Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

3754. KAJIAN KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM AL GHOZZALI ( IX)

KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM AL GHOZZALI

ุขุฏุงุจ ุงู„ุฅู…ุงู…ุฉ ูˆุงู„ู‚ุฏูˆุฉ
ูŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ุฅู…ุงู… ุฃู† ูŠุฎูู ุงู„ุตู„ุงุฉ، ู‚ุงู„ ุฃู†ุณ ุจู† ู…ุงู„ูƒ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ู…ุง ุตู„ูŠุช ุฎู„ู ุฃุญุฏ ุตู„ุงุฉ ุฃุฎู ูˆู„ุง ุฃุชู… ู…ู† ุตู„ุงุฉ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

adabnya imam dan makmum
Seorang imam hendaknya meringankan salat. Anas bin Malik r.a. berkata, "Aku tidak melakukan salat di belakang seorang pun yang lebih ringan dan lebih sem­purna shalatnya dari pada shalat Rasulullah shollallohu alaihi wasallam"

ู„ุง ูŠูƒุจุฑู…ุง ู„ู… ูŠูุฑุบ ุงู„ู…ุคุฐู† ู…ู† ุงู„ุงู‚ุงู…ุฉ، ูˆู…ุง ู„ู… ุชุชุณูˆ ุงู„ุตููˆู، ูˆูŠุฑูุน ุงู„ุฅู…ุงู… ุตูˆุชู‡ ุจุงู„ุชูƒุจูŠุฑุงุช، ูˆู„ุง ูŠุฑูุน ุงู„ู…ุฃู…ูˆู… ุตูˆุชู‡ ุฅู„ุง ุจู‚ุฏุฑ ู…ุง ูŠุณู…ุน ู†ูุณู‡، ูˆูŠู†ูˆูŠ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุฅู…ุงู…ุฉ ู„ูŠู†ุงู„ ุงู„ูุถู„، ูุฅุฐุง ู„ู… ูŠู†ูˆ ุตุญุช ุตู„ุฉ ุงู„ู‚ูˆู… ุฅุฐุง ู†ูˆูˆุง ุงู„ุงู‚ุชุฏุงุก ุจู‡، ูˆู†ุงู„ูˆุง ูุถู„ ุงู„ู‚ุฏูˆุฉ.

Seorang imam hendaknya tidak bertakbir sebelum muazin membacakan iqamah dan sebelum shaf salat lu­rus sempurna. Ia harus meninggikan suara ketika ber­takbir, sementara makmum tidak meninggikan suara kecuali sebatas yang bisa ia dengar sendiri. Imam harus berniat menjadi imam guna memperoleh keutamaan. Ji­ka sang imam tak berniat, salat para jamaah tetap sah apabila mereka telah berniat mengikutinya. Mereka ju­ga memperoleh pahala bermakmum.

ูˆูŠุณุฑ ุงู„ุฅู…ุงู… ุจุฏุนุงุก ุงู„ุงุณุชูุชุงุญ ูˆุงู„ุชุนูˆุฐ ูƒุงู„ู…ู†ูุฑุฏ، ูˆูŠุฌู‡ุฑ ุจุงู„ูุงุชุญุฉ ูˆุงู„ุณูˆุฑุฉ ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุตุจุญ، ูˆุฃูˆู„ูŠู‰ ุงู„ู…ุบุฑุจ ูˆุงู„ุนุดุงุก، ูˆูƒุฐู„ูƒ ุงู„ู…ู†ูุฑุฏ، ูˆูŠุฌู‡ุฑ ุจู‚ูˆู„ู‡: (ุขู…ูŠู†) ููŠ ุงู„ุฌู‡ุฑูŠุฉ، ูˆูƒุฐู„ูƒ ุงู„ู…ุฃู…ูˆู…، ูˆูŠู‚ุฑู† ุงู„ู…ุฃู…ูˆู… ุชุฃู…ูŠู†ู‡ ุจุชุฃู…ูŠู† ุงู„ุฅู…ุงู… ู…ุนุง ุชุนู‚ูŠุจุง ู„ู‡، ูˆูŠุณูƒุช ุงู„ุฅู…ุงู… ุณูƒุชุฉ ุนู‚ุจ ุงู„ูุงุชุญุฉ ู„ูŠุซูˆุจ ุบู„ูŠู‡ ู†ูุณู‡، ูˆูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ู…ุฃู…ูˆู… ุงู„ูุงุชุญุฉ ููŠ ุงู„ุฌู‡ุฑูŠุฉ ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุณูƒุชุฉ، ู„ูŠุชู…ูƒู† ู…ู† ุงู„ุงุณุชู…ุงุน ุนู†ุฏ ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ุฅู…ุงู…، ูˆู„ุง ูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ู…ุฃู…ูˆู… ุงู„ุณูˆุฑุฉ ููŠ ุงู„ุฌู‡ุฑูŠุฉ ุฅู„ุง ุฅุฐุง ู„ู… ูŠุณู…ุน ุตูˆุช ุงู„ุฅู…ุงู….

