

PERTANYAAN

Assalamu'alaikum. Bismillah. Adakah malaikat bernama ruman (رومان) ? Apakah tugasnya? [Nyuprih Restu].

JAWABAN

Wa'alaikum salam. Malaikat Ruman adalah salah satu malaikat kubur bahkan ada riwayat bahwa malaikat ruman itu ketuanya malaikat di alam kubur. Lihat :

شرح الصدور ص ١٢٤.
ﻭﺃﺧﺮﺝ ﺇﺑﻦ ﻻﻝ ﻭ ﺇﺑﻦ اﻟﺠﻮﺯﻱ ﻓﻲ اﻟﻤﻮﺿﻮﻋﺎﺕ ﻋﻦ ﺿﻤﺮﺓ ﺑﻦ ﺣﺒﻴﺐ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎ ﻓﺘﺎﻧﻮ اﻟﻘﺒﺮ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻣﻨﻜﺮ ﻭﻧﻜﻴﺮ ﻭﻧﺎﻛﻮﺭ ﻭﺳﻴﺪﻫﻢ ﺭﻭﻣﺎﻥ ﻗﺎﻝ ﺇﺑﻦ اﻟﺠﻮﺯﻱ ﻫﺬا اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻻ ﺃﺻﻞ ﻟﻪ ﻭﺿﻤﺮﺓ ﺗﺎﺑﻌﻲ ﻭﺭﻭاﻳﺔ اﻟﻮﻗﻒ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺛﺒﺖ ﺇﻧﺘﻬﻰ  ﻭﺳﺌﻞ ﺷﻴﺦ اﻹﺳﻼﻡ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻫﻞ ﻳﺄﺗﻲ ﻟﻠﻤﻴﺖ ﻣﻠﻚ ﺇﺳﻤﻪ ﺭﻭﻣﺎﻥ ﻓﺄﺟﺎﺏ ﺑﺄﻧﻪ ﻭﺭﺩ ﺑﺴﻨﺪ ﻓﻴﻪ ﻟﻴﻦ.

حلية الأولياء ج ٦ ص ١٠٤.
ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺑﻲ، ﺛﻨﺎ ﺇﺑﺮاﻫﻴﻢ، ﺛﻨﺎ ﺃﺣﻤﺪ، ﺛﻨﺎ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ، ﻋﻦ ﻋﺘﺒﺔ ﺑﻦ ﺿﻤﺮﺓ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻗﺎﻝ:  ﻓﺘﺎﻥ اﻟﻘﺒﺮ ﺛﻼﺛﺔ: ﺃﻧﻜﺮ ﻭﻧﺎﻛﻮﺭ ﻭﺳﻴﺪﻫﻢ ﺭﻭﻣﺎﻥ. و الله أعلم.

Dalam Kitab Ittihaf Saddah al- Muttaqiin, al-Zabidi mengatakan : “Hafizh Ibnu Hajar ditanyai, apakah malaikat yang bernama Rumaan mendatangi mayat, beliau menjawab : “hadits mengenai itu datang dengan sanad lemah”. Kemudian al-Zabidi mengatakan bahwa al-Suyuthi telah mengingkari penisbatan hadits yang menyebut nama Rumaan sebagai salah satu malaikat yang menjadi fitnah dalam kuburan kepada Ibnu Mas’ud, al-Suyuthi mengatakan : “ Tidak ada pada jalur-jalur hadits soal dalam kubur disebut Rumaan dan tidak ada juga dua malaikat yang menjadi fitnah dalam kubur sebelum datang malaikat Munkar dan Nakir, tetapi keduanya hanya Munkar dan Nakir saja. (al-Zabidi, Ittihaf Saddah al-Muttaqiin, Muarrisah li Tarikh al- Arabi, Beirut, Juz. X, Hal. 420 -421).

Dalam al-Fatawa al- Haditsiyah, Ibnu Hajar al- Haitami mengatakan :

ﻭﻓﻲ ﻣﺮﺳﻞ ﺿﻌﻴﻒ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﺛﻨﻴﻦ ﺁﺧﺮﻳﻦ ﻭﻫﻤﺎ ﻧﺎﻛﻮﺭ ﻭﺭﻭﻣﺎﻥ، ﻓﻌﻠﻴﻪ ﺗﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺴﺄﻟﻮﻥ ﺃﺭﺑﻌﺔ

Artinya : Dalam hadist mursal yang dha’if ada penambahan dua orang malaikat lain, yaitu Nakur dan Rumaan. Maka berdasarkan ini, malaikat yang bertanya dalam kuburan adalah empat. Wallohu A'lam. (Muhib Salaf Soleh, Pujangga Jomblo).

LINK ASAL
www.fb.com/groups/piss.ktb/944602095562599/

www.fb.com/notes/944663188889823