Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3637. KAJIAN KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM AL GHOZZALI ( II )


KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM AL GHOZZALI

القسم الأول في الطاعات
اعلم أن أوامر الله تعالى فرائض ونوافل؛ فالفرض رأس المال، وهو أصل التجارة وبه تحصل النجاة، والنفل هو الربح وبه الفوز بالدرجات،

A. Bagian Pertama: Amal-amal Ketaatan
Ketahuilah bahwa perintah Allah ada yang wajib dan ada yang sunah. Yang wajib merupakan harta po­kok. Dia adalah modal perdagangan yang dengannya na bisa selamat. Sementara yang sunah merupakan laba yang dengannya kita bisa meraih derajat mulia.

قال صلى الله عليه وسلم: (يقول الله تبارك وتعالى: (ما تقرب إلي المتقربون بمثل أداء ما افترضت عليهم، ولا يزال العبد يتقرب إلى بالنوافل حتى أحبه، فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به، وبصره الذي يبصر به، ولسانه الذي ينطق به، ويده التي يبطش بها، ورجله التي يمشي بها).

Nabi saw. bersabda, "Allah Swt. berfirman, 'Tidaklah orang­-orang mendekatkan diri pada-Ku dengan melaksanakan apa yang Kuwajibkan pada mereka, dan tidaklah se­orang hamba mendekatkan diri padaku dengan amal­-amal sunah, sehingga Aku mencintainya. Jika Aku su­dah mencintainya, maka Aku menjadi telinganya yang mendengar, matanya yang melihat, lidahnya yang ber­bicara, tangannya yang memegang, dan kakinya yang berjalan."

ولن تصل أيها الطالب إلى القيام بأوامر الله تعالى إلا بمراقبة قلبك وجوارحك في لحظاتك وأنفاسك، حين تصبح إلى حين تمسى. فاعلم أن الله تعالى مطلع على ضميرك، ومشرف على ظاهرك وباطنك، ومحيط بجميع لحظاتك، وخطراتك، وخطواتك، وسائر سكناتك وحركاتك؛ وأنك في مخالطتك وخلواتك متردد بين يديه؛ فلا يسكن في الملك والملكوت ساكن، ولا يتحرك متحرك، إلا وجبار السموات والأرض مطلع عليه،

Engkau tidak akan dapat menegakkan perintah Allah, kecuali dengan senantiasa mengawasi hati dan anggota badanmu pada setiap waktu dan pada setiap tarikan nafasmu, dari pagi hingga sore. Ketahuilah bahwa Allah Swt. menangkap isi hatimu, mengawasi lahir dan batin­mu, mengetahui semua lintasan pikiranmu, langkah-lang­kahmu, serta diam dan gerakmu. Saat bergaul dan me­nyendiri, engkau sedang berada di hadapan-Nya. Tidak ada yang diam, dan tak ada yang bergerak, melainkan semuanya diketahui oleh Penguasa langit, Allah Swt.

يعلم خائنة الأعين وما تخفي الصدور، ويعلم السر وأخفى؛ فتأدب أيها المسكين ظاهرا وباطنا بين يدي الله تعالى تأدب العبد الذليل المذنب في حضرة الملك الجبار القهار، واجتهد ألا يراك مولاك حيث نهاك، ولا يفقدك حيث أمرك.

"Dia mengetahui khianatnya mata dan apa yang disembunyi­kan hati" (Q.S. Ghafir: 19),"Dia Maha Mengetahui yang rahasia dan tersembunyi" (Q.S. Thaha: 7).Oleh karena itu, hendaklah engkau beradab di hadapan Allah Swt. de­ngan adab seorang hamba yang hina dan berdosa di hadapan-Nya. Berusahalah agar Allah tidak melihatmu sedang melakukan sesuatu yang dilarang dan tidak me­laksanakan apa-apa yang diperintah.

ولن تقدر على ذلك إلا بأن توزع أوقاتك، وترتب أورادك من صباحك إلى مسائك، فاصغ إلى ما يلقى إليك من أوامر الله تعالى عليك من حين تستيقظ من منامك إلى وقت رجوعك إلى مضجعك.

Hal itu hanya bisa terwujud jika engkau bisa membagi waktu dan meng­atur wirid-wiridmu dari pagi hingga petang. Jagalah perintah Allah Swt. yang diwajibkan kepadamu, sejak dari bangun tidur hingga engkau kembali ke pemba­ringan.