Imam tidak boleh menyaringkan bacaan iftitah dan ta'awudz sebagaimana dalam salat sendirian. Tapi ia menyaringkan bacaan al­-Fatihah dan surat sesudahnya dalam salat-salat subuh, serta dalam dua rakaat pertama magrib dan isya. Dalam salat jahar(yang dibaca secara keras), makmum menya­ringkan ucapan amin dengan bersama-sama imam, bu­kan sesudah imam.Lalu, imam diam sejenak setelah membaca surat al-Fatihah. Di saat itulah makmum membaca surat al-Fatihah agar sesudahnya ia bisa men­dengarkan bacaan imam.Pada salat jahar, makmum ti­dak membaca surat kecuali jika ia tidak mendengar su­ara imam.

ูˆู„ุง ูŠุฒูŠุฏ ุงู„ุฅู…ุงู… ุนู„ู‰ ุซู„ุงุซ ููŠ ุชุณุจูŠุญุงุช ุงู„ุฑูƒูˆุน ูˆุงู„ุณุฌูˆุฏ، ูˆู„ุง ูŠุฒูŠุฏ ููŠ ุงู„ุชุดู‡ุฏ ุงู„ุฃูˆู„ ุจุนุฏ ู‚ูˆู„ู‡: (ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ุนู„ู‰ ู…ุญู…ุฏ) ูˆูŠู‚ุชุตุฑ ููŠ ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† ุงู„ุฃุฎูŠุฑุชูŠู† ุนู„ู‰ ุงู„ูุงุชุญุฉ، ูˆู„ุง ูŠุทูˆู„ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ูˆู…، ูˆู„ุง ูŠุฒูŠุฏ ุฏุนุงุคู‡ ููŠ ุงู„ุชุดู‡ุฏ ุงู„ุฃุฎูŠุฑ ุนู„ู‰ ู‚ุฏุฑ ุชุดู‡ุฏู‡ ูˆุตู„ุงุชู‡ ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…، ูˆูŠู†ูˆูŠ ุงู„ุฅู…ุงู… ุนู†ุฏ ุงู„ุชุณู„ูŠู… ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ูˆู…، ูˆูŠู†ูˆูŠ ุงู„ู‚ูˆู… ุจุชุณู„ูŠู…ู‡ู… ุฌูˆุงุจู‡.

Hendaknya seorang imam tidak membaca tasbih dalam rukuk dan sujud lebih dari tiga kali dan juga tidak memberikan tambahan dalam tasyahud awal setelah membaca salawat kepada Nabi. Pada dua rakaat terakhir, imam cukup membaca surat al-Fatihah, tidak usah menambah-nambahnya lagi. Juga ketika tasyahud akhir imam cukup membaca tasyahud dan salawat ke­pada Rasulullah Shollallohu alaihi wasallam. Ketika bersalam, imam hendaknya berniat memberikan salam kepada semua jamaah se­dangkan jamaah atau makmum dengan salamnya berniat menjawab salam imam.

ูˆูŠู„ุจุซ ุงู„ุฅู…ุงู… ุณุงุนุฉ ุจุนุฏ ู…ุง ูŠูุฑุบ ู…ู† ุงู„ุณู„ุงู… ูˆูŠู‚ุจู„ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุงุณ ุจูˆุฌู‡ู‡، ูˆู„ุง ูŠู„ุชูุช ุฅู† ูƒุงู† ุฎู„ูู‡ ู†ุณุงุก ุญุชู‰ ูŠู†ุตุฑูู† ุฃูˆู„ุง.ูˆู„ุง ูŠู‚ูˆู… ุฃุญุฏ ู…ู† ุงู„ู‚ูˆู… ุญุชู‰ ูŠู‚ูˆู… ุงู„ุฅู…ุงู… . ูˆูŠู†ุตุฑู ุงู„ุฅู…ุงู… ุญูŠุซ ุดุงุก ุนู† ูŠู…ูŠู†ู‡ ุฃูˆ ุดู…ุงู„ู‡، ูˆุงู„ูŠู…ู† ุฃุญุจ ุฅู„ูŠ.

