Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3559. BOLEHKAH SHOLAT SAMBIL MEMBACA MUSHAF SAAT BACA SURAT ?

PERTANYAAN :

Assalamu alaikum, membaca alqoran dalam shalat apakah lebih afdhol dengan melihat mushaf atau dengan hafalan aja? [Murlan Vsi].

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatulloh. Bila seseorang membaca dari mushaf, maka shalatnya tidak batal. Baik dia hafal atau tidak hafal. Bahkan wajib membaca dari mushaf bila tidak hafal surat Al-Fatihah. Meski sesekali membolak-balik halaman, tidak membatalkan. Jika melihat dalam sesuatu yang tertulis selain alqur'an dan mengulang ulanginya dalam hatinya maka tidak batal sholatnya walaupun lama tetapi makruh, ini adalah nas imam syafi'i dlm kitab al imla'. Imam rofi'i menceritakan satu pendapat bahwa berbicara dlm hati jika lama maka membatalkan sholat, ini adalah pendapat syadz yang masyhur adalah syah sholatya.

Imam ghozzali menukil dari nasnya kitab al imla' ttg membaca al qur'an dalam mushaf tidak membatalkan sholat adalah menurut madzhab kami (syafi'i ) madzhab maliki, abu yusuf, muhammad dan ahmad, sedangkan menururt imam abu hanifah berkata bahwa membaca qur'an dgn mushaf dalam sholat bisa membatalkan sholat. Wallohu a'lam.
- kitab majmu' imam nawawi :

( فرع )لو قرأ القرآن من المصحف لم تبطل صلاته سواء كان يحفظه أم لا بل يجب عليه ذلك إذا لم يحفظ الفاتحة كما سبق ، ولو قلب أوراقه أحيانا في صلاته لم تبطل ، ولو نظر في مكتوب غير القرآن وردد ما فيه في نفسه لم تبطل صلاته وإن طال ، لكن يكره ، نص عليه الشافعي في الإملاء وأطبق عليه الأصحاب .
وحكى الرافعي وجها أن حديث النفس إذا طال أبطل الصلاة وهو شاذ ، والمشهور الجزم بصحتها .
ونقله الشيخ أبو حامد عن نصه في الإملاء وهذا الذي ذكرناه من أن القراءة في المصحف لا تبطل الصلاة مذهبنا ومذهب مالك وأبي يوسف ومحمد وأحمد ، وقال أبو حنيفة : تبطل .

Tambahan ta'bir yang mengatakan batalnya sholat sebab membaca qur'an dgn melihat mushaf

- kitab al muhalla ibnu hazam :

مسألة : ولا تجوز القراءة في مصحف ولا في غيره لمصل ، إماما كان أو غيره ، فإن تعمد ذلك بطلت صلاته . وكذلك عد الآي ; لأن تأمل الكتاب عمل لم يأت نص بإباحته في الصلاة . وقد روينا هذا عن جماعة من السلف : منهم سعيد بن المسيب ، والحسن البصري والشعبي ، وأبو عبد الرحمن السلمي . وقد قال بإبطال صلاة من أم بالناس في المصحف أبو حنيفة والشافعي وقد أباح ذلك قوم منهم ، والمرجوع عند التنازع إليه هو القرآن والسنة . وقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : { إن في الصلاة لشغلا } فصح أنها شاغلة عن كل عمل لم يأت فيه نص بإباحته - وبالله تعالى التوفيق

Masalah dan tidak boleh membaca al quran dalam mushaf dn tidak boleh pula dalam selainnya bagi orang yang sholat baik imam maupun selain imam, jk sengaja melakukan hal itu maka batal sholatnya, begitu juga menyebabkan batal yaitu menghitung hitung ayat karena mengangan angan kitab termasuk amalan yang tidak ada nas kebolehannya dlm sholat.

Kami juga telah meriwayatkan pendapat ini dari segolongan ulama' salaf diataraya said bin musayyab, hasan al bisri, as sya'bi, dan abu abdirrohman as sulami.dan telah benar-benar berkata abu hanifah dan as syaf'i ttg batalnya sholat dari orang yang mengimami dengan mebaca mushaf , dan sebagian kaum dari hanafi dan syafi'i membolehkannya.yang menjadi rujukan ketika terjadi perselisihan adalah al qur'an dan sunnah, Rasululoh sholallohu alaihi wasallam brsabda ," sesungguhnya dalam sholat terdapat kesibukan ", maka telah shohih bahwa mmbaca dgn mushaf ini termasuk kesibukan dari setiap amalan yang tidak ada nash datang yang membolehkannya. Wabillahi ta'ala at taufiq.

KESIMPULAN :
Afdholnya adalah dengan hafalan, hal ini untuk menjaga hilafnya imam hanafi dan imam ibnu hazm. Wallohu a'lam bis showab. [Mas Hamzah].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/839925426030267/