Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3804. PENGERTIAN AIR MUSABBAL LISY-SYURBI (KHUSUS DISEDIAKAN UNTUK MINUM)

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum warohmatulloh. Ngapunten poro 'alim ganggu waktune sekedap "air musabbal lissyurbi" :
وتحرم الطهارة بالماء المسبل للشرب
Minta tolong carikan referensi kalau air mineral dalam kemasan (misal aqua, club, muslimat, airdrat, tukul, cleo dll) itu tidak termasuk air musabbal lissyurbi atau sebaliknya termasuk air musabbal lissyurbi. [Iki Alawiy Rek].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalaam warahmatullah wabarakaatuh. Air musabbal lisy-syurbi ialah air yang disodaqohkan yang ditaruh di pinggir jalan tujuannya untuk minum bagi orang yang kehausan dalam perjalanannya.

- Kitab Futuhatur Robbaniyah Fiqh Sadatis Syafi'iyah :

من مسائل المقدمة الحضرمية: حرمة الطهارة من الماء المسبل للشرب
ـ (وتحرم الطهارة بالماء المسبل للشرب) (ص ٤) ، وبناء عليه فيحرم عند أصحابنا الشافعية الطهارة من مبردات المياه والثلاجات ونحوها من كل وعاء للماء خصص للشرب فى سبيل الله ، فلا يجوز ذلك . وكثيرا ما يقع بعض الحجاج والمعتمرين فى ذلك المحرم بالوضوء من الماء المسبل للشرب بالحرم

Dalam masalah mengenai keharaman menggunakan air musabbal lisy-syurbi dijelaskan : Menurut Ash-habus Syafi'iyyah haram bersuci menggunakan air dingin,  air salju, dan sebagainya dari wadah air yang khusus diperuntukkan untuk minum bagi sabilillah, hal ini tidak diperbolehkan, seperti yang banyak terjadi ketika musim haji dan umrah di tanah Haram, dimana mereka para jama'ah haji maupun umrah mempergunakan air musabbal ini untuk berwudlu. Wallahu A'lam. [Syamsiah Nuriyah, Mas Hamzah].

Link Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/883842548305221/