Setelah itu imam berdiam se­bentar dan menghadap kepada para jamaah. Jika yang ada di belakangnya adalah para wanita, maka ia tidak usah menoleh sampai mereka bubar. Hendaknya mak­mum tidak berdiri sampai imam berdiri, lalu imam per­gi entah ke arah kanan atau ke arah kiri,tapi ke arah kanan lebih kusukai.

ูˆู„ุง ูŠุฎุต ุงู„ุฅู…ุงู… ู†ูุณู‡ ุจุงู„ุฏุนุงุก ููŠ ู‚ู†ูˆุช ุงู„ุตุจุญ، ุจู„ ูŠู‚ูˆู„: (ุงู„ู„ู‡ู… ุงู‡ุฏู†ุง)ู† ูˆูŠุฌู‡ุฑ ุจู‡، ูˆูŠุคู…ู† ุงู„ู‚ูˆู… ูˆู„ุง ูŠุฑูุนูˆู† ุฃูŠุฏูŠู‡ู… ุฅุฐ ู„ู… ูŠุซุจุช ุฐู„ูƒ ููŠ ุงู„ุงุฎุจุงุฑ، ูˆูŠู‚ุฑุฃ ุงู„ู…ุฃู…ูˆู… ุจู‚ูŠุฉ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ู…ู† ู‚ูˆู„ู‡: (ุฅู†ูƒ ุชู‚ุถูŠ ูˆู„ุง ูŠู‚ุถู‰ ุนู„ูŠูƒ).ูˆู„ุง ูŠู‚ู ุงู„ู…ุฃู…ูˆู… ูˆุญุฏู‡، ุจู„ ูŠุฏุฎู„ ููŠ ุงู„ุตู، ุฃูˆ ูŠุฌุฑ ุฅู„ู‰ ู†ูุณู‡ ุบูŠุฑู‡، ูˆู„ุง ูŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ู…ุฃู…ูˆู… ุฃู† ูŠุชู‚ุฏู… ุนู„ู‰ ุงู„ุฅู…ุงู… ููŠ ุฃูุนุงู„ู‡ ุฃูˆ ูŠุณุงูˆูŠู‡، ุจู„ ูŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ูŠุชุฃุฎุฑ ุนู†ู‡، ูˆู„ุง ูŠู‡ูˆูŠ ู„ู„ุฑูƒูˆุน ุฅู„ุง ุฅุฐุง ุงู†ุชู‡ู‰ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฅู„ู‰ ุญุฏ ุงู„ุฑูƒูˆุน، ูˆู„ุง ูŠู‡ูˆู‰ ู„ู„ุณุฌูˆุฏ ู…ุง ู„ู… ุชุตู„ ุฌุจู‡ุฉ ุงู„ุงู…ุงู… ุฅู„ู‰ ุงู„ุงุฑุถ.

Imam tidak boleh berdoa untuk dirinya sendiri da­lam membaca qunut subuh tapi hendaknya ia meng­ucapkan Allahumma ihdina (Ya Allah, tunjukkan kami) dengan suara nyaring, sedangkan para makmum mengamininya tanpa mengangkat tangan mereka ka­rena hal itu tak terdapat dalam riwayat. Selebihnya makmum membaca sendiri sisa dari doa qunut tersebut, yakni dimulai dari Innaka la yaqdhi wa la yuqdha 'alaika.
Makmum tidak boleh berdiri sendirian secara terpisah, Ia harus masuk ke dalam barisan atau menarik orang lain untuk membuat barisan dengannya. Makmum tak boleh berdiri di depan iman, mendahului, atau bergerak secara bersamaan dengan gerakan imam. Tapi, Ia harus melakukannya sesudah imam. Ia tak boleh ru­kuk kecuali setelah imam sempurna dalam posisi rukuk. Begitu pun, ia tak boleh sujud selama dahi imam belum sampai di tanah.