فصل في آداب الاستيقاظ من النوم
فإذا استيقظت من النوم، فاجتهد أن تستيقظ قبل طلوع الفجر، وليكن أول ما يجري على قلبك ولسانك ذكر الله تعالى؛ فقل عند ذلك: الحمدلله الذي أحيانا بعدما أماتنا وإليه النشور، أصبحنا وأصبح الملك لله، والعظمة والسلطان لله، والعزة والقدرة لله رب العالمين،

fasal menerangkan adabnya bangun dari tidur.
ketika engkau terbangun dari tidur , maka berusahalah agar engkau bangun sebelum keluarnya fajar, dan jadikanlah permulaan yg terucap dalam hati dan lisanmu adalah dzikir kpd Allah ta'ala, ucapkanlah ketika terbangun dari tidur ," alhamdulillahil ladzi ahyaana ba'da maa amaatanaa wailaihin nusuur "Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit.
" asbahna wa asbahal mulku lillah, wal'udhmamtu was sulthonu lillah, wal 'izzatu wal qudrotu lillahi robbil 'aalamiin ,"Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, keagungan dan kekuasaan hanya milik Allah, kemuliaan dan kekekuasaan hanyalah milik Allah penguasa alam.

أصبحنا على فطرة الاسلام، وعلى كلمة الاخلاص، وعلى دين نبينا محمد صلى الله عليه وسلم، وعلى ملة أبينا إبراهيم حنيفا مسلما وما كان من المشركين؛

" asbahna 'alaa fitrotil islam , wa 'alaa kalimatil ikhlas, wa 'alaa diini nabiyyinaa muhammad shollallohu 'alaihi wasallam, wa 'alaa millati nabiina ibraahim hanifam muslimau wamaa kaana minal musyrikin "kamitelah memasuki waktu pagi dalam keadaan fitrah islam, diatas kalimat ikhlas, di dalam agamanya nabi kita muhammad shollallohu 'alaihi wasallam, dan pada agamanya ayah kita ibrahim agama yg hanif, sebagai orang muslim dan nabi ibrahim itu bukanlah termasuk sebgian dari orang2 yg musyrik.

؛ اللهم بك أصبحنا، وبك أمسينا، وبك نحيا، وبك نموت، وإليك النشور؛ اللهم إنا نسألك أن تبعثنا في هذا اليوم إلى كل خير، ونعوذ بك أن نجترح فيه سوءا أو نجره إلى مسلم، أو يجره أحد إلينا؛ نسألك خير هذا اليوم وخير مافيه ونعوذ بك من شر هذا اليوم وشر ما فيه.

" Allåhumma bika ash-bahna, wa bika amsaynaa, wa bika nahyaa, wabika namuut, wa ilaykann nusyuur "Ya Allah, dengan rahmat dan pertolonganMu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan perto-longanMu kami memasuki waktu sore. Dengan rahmat dan pertolonganMu kami hidup dan dengan kehendakMu kami mati. Dan kepadaMu kebangkitan (bagi semua makhluk).
Yaa Allah kami mohon kepadamu utk mengutus kpd kami di hari ini kepada semua kebaikan, dan kami memohon perlindungan kpd-Mu agar kami tdk melakukan keburukan di hari ini, atau kami menyuruh keburukan kpd orang muslim, atau seseorang menyuruh keburukan kpd kami, kami mohon kebaikannya hari ini dan kebaikan yg yg ada di hari ini, dan kami memohon perlindungan kpd-Mu dari buruknya hari ini dan keburukan yg ada di dalamnya.

فإذا لبست ثيابك فانو به امتثال أمر الله تعالى في ستر عورتك، واحذر أن يكون قصدك من لباسك مراءاة الخلق فتخسر.

ketika engkau menggunakan baju maka niatkanlah mengikuti perintah Allah ta'ala yaitu utk menutupi auratmu, dan berhati hatilah dari adanya niatmu memakai baju yaitu pamer terhadap mahluk, mk engkau menjadi rugi.

باب آداب دخول الخلاء
فإذا قصدت بيت الماء لقضاء الحاجة، فقدم في الدخول رجلك اليسرى، وفي الخروج رجلك اليمنى، ولا تستصحب شيئا عليه اسم الله تعالى ورسوله. ولا تدخل حاسر الرأس، ولا حافي القدمين.

bab menerangkan adabnya masuk jamban.
ketika engkau mau masuk ke jamban utk meunaikan hajatmu maka dahulikanlah kaki mu yg sebelah kiri ketika masuk, dan ketika keluar dahulukanlah kaki yg kanan,janganlah kau bawa sesuatu yg bertuliskan asma Allah dan rasulnya, jgnlah masuk dalam keadaan tdk bertutup kepala, dan jgnlah masuk dlm keadaan tdk bertutup kedua telapaan kaki.

