Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3566. HIKMAH JUMLAH ROKA'AT SHOLAT FARDHU

Disebutkan dalam kitab Sulamul Munajat hal 18 - karya Syeikh Nawawi Al-bantani :

وحكمة عدد ركعات الصلوات الخمس الشكر علي النعم التي في الحواس الخمس وستر الخطايا منها .وذلك ان ركعات الصبح ثنتان لان اللمس يدرك النعومة والخشونة فالركعتان للشكر عليهما ولستر الخطايا منهما.وان ركعات الظهر اربع لان الشم يدرك المشموم من اربع جهات فذلك للشكر علي ذلك ولستر خطاياه.وان ركعات العصر اربع لان السمع يدرك المسموع من اربع جهات فذلك للشكر علي ذلك ولستر خطاياه.وان ركعات المغرب ثلاث لان المبصرات من ثلاث جهات أمام ويمين وشمال ولايدرك من وراء فذلك للشكر علي ذلك ولستر خطاياه.وان ركعات العشاء أربع لان الذوق يدرك أربعة اشياء البرودة والحرارة والمرارة والحلاوة فذلك للشكر علي ذلك ولستر خطاياه

Adapun hikmah jumlah roka'at sholat fardhu yang lima waktu adalah mensyukuri segala ni'mat yang berada pada panca indera (mata dengan penglihatannya, hidung dengan penciumannya, telinga dengan pendengarannya, lisan / lidah dengan perasanya dan kulit dengan perabanya).

- Jumlah roka'at sholat shubuh adalah dua, karena rabaan bisa mengidentifikasi lembut dan kasar, Maka dua rokaat tadi menjadi tanda syukur atasnya dan menghapus dosa atasnya.

- Jumlah roka'at sholat zduhur adalah empat, karena penciuman bisa menemukan aroma dan bebauan dari empat penjuru, karenanya empat roka'at ini menjadi tanda syukur atasnya dan menjadi penghapus dosa atasnya.

- Jumlah roka'at sholat ashar adalah empat, karena pendengaran bisa menemukan/menangkap suara dari empat penjuru, karenanya empat roka'at ini menjadi tanda syukur atasnya dan menjadi penghapus dosa atasnya.

- Jumlah roka'at sholat maghrib adalah tiga,karena pandangan atau penglihatan hanya bisa menangkap objek dari tiga arah,yaitu : dari arah depan, arah kanan dan arah kiri,dan tidak bisa menangkap objek dari arah belakang. karenanya tiga roka'at ini menjadi tanda syukur atasnya dan menjadi penghapus dosa atasnya.

- Dan jumlah roka'at sholat isya adalah empat, karena mencicipi/merasa bisa mengidentifikasi empat perkara : dingin, panas, pahit dan manis, karenanya empat roka'at ini menjadi tanda syukur atasnya dan menjadi penghapus dosa atasnya. Wallahu a'lam. [Yai Ical Rizaldysantrialit].

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/860402370649239/