ุขุฏุงุจ ุงู„ุฌู…ุนุฉ
ุงุนู„ู… ุฃู† ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุนูŠุฏ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู†، ูˆู‡ูˆ ูŠูˆู… ุดุฑูŠู ุฎุต ุงู„ู„ู‡ ุนุฒูˆุฌู„ ุจู‡ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุงู…ุฉ، ูˆููŠู‡ ุณุงุนุฉ ู…ุจู‡ู…ุฉ ู„ุง ูŠูˆุงูู‚ู‡ุง ุนุจุฏ ู…ุณู„ู… ูŠุณุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ููŠู‡ุง ุญุงุฌุฉ ุฅู„ุง ุฃุนุทุงู‡ ุฅูŠุงู‡ุง.ูุงุณุชุนุฏ ู„ู‡ุจุง ู…ู† ูŠูˆู… ุงู„ุฎู…ูŠุณ؛ ุจุชู†ุธูŠู ุงู„ุซูŠุงุจ، ูˆุจูƒุซุฑุฉ ุงู„ุชุณุจูŠุญ ูˆุงู„ุงุณุชุบูุงุฑ ุนุดูŠุฉ ุงู„ุฎู…ูŠุณ، ูุฅู†ู‡ุง ุณุงุนุฉ ุชูˆุงุฒู‰ ููŠ ุงู„ูุถู„ ุณุงุนุฉ ูŠูˆู… ุงู„ุฌู…ุนุฉ.ูˆุงู†ูˆ ุตูˆู… ูŠูˆู… ุงู„ุฌู…ุนุฉ، ู„ูƒู† ู…ุน ุงู„ุฎู…ูŠุณ ุฃูˆ ุงู„ุณุจุช؛ ุฅุฐ ุฌุงุก ููŠ ุงูุฑุงุฏู‡ ู†ู‡ู‰.

Adab Salat Jum'at
Ketahuilah bahwa Jum'at merupakan hari raya bagi orang-orang yang beriman. Ia merupakan hari mulia yang khusus diperuntukkan Allah bagi umat ini. Di da­lamnya ada saat-saat penting yang apabila seorang muk­min meminta kebutuhannya kepada Allah SWT, pasti Allah akan mengabulkan.Oleh karena itu, persiapkan­lah dirimu untuk menghadapi hari raya tersebut semen­jak hari Kamis dengan cara membersihkan pakaian dan banyak bertasbih dan istigfar pada Kamis petang (sore)-nya, karena keutamaan saat itu sama dengan keutamaan hari Jumat.Berniatlah untuk berpuasa untuk hari Jumat. Te­tapi harus dengan hari Kamis atau hari Sabtu, tidak boleh dikerjakan pada hari Jumat saja.

ูุฅุฐุง ุทู„ุน ุนู„ูŠูƒ ุงู„ุตุจุญ، ูุงุบุชุณู„؛ู† ุบุณู„ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฃูŠ ุซุงุจุช ู…ุคูƒุฏ. ุซู… ุชุฒูŠู† ุจุงู„ุซูŠุงุจ ุงู„ุจูŠุถ؛ ูุฅู†ู‡ุง ุฃุญุจ ุงู„ุซูŠุงุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰، ูˆุงุณุชุนู…ู„ ู…ู† ุงู„ุทูŠุจ ุฃุทูŠุจ ู…ุง ุนู†ุฏูƒ، ูˆุจุงู„ุบ ููŠ ุชู†ุธูŠู ุจุฏู†ูƒ ุจุงู„ุญู„ู‚ ูˆุงู„ู‚ุต ูˆุงู„ุณูˆุงูƒ ูˆุณุงุฆุฑ ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ู†ุธุงูุฉ ูˆุชุทูŠูŠุจ ุงู„ุฑุงุฆุญุฉ.

Jika subuh telah tiba, mandilah dengan niat mandi Jumat karena mandi pada hari Jumat hukumnya sunah muakkad. Kemudian berhiaslah dengan memakai pakai­an putih karena itulah pakaian yang paling dicintai Allah Swt, lalu pakailah parfum yang paling wangi yang ka­mu miliki, dan bersihkan badanmu dengan bercukur rambut, menggunting kuku, bersiwak, dan yang lainnya.

