Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3936. AIR MANI HEWAN SUCIKAH ?

PERTANYAAN :

Salam. Para ustadz tolong dijawab ya, apakah mani hewan itu najis ? [Khusnan Assani].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam. Hukum mani selain manusia ada 3 pendapat :
1.semuanya suci kecuali maninya anjing dan babi, karena mani tersebut keluar dari hewan yang suci dan diciptakan darinya yang serupa dengan asalnya maka dia menjadi suci sebagaimana telur dan maninya manusia.
2.semuanya najis karena mani tersebut adalah sisa makanan yang telah berubah, dihukumi suci dari maninya manusia karena kehormatan dan kemuliaan manusia, dan ini tidak ditemukan pada selain manusia.
3.hewan yang halal dimakan dagingnya maka maninya suci sebagaimana susunya, sedangkan hewan yang tidak halal dimakan dagingnya dihukumi najis sebagaimana susunya.
Pendapat yang ashoh adalah sucinya mani semua hewan kecuali anjing dan babi serta keturunan dari keduanya, termasuk ulama' yang menshohihkannya adalah syeh abu hamid al bandiniji, ibnu shobag, asy syasyi dan selain mereka. Sedangkan menurut pentashihah imam rofi'i hukumnya mani hewan najis semuanya secara mutlak. Sedangkan pendapat madzhab adalah yang pertama. Wallahu a'lam. (Mas Hamzah).

- kitab majmu' (2/574) :

قال المصنف رحمه الله تعالى : ( وأما مني غير الآدمي ففيه ثلاثة أوجه ( أحدها ) : الجميع طاهر إلا مني الكلب والخنزير ; لأنه خارج من حيوان طاهر يخلق منه مثل أصله فكان طاهرا كالبيض ومني الآدمي ( والثاني ) : الجميع نجس ; لأنه من فضول الطعام المستحيل ، وإنما حكم بطهارته من الآدمي لحرمته وكرامته ، وهذا لا يوجد في غيره ( والثالث ) : ما أكل لحمه فمنيه طاهر كلبنه ، وما لا يؤكل لحمه فمنيه نجس كلبنه ) .
( الشرح ) : هذه الأوجه مشهورة ودلائلها ظاهرة ، والأصح طهارة الجميع غير الكلب والخنزير وفرع أحدهما ، وممن صرح بتصحيحه الشيخ أبو حامد والبندنيجي وابن الصباغ والشاشي وغيرهم
وأشار المصنف في التنبيه إلى ترجيحه وصحح الرافعي النجاسة مطلقا ، والمذهب الأول . أما مني الكلب والخنزير وما تولد من أحدهما ، فإنه نجس بلا خلاف ، كما صرح به المصنف .

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/929031287119680/

www.fb.com/notes/932413183448157