Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3550. HUKUM BACA DOA QUNUT PADA SHOLAT 'IEDAIN

PERTANYAAN :

Wssalamu'alaikum. Saya kmain sholat ied disalah salah satu masjid dimana pertama kali saya sholat sunnah ied dimasjid tersebut dan pada rokaat ke 2 imam membaca doa qunut seperti solat subuh. Ustadz mau tanya apakah pada sholat sunnah idul fitri pada rokaat ke 2 ada doa kunutnya? kalau memang disunnahkan dasarnya apa? wassalamu'alaikum. (Waluyo Adipala Wly)

JAWABAN :

Walaikumus salaam warohmatulloh. Doa qunut pada sholat 'iedain jika qunut nazilah maka hukumnya tidak makruh tetapi jika bukan qunut nazilah maka hukumnya makruh. Dalam Kitab Tuhfatul Muhtaj 6/38 disebutkan :

أَمَّا غَيْرُ الْمَكْتُوبَاتِ فَالْجِنَازَةُ يُكْرَهُ فِيهَا مُطْلَقًا لِبِنَائِهَا عَلَى التَّخْفِيفِ وَالْمَنْذُورَةُ وَالنَّافِلَةُ الَّتِي تُسَنُّ فِيهَا الْجَمَاعَةُ وَغَيْرُهُمَا لَا يُسَنُّ فِيهَا ثُمَّ إنْ قَنَتَ فِيهَا لِنَازِلَةٍ لَمْ يُكْرَهْ وَإِلَّا كُرِهَ

Adapun selain maktubah, dimakruhkan qunut dalam sholar jenazah. Adapun sholat mandzuroh dan sholat nafilah yang disunnahkan berjama'ah, dan juga selain keduanya, maka tidak disunnahkan qunut. Jika melakukan qunut nazilah dalam sholat tsb hukumnya tidak makruh, jika bukan nazilah hukumnya makruh.

Tidak makruh qunut nazilah saat shalat iedain, sebagaimana penjelasan kitab majmu' :

وأما غير المكتوبات فلا يقنت في شيء منهن قال الشافعي في الأم في كتاب صلاة العيدين في باب القراءة في العيدين :( ولا قنوت في صلاة العيدين والاستسقاء فإن قنت عند نازلة لم أكرهه )

Wallohu a'lam bis showab. [Abdullah Afif, Mas Hamzah].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/828815987141211/