Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3442. MAKSUD KEMAHABESARAN ALLAH SWT

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Saya mau tanya, apa yang dimaksud dengan Kebesaran Allah SWT ??. Mohon dijawab pertanyaan saya, sebelumnya terima kasih. [Sasuke Diakhirat].

JAWABAN :

Wa alaikumus salaam warohmatulloh, dinukil dari kitab 'ianatut tolibin :

قال بعض العارفين: ينبغي لمن أراد الصلاة الكاملة أن يستعد لها قبل دخول الوقت بالوضوء، وإذا دخل الوقتصلى السنة الراتبة، لأن العبد ربما تشعب باطنه وتفرق همه - من نحو المخالطة وأمر المعاش - فتحصل له كدورة.فإذا قدم السنة زال ذلك، ثم يجدد التوبة عند الفريضة من كل ذنب عمله، ومن الذنوب عامة وخاصة، ويستقبل القبلة بظاهره والحضرة الإلهية بباطنه، ويقرأ قل أعوذ برب الناس، ثم يرفع يديه ويستحضر في تحرمه عظمة الإله وكبرياءه، ويعلم أن معنى أكبر أنه أكبر من أن يتعاظمه شئ أو يكون في جنب عظمته، وليس معناه أنه أكبر مما سواه من المخلوقين إذ ليس له مشابه.

Sebagian para arifin (orang yang mengenal Allah yang tingkatan imannya mencapai iman haq) berkata : seyogyanya bagi orang yang menghendaki untuk sholat dengan sempurna untuk mempersiapkan diri sebelum masuknya waktu dengan berwudhu', ketika sudah masuk waktu sholat agar sholat sunnah rotibah, karena seorang hamba terkadang bercabang-cabang keadaan batinnya dan terpisah-pisah tujuannya, yang terdiri dari tujuan pergaulan dan urusan mata pencaharian sehingga timbul keruh/ kecemasan/ kerisauan/ kegelisahan dalam batinnya.

Maka ketika dia mengawali dengan melakukan kesunnahan, hilanglah keruh tersebut. Kemudian dia memperbaharui taubatnya ketika hendak melaksanakan sholat fardhu dengan memohon ampun dari segala dosa yang telah dia perbuat. dari dosa-dosa yang umum maupun dosa-dosa yang khusus. Dan menghadap qiblat dengan anggota dhohirnya serta hudlur (menghadirkan hati/ konsentrasi/ fokus/ khusyu') kepada Tuhan dengan anggota batinnya. Membaca
قل أعوذ برب الناس
kemudian mengangkat tangan yang disertai hadirnya hati dalam takbirotul ihram dengan mengingat keagungan dan kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala.

Fokus pada kalimat :
ويعلم أن معنى أكبر أنه أكبر من أن يتعاظمه شئ أو يكون في جنب عظمته، وليس معناه أنه أكبر مما سواه من المخلوقين إذ ليس له مشابه

Dan di ketahui (dima'lumi) bahwa ma'na dari akbar adalah Allah itu maha besar dari saling mengagungkan dengan sesuatu atau dari sesuatu yang berada pada sisi keagungan-Nya. BUKANLAH yang dimaksud dengan akbar itu bermakna bahwa Allah itu maha besar daripada selain Allah dari makhluk-makhluk-Nya. karena tidak ada yang menyerupai terhadap keagungan-kebesaran Allah. Wallohu a'lam bi murodihi. [Mas Hamzah, Penawar Rinduku].

LINK DISKUSI :
www.fb.com/notes/827340003955476

www.fb.com/groups/piss.ktb/798729806816496/