Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3992. MIMPI KETINGGALAN MELAKSANAKAN SHOLAT JUM'AT

PERTANYAAN :

> Santriwati Dumay
Assalaamu 'alaikum wr.wb. Sudah dua minggu ini saya sering mimpi tertinggal sholat jum'at,Artinya apa ya ? (pertanyaan titipan)

JAWABAN :

> Sunde Pati
Wa'alaikum salam wr wb. Bismillah,Semoga bisa membantu. Annabilsi mentafsirkan mimpi tentang Jum'at. Beliau berkata :

Siapa bermimpi bahwa ia berada dihari jum'at maka Allah akan mengumpulkan / mempertemukan urusan-urusan yang sudah pada bercerai berai.dan memindahkan yang sulit menjadi mudah serta memberi keberkahan
Jika bermimpi bahwa para manusia pada melakukan sholat jum'at di masjid sedangkan ia dirumah atau di tokonya yang mana ia mendengar suara takbir,ruku',sujud,tasyahud dan salam dan ia juga menyangka bahwa para manusia sudah pada kembali pulang maka umpama ia seorang pejuang disuatu daerah,ia akan di kucilkan dari daerah tersebut

ﻭﺍﻟﻨﺎﺑﻠﺴﻲ ﻓﺴﺮ ﺣﻠﻢ ﺭﺅﻳﺎ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﻗﺎﻝ : ﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﺎﻡ ﺃﻧﻪ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﺟﻤﻌﺔ، ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻳﺠﻤﻊ ﺃﻣﻮﺭﻩ ﺍﻟﻤﺘﻔﺮﻗﺔ، ﻭﻳﻨﻘﻠﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺴﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻴﺴﺮ، ﻭﺗﺄﺗﻴﻪ ﺍﻟﺒﺮﻛﺔ .ﻓﺈﻥ ﺭﺃﻯ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﺼﻠﻮﻥ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﻫﻮ ﻓﻲ ﺑﻴﺘﻪ ﺃﻭ ﺣﺎﻧﻮﺗﻪ ﻳﺴﻤﻊ ﺻﻮﺕ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻭﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻭﺍﻟﺴﺠﻮﺩ ﻭﺍﻟﺘﺸﻬﺪﻭﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻢ، ﻭﻳﻈﻦ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻗﺪ ﺭﺟﻌﻮﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻭﺍﻟﻲ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻜﻮﺭﺓ ﻳﻌﺰﻝ ﻣﻨﻬﺎ .

WALLOHU A'LAM

> Mas Hamzah
Wa'alaikum salam 
- Kitab Tafsirul Ahlam Ibnu Sirin 
الصفحة : 15

فإن رأى أنّ الناس يصلون الجمعة في الجامع وهو في بيته أو حانوته أو قرية يسمع التكبير والركوع والسجود والتشهد والتسليم، ويظن أنّ الناس قد رجعوا من الصلاة، فإن والي تلك الكورة يعزل. 

Jika bermimpi bahwa orang orang melaksnakan sholat jum'at di masjid jami' sedangkan dia di dalam rumahnya,atau tokonya atau didesanya bisa mendengar takbir, ruku', sujud, tasyahud dan salam, dan dia menyangka bahwa orang orang telah kembali dari sholatnya.Maka dia akan di pecat dari kekuasaannya jika dia seorang penguasa .

Wallohu a'lam. (Rz)

LINK ASAL :