وقل عند الدخول: باسم الله، أعوذ بالله من الرجس النجس، الخبيث المخبث، الشيطان الرجيم.وعند الخروج: غفرانك، الحمدلله الذي أذهب عني ما يؤذيني وأبقى في ما ينفعني.

ketika masuk jamban ucapkanlah," bismillah, audzubillahi minar rijzis najsi , al khobisi al mukhbisi as syaitoonir rojiim "dgn meyebut nama Allah, aku berlindung kpd Allah dari kotoran yg najis, yg buruk dan memburukkan yaitu syaiton yg terkutuk.
ketika keluar dari jamban ucapkanlah," gufronaka, alhamdulillahil ladzi adzhaba anni maa yu'dziini wa abqoo fii maa yanfa'uni "kami memohon ampunanmu, segala puji bagi Allah dzat yg telah menghilangkan sesuatu yg menyakitkan ku dariku, dan dan meninggalkan utkku sesuatu yg memberikan manfaat untkku.

وينبغي أن تعدل النبل قبل قضاء الحاجة، والا تستنجي بالماء في موضع قضاء الحاجة، وأن تستبرىء من البول بالتنحنح والنتر ثلاثا، وبإمرار اليد اليسرى على أسفل القضيب.وإن كنت في الصحراء، فابعد عن عيون الناظرين واستتر بشيء إن وجدته، ولا تكشف عورتك قبل الانتهاء إلى موضع الجلوس.

sebaiknya mempersiapkan batu2 sebelum menunaikan hajat, jk tdk maka istinjak (membersihkan tempat kluanya kotoran ) dgn air di tempat menunaikan hajatnya, istibro' (minta pembebasan) dari kencing yaitu dgn berdehem dan menarik narik tiga kali, mngurut urut dgn tangan kiri dibagian bawahnya batang penis, jika engkau di tempat lapang maka menjauhlah dari pandangan orang2 dan tutpilah dirimu dgn sesuatu jk menemukannya, dan janganlah kau buka auratmu sebelum sampai ke tempat menunaikan hajatmu.

ولا تستقبل الشمس ولا القمر، ولا تستقبل القبلة ولا تستدبرها، ولا تجلس في متحدث الناس، ولا تبل في الماء الراكد وتحت الشجرة المثمرة، ولا في الجحر، واحذر الارض الصلبة ومهب الريح، احترازا من الرشاش لقوله صلى الله عليه وسلم: (إن عامة الوسواس منه).

janganlah menghadap matahari jg bulan, jgn menghadap qiblat jg membelakanginya, jgn duduk di tempatnya orang2 yg berbicara, jgn kencing di air yg diam, di bawah pohon yg berbuah dan jgn pula di lubang, berhati hatilah thd tanah yg keras dan tempat berhembusnya angin karena menjaga dari cipratan2 jg karena dawuhnya rasululloh shollallohu alaihi wasallam " sesungguhnya kebanyakan was was itu dari cipratan2 tsb "

واتكىء في جلوسك على الرجل اليسرى، ولا تبل قائما إلا عن ضرورة، واجمع في الاستنجاء بين استعمال الحجر والماء، فإذا أردت الاقتصار على أحدهما فالماء أفضل، وإذا اقتصرت على الحجر فعليك أن تستعمل ثلاثة أحجار طاهرة منشفه للعين، تمسح القضيب في ثلاثة مواضع من حجر، فإن لم يحصل الإنقاء بثلاثة فتمم خمسة أو سبعة إلى أن ينقى بالإيتار؛ فالإيتار مستحب والانقاء واجب. ولا تستنج إلا باليد اليسرى.

dan bertelakanlah dalam dudukmu diatas kaki kiri, jgn kencing dgn berdiri kecuali darurat, ketika istinjak kumpulkanlah antara batu dan air , jk ingin meringkas salah satunya maka air lebih baik, jk engkau meringkas dgn batu saja maka wajib bagimu menggunakan 3 batu yg suci yg bisa menghilangkan keadaan kotoran tsb, engkau usapkan penis dlm 3 tempat dari batu, jk tdk bisa bersih dgn 3 batu tsb mk sempurnakanlah menjadi 5 atau 7 hingga menjadi bersih dgn yg ganjil, ganjil itu disunnahkan dan bersih itu diwajiblkan, dan janganlah beristinjak kecuali menggunakan tangan kiri,

وقل عند الفراغ من الاستنجاء: اللهم طهر قلبيى من النفاق وحصن فرجي من الفواحش. وادعك يدك بعد تمام الاستنجاء بالارض أو بحائط ثم اغسلها.

dan ketika selesai istinjak maka ucapkanlah," allahumma tohhir qolbii minan nifaaqi wa hassin farjii minal fawaahis "Yaa Allah sucikanlah hatiku dari kemunafikan dan jagalah farjiku dari keburukan2 .dan setelah sempurna istinjakmu usapkanlah tanganmu ke tanah atau tembok kemudian basuhlah dgn air.

BERSAMBUNG

LINK ASAL :