ุซู… ุจูƒุฑ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌุงู…ุน، ูˆุงุณุน ุฅู„ูŠู‡ุง ุนู„ู‰ ุงู„ู‡ูŠู†ุฉ ูˆุงู„ุณูƒูŠู†ุฉ، ูู‚ุฏ ู‚ุงู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: (ู†ู…ู† ุฑุงุญ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ููŠ ุงู„ุณุงุนุฉ ุงู„ุงูˆู„ู‰ ููƒุฃู†ู…ุง ู‚ุฑุจ ุจุฏู†ุฉ، ูˆู…ู† ุฑุงุญ ููŠ ุงู„ุณุงุนุฉ ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ู‚ุฑุจ ุจู‚ุฑุฉ، ูˆู…ู† ุฑุงุญ ููŠ ุงู„ุณุงุนุฉ ุงู„ุซุงู„ุซุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ู‚ุฑุจ ูƒุจุดุง ุฃู‚ุฑู†، ูˆู…ู† ุฑุงุญ ููŠ ุงู„ุณุงุนุฉ ุงู„ุฑุงุจุนุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ู‚ุฑุจ ุฏุฌุงุฌุฉ، ูˆู…ู† ุฑุงุญ ููŠ ุงู„ุณุงุนุฉ ุงู„ุฎุงู…ุณุฉ ููƒุฃู†ู…ุง ู‚ุฑุจ ุจูŠุถุฉ. ูุฅุฐุง ุฎุฑุฌ ุง ู„ุฅู…ุงู… ุทูˆุช ุงู„ุตุญู، ูˆุฑูุนุช ุงู„ุงู‚ู„ุงู…، ูˆุงุฌุชู…ุนุช ุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉ ุนู†ุฏ ุงู„ู…ู†ุจุฑ ูŠุณุชู…ุนูˆู† ุงู„ุฐูƒุฑ). ูˆูŠู‚ุงู„ ุฅู† ุงู„ู†ุงุณ ููŠ ู‚ุฑุจู‡ู… ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ูˆุฌู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู„ู‰ ู‚ุฏุฑ ุจูƒูˆุฑู‡ู… ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌู…ุนุฉ.

kemudian segeralah bergegas (berangkat pagi2) menuju mesjid dan berjalanlah dengan perlahan dan tenang. Nabi Saw. ber­sabda, "Siapa yang pergi untuk salat Jumat di waktu yang pertama seakan-akan ia telah berkurban unta, si­apa yang pergi pada waktu kedua seakan-akan ia ber­kurban sapi betina, siapa yang pergi di waktu ketiga, seakan-akan ia berkurban kambing kibas, siapa yang pergi di waktu ke empat seakan-akan ia berkurban ayam, siapa yang pergi di waktu kelima seakan-akan ia ber­kurban telur.Jika imam sudah keluar atau naik mim­bar, maka lembaran-lembaran itu pun dilipat dan pena­-pena diangkat, sementara para malaikat berkumpul di mimbar untuk mendengarkan zikir / peringatan."
Disebutkan bahwa kedekatan manusia ketika memandang wajah Allah SWT, bergantung pada cepatnya mereka menuju salat Jumat.

ุซู… ุฅุฐุง ุฏุฎู„ุช ุงู„ุฌุงู…ุน، ูุงุทู„ุจ ุงู„ุตู ุงู„ุงูˆู„، ูุฅุฐุง ุงุฌุชู…ุน ุงู„ู†ุงุณ ูู„ุง ุชุชุฎุท ุฑู‚ุงุจู‡ู…، ูˆู„ุง ุชู…ุฑ ุจูŠู† ุฃูŠุฏูŠู‡ู… ูˆู‡ู… ูŠุตู„ูˆู†، ูˆุงุฌู„ุณ ุจู‚ุฑุจ ุญุงุฆุท ุฃูˆ ุงุณุทูˆุงู†ุฉ ุญุชู‰ ู„ุง ูŠู…ุฑูˆุง ุจูŠู† ูŠุฏูŠูƒ، ูˆู„ุง ุชู‚ุนุฏ ุญุชู‰ ุชุตู„ูŠ ุงู„ุชุญูŠุฉ، ูˆุงู„ุฃุญุณู† ุงู† ุชุตู„ูŠ ุฃุฑุจุน ุฑูƒุนุงุช، ุชู‚ุฑุฃ ููŠ ูƒู„ ุฑูƒุนุฉ ุจุนุฏ ุงู„ูุงุชุญุฉ ุงู„ุงุฎู„ุงุต ุฎู…ุณูŠู† ู…ุฑุฉ، ูููŠ ุงู„ุฎุจุฑ: (ุฃู† ู…ู† ูุนู„ ุฐู„ูƒ ู„ู… ูŠู…ุช ุญุชู‰ ูŠุฑู‰ ู…ู‚ุนุฏู‡ ู…ู† ุงู„ุฌู†ุฉ ุฃูˆ ูŠุฑู‰ ู„ู‡). ูˆู„ุง ุชุชุฑูƒ ุงู„ุชุญูŠุฉ ูˆุฅู† ูƒุงู† ุงู„ุฅู…ุงู… ูŠุฎุทุจ.

