Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3983. SEJARAH : TRADISI MEMBUAT BUBUR SURO PADA 10 MUHARAM

Oleh : Santrialit

Dibeberapa daerah, pada 10 muharom/Asyuro selain melakukan ibadah-ibadah sunah yang sudah masyhur seperti puasa,shodaqoh, menyantuni anak yatim , memakai celak hitam dan lain sebagainya. dikenal juga shodaqoh dengan bubur syuro.

Dan di beberapa tempat di indonesia biasanya masyarakat membuat bubur dari berbagai macam biji-bijian, mulai dari beras putih,beras merah,kacang hijau dan beberapa lagi jenis biji-bijian yang kemudian semuanya dimasak menjadi bubur dan selain untuk dimakan dengan keluarga,juga dibagikan/dishodaqohkan kepada anak-anak yatim dan dhua'fa serta muslimin yang tidak melaksanakan puasa,atau dimakan saat buka puasa hari tsb.

Tradisi membuat bubur syuro ini " la'alashowaab " yaitu mengikuti apa yang pernah dikerjakan nabi nuh dan kaumnya,
Dalam kitab bada`iuzuhur versi dan karangan syeikh Muhammad bin Ahmad bin iyas al-hanafy , halaman 64 (versi lain karangan imam suyuthi) di sebutkan sebagai berikut :

قال الثعلبي كان استواء السفينة علي جبل الجودي يوم عاشوراء وهو العاشر من المحرم فصامه نوح شكرا لله تعالي وامر من كان معه بالصيام في ذلك اليوم شكرا علي تلك النعمة .
ويروي ان الطيور والوحوش والدواب جميعهم صاموا ذلك اليوم ثم ان نوح اخرج ما بقي معه من الزاد فجمع سبعة اصناف من الحبوب وهي البسلة والعدس والفول والحمص والقمح والشعير والارز فخلط بعضها في بعض وطبخها في ذلك اليوم فصارت الحبوب من ذلك اليوم سنة نوح عليه السلام وهي مستحبة 
.... 
Imam Atsa'laby berkata : perahu nabi Nuh a.s mendarat sempurna disebuah gunung bertepatan tanggal 10 muharam / hari asyuro ,maka nabi nuh melakukan puasa pada hari itu dan memerintahkan kepada kaumnya yang ikut dalam perahunya untuk melakukan puasa pada hari asyuro sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.
Dan diriwayatkan bahwa seluruh binatang dan hewan yang ikut dalam perahu nabi Nuh a.s juga melaksanakan puasa. Kemudian nabi Nuh a.s mengeluarkan sisa perbekalan selama terapung dalam kapal,tidak banyak sisa yang didapat kemudian nabi Nuh mengumpulkan sisa biji-bijian itu ,ada tujuh macam jenis biji-bijian dan jumlahnya tdk banyak kemudian disatukan dan dijadikan makanan. dan selanjutnya pada tahun-tahun berikutnya nabi nuh dan kaumnya selalu membuat makanan seperti itu (bubur dalam bahasa kita) pada hari asyuro/10 muharam.

Wallahu a'lam. [Rz]

LINK ASAL :