Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3946. BOLEHKAH NADZAR DIBERIKAN PADA SELAIN YANG DITENTUKAN SAAT NADZAR ?

PERTANYAAN :

> Pelangi Jingga
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Afwan mau tanya : Seseorang bernadzar, jika suatu saat urusannya yang terbilang urgent selsai/clear, maka dia bernadzar akan bersedekah untuk pembangunan sebuah pondok pesantren A yang tengah membangun, yang ikut dikelola temannya. Suatu waktu benar urusannya tsb sudah clear, maka dia teringat akan nadzarnya. Lalu dia menghubungi temannya menanyakan apakah pondok ditempatnya masih butuh bantuan untuk pembangunan ? Tapi beberapa waktu berlalu, temannya tak kunjung menjawab. Lalu jika  orang tersebut mengalihkan sedekahnya yang tadinya mau ke pondok A menjadi ke pondok B, itu boleh tak ? Itu menyalahi nadzarnya ga ?

JAWABAN :

> Rampak Naung (edited by ALF)
Waalaikumsalam wr wb, tidak boleh diberikan pada pondok selain A. Karena nadzar sudah ditentukan, ta'yin. Meskipun pondok A sudah selesai membangun, atau sangat lama menunggu konfirmasi.

ويلزمه ) اي الناذر (من ذلك) اي مما نذره من صلاة اوصوم اوصدقة _ (قوله قوله لونذر التصدق بمال عظم ) الى ان قال _ فان عينها كان قال لله علي عتق رقبة هذا العبد الكافر او المعيب تعينت_ الباجوري 2/322

Fokus :

فان عينها كان قال لله علي عتق رقبة هذا العبد الكافر او المعيب تعينت

Wallhu A'alam. (ALF)

LINK ASAL :