Kemudian, apabila engkau berada di mesjid, usahakan untuk berada di shaf yang pertama. Jika manusia sudah banyak berkerumun, jangan mele­wati pundak mereka dan jangan pula lewat di hadapan mereka yang sedang salat. Duduklah dekat tembok agar mereka tidak lewat di depanmu. Sebelum itu lakukan­lah salat tahiyyatul masjid. Lebih baik lagi, kalau engkau salat sebanyak empat rakaat.Dalam setiap rakaat, sete­lah membaca surat al-Fatihah, engkau membaca surat al-­Ikhlas sebanyak lima puluh kali. Disebutkan dalam satu riwayat bahwa siapa yang melakukan amalan tersebut, ia tidak akan meninggal dunia sampai melihat tempat du­duknya di surga atau hal itu diperlihatkan padanya. Jangan sampai engkau meninggalkan salat tahiyyatul masjid walaupun imam sedang berkhotbah.


ูˆูŠุณุชุญุจ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูŠูˆู… ุฃูˆ ููŠ ู„ูŠู„ุชู‡ ุฃู† ูŠุตู„ู‰ ุฃุฑุจุน ุฑูƒุนุงุช ุจุฃุฑุจุน ุณูˆุฑ: ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุงู†ุนุงู…، ูˆุงู„ูƒู‡ู، ูˆุทู‡، ูˆูŠุณ، ูุฅู† ู„ู… ุชู‚ุฏุฑ ูุณูˆุฑุฉ ูŠุณ ูˆุงู„ุฏุฎุงู†، ูˆ (ุงู„ู…) ุงู„ุณุฌุฏุฉ، ูˆุณูˆุฑุฉ ุงู„ู…ู„ูƒ. ูˆู„ุง ุชุฏุน ู‚ุฑุงุกุฉ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุณูˆุฑุฉ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ؛ ูููŠู‡ุง ูุถู„ ูƒุซูŠุฑ. ูˆู…ู† ู„ู… ูŠุญุณู† ุฐู„ูƒ ูู„ูŠูƒุซุฑ ู…ู† ู‚ุฑุงุกุฉ ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุงุฎู„ุงุต. ูˆุฃูƒุซุฑ ู…ู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูŠูˆู… ุฎุงุตุฉ.

Disunahkan dihari jum'at ini atau malamnya sholat empat rakaat dengan membaca empat surat, yaitu surat al-­An'am, surat al-Kahfi, surat Thaha, dan surat Yasin. Jika tidak mampu, engkau bisa membaca surat Yรกsin, surat ad-Dukhan' , surat Alif Lam Mim, as-Sajadah, dan surat al-Mulk.Sebaiknya engkau membaca surat tersebut pa­da malam Jumat karena di dalamnya banyak sekali ke­utamaan. Siapa yang tak bisa, perbanyaklah membaca surat al-Ikhlas.Perbanyaklah membaca salawat atas Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam. khususnya pada hari tersebut.

ูˆู…ุชู‰ ุฎุฑุฌ ุงู„ุงู…ุงู…، ูุงู‚ุทุน ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ูƒู„ุงู…، ูˆุงุดุชุบู„ ุจุฌูˆุงุจ ุงู„ู…ุคุฐู† ุซู… ุงุณุชู…ุงุน ุงู„ุฎุทุจุฉ ูˆุงู„ุงุชุนุงุธ ุจู‡ุง، ูˆุฏุน ุงู„ูƒู„ุงู… ุฑุฃุณุง ููŠ ุงู„ุฎุทุจุฉ، ูููŠ ุงู„ุฎุจุฑ: (ุงู† ู…ู† ู‚ุงู„ ู„ุตุงุญุจู‡- ูˆุงู„ุฅู…ุงู… ูŠุฎุจ- ุฃู†ุตุช، ุฃูˆ ุตู‡؛ ูู‚ุฏ ู„ุบุง، ู†ูˆู…ู† ู„ุบุง ูู„ุง ุฌู…ุนุฉ ู„ู‡)، ุขูŠ ู„ุฃู† ู‚ูˆู„ู‡ ุฃู†ุตุช: ูƒู„ุงู…، ููŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ูŠู†ู‡ู‰ุบูŠุฑู‡ ุจุงู„ุงุดุงุฑุฉ ู„ุง ุจุงู„ู„ูุธ.

Manakala imam atau khatib sudah naik mimbar, berhentilah dari membaca sholawat dan berbicara. Sibukkan dirimu dengan menjawab panggilan azan serta dengan mendengarkan khotbah dan ceramah.Sama sekali tak boleh berbicara ketika khatib sedang berkhotbah. Dalam riwayat disebutkan, "Siapa yang ber­kata kepada temannya, `Diamlah” saat imam berkhot­bah maka ia telah berbuat sia-sia. Dan siapa yang ber­buat sia-sia, maka ia tak mendapat keutamaan Jumat."itu karena perintah diam itu sendiri berbentuk ucapan. Sebaiknya larangan diberikan dalam bentuk isyarat, bu­kan dengan kata-kata.

ุซู… ุงู‚ุชุฏ ุจุงู„ุฅู…ุงู… ูƒู…ุง ุณุจู‚. ูุฅุฐุง ูุฑุบุช ูˆุณู„ู…ุช، ูุงู‚ุฑุฃ ุงู„ูุงุชุญุฉ ู‚ุจู„ ุฃู† ุชุชูƒู„ู… ุณุจุน ู…ุฑุงุช، ูˆุงู„ุงุฎู„ุงุต ุณุจุนุง، ูˆุงู„ู…ุนูˆุฐุชูŠู† ุณุจุนุง ุณุจุนุง، ูุฐู„ูƒ ูŠุนุตู…ูƒ ู…ู† ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุงู„ุงุฎุฑู‰، ูˆูŠูƒูˆู† ุญุฑุฒุง ู„ูƒ ู…ู† ุงู„ุดูŠุทุงู†، ูˆู‚ู„ ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ: ูŠุง ุบู†ูŠ، ูŠุง ุญู…ูŠุฏ، ูŠุง ู…ุจุฏู‰ุก، ูŠุง ู…ุนูŠุฏ، ูŠุง ุฑุญูŠู…، ูŠุง ูˆุฏูˆุฏ؛ ุฃุบู†ู†ูŠ ุจุญู„ุงู„ูƒ ุนู† ุญุฑุงู…ูƒ، ูˆุจุทุงุนุชูƒ ุนู† ู…ุนุตูŠุชูƒ، ูˆุจูุถู„ูƒ ุนู…ู† ุณูˆุงูƒ.ุซู… ุตู„ ุจุนุฏ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฑูƒุนุชูŠู† ุฃูˆ ุฃุฑุจุนุง ุฃูˆ ุณุชุง، ู…ุซู†ู‰، ู…ุซู†ู‰، ููƒู„ ุฐู„ูƒ ู…ุฑูˆูŠ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุฃุญูˆุงู„ ู…ุฎุชู„ูุฉ.

Lalu ikutilah perbuatan imam seperti telah disebut­kan sebelumnya. Apabila telah selesai (dari sholat jum'aat), sebelum berbi­cara bacalah surat al-Fatihah, surat al-Ikhlas, surat al‑Falaq dan surat an-Naas, masing-masing tujuh kali. Itu akan melindungimu dari Jumat ke Jumat, juga akan menjagamu dari setan. Setelah itu, bacalah:“Allahumma yaa ghaniyy yaa hamiid yaa Mubdii yaa mu’iid yaa rahiimi yaa waduud aghninii bihalalika ‘an haramika wa bi to'atika ‘an ma’shiyatika wabifadhlika ‘amman siwaak.”"Ya Allah wahai Zat Yang Mahakaya, Maha Terpuji, Maha Memulai, Maha Mengembalikan, Maha Penya­yang, dan Maha Pemberi. Berilah kecukupan padaku dengan yang halal bukan yang haram; dengan taat, bu­kan maksiat; dan dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu."Setelah itu, lakukanlah salat dua rakaat atau enam rakaat yang dilakukan dengan dua-dua. Semua itu ter­dapat dalam riwayat yang berasal dari Rasulullah shollallohu 'alaihi wsallam. dalam kondisi yang berbeda-beda.

ุซู… ู„ุงุฒู… ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุบุฑุจ ุฃูˆ ุฅู„ู‰ ุงู„ุนุตุฑ، ูˆูƒุงู† ุญุณู† ุงู„ู…ุฑุงู‚ุจุฉ ู„ู„ุณุงุนุฉ ุงู„ุดุฑูŠูุฉ؛ ูุฅู†ู‡ุง ู…ุจู‡ู…ุฉ ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ูŠูˆู…، ูุนุณุงูƒ ุฃู† ุชุฏุฑูƒู‡ุง ูˆุฃู†ุช ุฎุงุดุน ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู…ุชุฐู„ู„ ู…ุชุถุฑุน.ูˆู„ุง ุชุญุถุฑ ููŠ ุงู„ุฌุงู…ุน ู…ุฌุงู„ุณ ุงู„ุญู„ู‚، ูˆู„ุง ู…ุฌุงู„ุณ ุงู„ู‚ุตุงุต، ุจู„ ู…ุฌู„ุณ ุงู„ุนู„ู… ุงู„ู†ุงูุน، ูˆู‡ูˆ ุงู„ุฐูŠ ูŠุฒูŠุฏ ููŠ ุฎูˆููƒ ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰، ูˆูŠู†ู‚ุต ู…ู† ุฑุบุจุชูƒ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง، ููƒู„ ุนู„ู… ู„ุง ูŠุฏุนูˆูƒ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง ุฅู„ู‰ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ูุงู„ุฌู‡ู„ ุฃุนูˆุฏ ุนู„ูŠูƒ ู…ู†ู‡؛ ูุงุณุชุนุฐ ุจุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุนู„ู… ู„ุง ูŠู†ูุน.

Kemudian menetaplah di mesjid sampai waktu maghrib atau asar. Hendaknya engkau selalu memperhatikan waktu yang mulia. Sebab, waktu mulia tersebut terdapat sepanjang hari itu, tapi tidak ditentukan secara pasti. Mudah-mudahan engkau memperolehnya ketika sedang berada dalam kondisi yang khusyuk dan tunduk kepa­da Allah SWT.Selama di mesjid, jangan engkau mende­kati majelis cerita dan kisah. Tapi, hendaknya engkau menghampiri majelis yang berisi ilmu yang bermanfaat. Majelis itulah yang bisa membuatmu lebih takut kepada Allah dan membuatmu kurang cinta pada dunia. Jika suatu ilmu tak mampu mengajakmu untuk meninggal­kan dunia menuju akhirat, maka lebih baik tak usah mengetahui ilmu tersebut. Berlindunglah kepada Allah dari ilmu yang tak bermanfaat.

ูˆุฃูƒุซุฑ ู…ู† ุงู„ุฏุนุงุก ุนู†ุฏ ุทู„ูˆุน ุงู„ุดู…ุณ، ูˆุนู†ุฏ ุงู„ุฒูˆุงู„، ูˆุนู†ุฏ ุงู„ุบุฑูˆุจ، ูˆุนู†ุฏ ุงู„ุฅู‚ุงู…ุฉ، ูˆุนู†ุฏ ุตุนูˆุฏ ุงู„ุฎุทูŠุจ ุงู„ู…ู†ุจุฑ، ูˆุนู†ุฏ ู‚ูŠุงู… ุงู„ู†ุงุณ ุฅู„ู‰ ุงู„ุตู„ุงุฉ، ููŠูˆุดูƒ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ุณุงุนุฉ ุงู„ุดุฑูŠูุฉ ููŠ ุจุนุถ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุงูˆู‚ุงุช.

Perbanyaklah berdoa ketika matahari terbit, tergelin­cir, dan terbenam, ketika khatib naik mimbar, dan ke­tika orang-orang berdiri untuk menunaikan salat, karena kemungkinan besar itulah waktu-waktu yang mulia.

ูˆุงุฌุชู‡ุฏ ุฃู† ุชุชุตุฏู‚ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ูŠูˆู… ุจู…ุง ุชู‚ุฏุฑ ุนู„ูŠู‡ ูˆุฅู† ู‚ู„، ูุชุฌู…ุน ุจูŠู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุตูˆู… ูˆุงู„ุตุฏู‚ุฉ ูˆุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ูˆุงู„ุฐูƒุฑ ูˆุงู„ุงุนุชูƒุงู ูˆุงู„ุฑุจุงุท.ูˆุงุฌุนู„ ู‡ุฐุง ุงู„ูŠูˆู… ู…ู† ุงู„ุงุณุจูˆุน ุฎุงุตุฉ ู„ุขุฎุฑุชูƒ؛ ูุนุณุงู‡ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ูƒูุงุฑุฉ ู„ุจู‚ูŠุฉ ุงู„ุงุณุจูˆุน.

Berusahalah untuk bersedekah semampumu pada hari tersebut walaupun sedikit. Dengan demikian, eng­kau telah mengumpulkan antara salat, puasa, sedekah, membaca Alquran, zikir, dan i'tikaf. Jadikan hari ter­sebut sebagai waktu yang khusus kau peruntukkan bagi akhiratmu ; barangkali ia menjadi penebus dosa bagi hari-hari lainnya dalam seminggu.

LINK ASAL :